Apa saja unsur – unsur Negara itu?

Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu baru akan dianggap sebagai sebuah negara setelah mereka berhasil memenuhi / melengkapi setiap unsur – unsur negara yang dibutuhkan. Dalam hal ini, negara yang notabene merupakan lembaga pemersatu sekelompok masyarakat yang tinggal di daerah tertentu, tentu nya wajib memiliki masyarakat (yang memiliki tujuan / kepentingan bersama), memiliki wilayah kekuasaan (yang digunakan sebagai wilayah hidup / tempat hidup masyarakat / penduduk nya), memiliki pemerintahan yang berdaulat (yang berguna sebagai pengatur dan pengambil kebijakan di negara tersebut), serta memiliki pengakuan atau pun diakui oleh negara lain nya.

Dalam rumusan konvensi Montevideo yang dibuat pada Tahun 1933 sendiri, dikatakan bahwa suatu negara wajib memiliki tiga elemen dasar, yaitu rakyat atau pun penduduk, wilayah kekuasaan, dan juga pemerintahan yang berdaulat.

Dalam sebuah teori yang digagas oleh Mac Iver, disebutkan jika sebuah negara wajib memiliki dan memenuhi setidaknya tiga unsur pokok / utama, yaitu pemerintahan yang berdaulat, komunitas atau pun penduduk / rakyat, serta wilayah kekuasaan.

Pakar hukum serta warganegarawan Mahfud MD juga menyebutkan bahwa sebuah negara wajib memenuhi tiga unsur konstitutif berupa rakyat, wilayah kekuasaan, serta pemerintahan yang berdaulat yang nantinya juga harus dilengkapi dengan unsur deklaratif berupa pengakukan dari negara lain nya.

Jika dijabarkan secara lebih terperinci, maka sebuah negara wajib memiliki beberapa unsur – unsur negara berikut ini:

unsur unsur negara

Rakyat

Unsur negara yang pertama sekaligus paling utama adalah rakyat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, rakyat merupakan komponen utama yang memegang peranan terbesar terhadap suatu negara. Tanpa pemerintahan dan wilayah kekuasaan, rakyat tetap bisa mendirikan suatu negara, tentunya dengan jalan membentuk pemerintahan dan mencari wilayah kekuasaan terlebih dahulu. Namun, tanpa rakyat, pemerintahan tidak akan mungkin terbentuk, dan suatu wilayah tidak akan berpeluang menjadi suatu negara sama sekali.

Rakyat yang dimaksudkan dalam poin ini adalah setiap orang yang ada / tinggal di suatu negara. Dalam hal ini, rakyat merupakan setiap penduduk dan bukan penduduk yang bertempat tinggal di suatu negara.

Yang dimaksud dengan penduduk sendiri merupakan setiap orang yang bertempat tinggal menetap atau pun berdomisili di suatu wilayah negara. Sedangkan yang dimaksud dengan bukan penduduk adalah setiap orang yang berada dalam wilayah kekuasaan negara lain untuk menjalankan keperluan tertentu yang sifatnya tidak menetap atau pun hanya untuk sementara waktu saja.

Sedangkan yang dimaksud dengan warga negara adalah setiap orang yang secara hukum dianggap sebagai anggota suatu warga negara yang mana mereka memiliki sejumlah hak dan kewajiban terhadap negara tersebut. Sedangkan bukan warga negara merupakan setiap orang yang berada atau pun tinggal di wilayah suatu negara namun bukan anggota negara tersebut, sehingga tidak memiliki hak dan kewajiban yang penuh atas negara tersebut.

unusr unsur negara

Wilayah Kekuasaan

Unsur negara ke dua yang juga wajib dimiliki oleh suatu negara adalah wilayah kekuasaan. Wilayah kekuasaan suatu negara normal nya ditunjukkan oleh batas – batas tertentu dimana di dalam cakupan batas tersebut, mereka berhak menjalankan setiap kebijakan yang terkait dengan kedaulatan nya.

Dalam praktik nya yang disebut dengan wilayah kekuasaan suatu negara terdiri dari wilayah daratan, wilayah lautan, dan juga wilayah udara.

Wilayah darat dan wilayah laut normal nya diatur dan dibatasi dengan sebuah perjanjian yang di adakan oleh negara yang saling bertetangga. Perjanjian ini normal nya disebut dan dikenal dengan istilah perjanjian bilateral.

Dalam praktik nya batas wilayah laut diatur oleh konvensi hukum laut yang ditetapkan oleh PBB pada Tahun 1982 yang lalu. Dalam konvensi hukum ini disebutkan bahwa batas – batas kekuasaan wilayah perairan laut suatu negara mencakup beberapa batas sebagai berikut:

  • Laut teritorial, yaitu lautan yang merupakan batas wilayah sebuah negara. Luas wilayah ini adalah sekitar 12 mil dari garis pantai ketika air dalam kondisi surut.
  • Zona tambahan, yaitu wilayah seluas 12 mil dari batas laut teritorial atau sekitar 24 mil dari garis pantai.
  • Zona Ekonomi Eksklusif, yaitu wilayah seluas 200 mil dari garis pangkal laut suatu negara.
  • Landas Benua, yaitu wilayah daratan yang ada di bawah permukaan air laut yang lebarnya sekitar 200 mil di lautan lepas / di luar ZEE.
  • Landas kontinen, yaitu wilayah daratan bawah laut yang terletak di luar daerah teritorial sedalam 200 meter lebih.
  • Laut pedalaman, yaitu selat dan lautan yang terletak pada bagian garis dasar yang menghubungkan daerah daratan yang dimiliki oleh suatu negara.

unsur unsur negara

Pemerintahan yang Berdaulat

Unsur negara ke tiga yang wajib dimiliki oleh sebuah negara adalah pemerintahan yang berdaulat. Pemerintahan merupakan alat dan kelengkapan negara yang berguna untuk memimpin, mengatur, dan mengorganisasikan berjalan nya proses bernegara demi tercapai nya tujuan negara tersebut. Itu lah mengapa, sebuah pemerintahan sering kali dianggap sebagai lambang terpenting yang menandakan eksistensi dan keberadaan sebuah negara di tatanan pemerintahan dunia.

Dalam artian sempit, pemerintah dapat diartikan sebagai penguasa eksekutif yang dijabati oleh presiden atau pun raja yang dibantu oleh wakil presiden (perdana menteri untuk sistem kerajaan) serta jajaran menteri.

Sedangkan dalam artian yang lebih luas, pemerintah dapat diartikan sebagai setiap elemen negara yang merupakan kumpulan dari setiap lembaga negara atau pun badan kenegaraan yang terdiri dari lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan juga lembaga eksekutif.

event-1597531_1280

Pengakuan dari Negara Lain

Unsur negara yang ke empat sekaligus yang paling terakhir adalah pengakuan dari negara lain.

Seperti yang telah disebutkan di atas, meski pun suatu negara telah memiliki tiga unsur konstitutif utama berupa rakyat, wilayah kekuasaan dan juga pemerintahan yang berdaulat, namun negara tersebut masih belum sah diakui sebagai negara jika negara – negara lain nya tidak mau mengakui nya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Itu lah mengapa pengakuan dari negara lain sangat penting untuk sebuah negara.

Dalam praktik nya sendiri, pengakuan negara lain dapat dikelompokkan menjadi dua jenis pengakuan, yaitu pengakuan secara de facto dan pengakuan secara de jure.

Pengakuan secara de facto merupakan pengakuan yang berlandaskan pada kenyataan atau pun fakta. Contoh nya Indonesia yang diakui merdeka sejak Tanggal 17 Agustus 1945.

Sedangkan pengakuan de jure merupakan pengakuan sah nya sebuah negara yang berlandaskan pada hukum internasional. Normal nya, pengakuan de jure baru akan didapatkan setelah pengakuan de facto berhasil di dapatkan terlebih dahulu, dan ketika pengakuan de jure sudah berhasil di dapatkan, maka negara tersebut memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan anggota masyarakat internasional yang lain nya.

Untuk Indonesia sendiri, pengakuan secara de jure baru berhasil di dapatkan pada Tanggal 18 Agustus 1945, yaitu bertepatan pada hari disahkan nya Undang – Undang Dasar 1945, terpilihnya kepala negara yang dalam hal ini adalah presiden dan wakil presiden, serta berlangsung nya acara pelantikan lembaga legislatif negara KNIP yang selanjutnya digantikan oleh lembaga DPR dan MPR.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai unsur – unsur negara yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #kewarganegaraan #rakyat #wilayah #zee

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian dasar negara pada dasar nya sangat

Comments are closed.

Must read×

Top