Tips Sukses Memperoleh Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa Luar Negeri adalah kesempatan belajar di negara lain dan merupakan sarana untuk meningkatkan wawasan pendidikan di dunia luar.

Kesempatan tersebut tidak dapat diperoleh dengan mudah.Perlu beberapa tahap panjang agar memperoleh beasiswa luar negeri.Bahkan hanya untuk tembus beasiswa luar negeri tidak jarang seorang pelamar harus gagal beberapa kali dan menunggu sampai beberapa tahun. Diperlukan langkah-langkah yang tepat agar memperoleh beasiswa luar negeri dengan lancar. Berikut beberapa tips dan trik memperoleh beasiswa luar negeri :

Unggul Bidang Akademis 

Nilai Akademis bukanlah segalanya dalam memperoleh beasiswa , dengan pencapaian akademis yang bagus akan menunjukkan kualitasmu kepada pemberi beasiswa. Walaupun ada lembaga pemberi beasiswa mensyaratkan untuk memperoleh nilai akademis pada taraf tertentu. Diharapkan tingkatkan nilai akademis untuk memperlancar dalam  memperoleh beasiswa.

Aktif  Organisasi

Dalam memperoleh beasiswa  pintar saja tidak pernah cukup. Anda harus memiliki sesuatu yang menarik untuk dijual ke pemberi beasiswa. Kebanyakan para penguji / pewawancara mencari pelamar yang tidak hanya pintar, tapi juga aktif di organisasi. Pelamar yang aktif berorganisasi akan lebih dilirik para pemberi beasiswa karena dianggap bisa memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu  yang didapat untuk kepentingan orang banyak.

Tingkatkan  Kemampuan Berbahasa Asing

Salah satu persayaratan beasiswa adalah  meraih level tertentu dalam tes kemampuan bahasa asing. Dianjurkan untuk mengikuti les bahasa asing dan mendalami bahasa negara yang di tuju untuk tujuan beasiswamu sehingga menambahkan nilai jualmu pada pemberi beasiswa.

Curriculum Vitae (CV) yang Informatif

Pemberi beasiswa akan melihat pengalaman dan pencapaianmu dengan melihat CV-mu. Mereka akan mendapatkan gambaran bagaimana dirimu selama ini dari CV. Dalam pembuatan CV yang baik, diperlukan kecermatan dalam mencatatat kegiatan yang  diikuti dan prestasi-prestasi yang diperoleh  selama ini. Diharapkan membuat CV yang representatif tapi tetap informatif.

Menjual Lewat Motivation Letter

Langkah yang diperlukan adalah dengan menyiapkan motivation letter. Tujuan membuat surat ini adalah menunjukkan mengapa anda tertarik mengambil bidang studi yang dipilih dan memperlihatkan mengapa layak mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk membuat motivation letter yang baik, kamu perlu tahu tentang jurusan yang akan  diambil. Pelamar diharapkan meyakinkan pemberi beasiswa bahwa anda punya komitmen untuk memberikan yang terbaik daan layak menerima dana mereka.

Berdoa dan Minta Restu Orangtua

Langkah yang terakhir adalah berdoa.Dengan berdoa menjadi sarana kita tetap tenang dan melakukan pengaharapan yang terbaik agar memperoleh beasiswa.Tidak lupa pula meminta restu orang tua agar segala urusan kita berjalan lancar.

 

Sumber: Hanifah M. (Koransindo)

 

Pencarian Terkait:

Tags: #beasiswa #Luar #Negeri #Tips

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Tips Sukses Memperoleh Beasiswa Luar Negeri"

Must read×

Top