Tiga Langkah Awal Studi Ke Belanda

Belanda merupakan negara eropa yang cukup maju baik dari teknologi dan dunia pendidikannya.Para pencari beasiswa di indonesia maupun dunia berbondong-bondong untuk mendapatkan beasiswa untuk studi di negara ini.

Studi di Belanda merupakan impian bagi sebagian pencari beasiswa untuk melanjutkan studinya di negara yang termasuk maju dari segi pendidikannya.Memperoleh beasiswa studi di belanda tidak cukup hanya dengan modal niat dan nilai akademis untuk studi di negara ini tapi yang diperlukan adalah alasan “kenapa memilih belanda?” .Dengan menjawab pertanyaan tersebut merupakan langkah awal untuk merancang studi di Belanda.

Seperti di jelaskan  oleh Indy Hardono, Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office (Nuffic Neso Indonesia) pada “Holland Scholarship Day Programme” di Erasmus Huis, Sabtu (10/1/2014). Indy memaparkan bahwa yang harus ditanyakan dan dijawab pada diri sendiri adalah mengapa harus memilih belanda.

Semisal anda memilih Belanda karena ingin mendalami dan cocok dengan ilmu teknologi pengairannya. Setelah mentukan jawabannya barulah anda dapat mencari dan memilih Universitas-universitas yang sesuai dengan keinginan anda.

Indy menyampaikan, Perencanaan beasiswa harus dilakukan dengan baik dan matang sehingga langkah yang di ambil sesuai dengan tujuan awal kita untuk studi di belanda.Berikut adalah tiga langkah awal yang di paparkan oleh Indy :

1. Kunjungi Studyfinder

Studyfinder adalah situs penyedia informasi dari gambaran detail dan terbaru tentang institusi pendidikan tinggi di Belanda.Dengan studyfinder anda dapat mencari tahu universitas beserta informasi jurusan yang di inginkan. Informasi yang diperoleh mencakup apa saja yang ditawarkan oleh universitas, persyaratan, waktu pendaftaran, jadwal kuliah, biaya studi dan website resmi dari universitas.

Terdapat 2100 program studi internasional yang ditawarkan oleh pendidikan tinggi di Belanda sehingga kegiatan perkuliahan dapat dilakukan menggunakan bahasa inggris.Selain 2100 program studi yang di tawarkan terdapat juga seminar pelatihan singkat hingga program magister yang semua kegiatannya menggunakan bahasa inggris.

2. Mengunjungi Situs Universitas

Situs Universitas remi memuat berbagai informasi detail mengenai seluruh kegiatan perkuliahan dan penjelasan program studi yang di tawarkan. Informasi yang di peroleh merupakan sebagai tonggak awal dalam menentukan rencana studi di Belanda.

3. Mengirim Aplikasi Online

Studi di Belanda memiliki perbedaan mencolok dari beberapa studi di negara lain. Untuk studi di Belanda di haruskan untuk memperoleh universitas terlebih dahulu baru mencari pihak-pihak yang akan mendanai beasiswa.Setelah menentukan universitas dan program studi yang di tuju, anda harus mengirimkan aplikasi secara online ke universitas di Belanda sebelum batas waktu yang ditentukan setiap tahun.Dengan mingirimkan aplikasi online, secara otomatis anda dapat mengikuti program seleksi beasiswa di kampus yang di tuju.

Formulik aplikasinya terdiri dari :

  •  Ijazah SMA/sertifikat universitas (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris).
  •  Lulus SMA /universitas transkrip (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris)
  •  Sertifikat bahasa Inggris (IELTS/TOEFL)
  •  Pernyataan motivasi
  •  CV
  •  Surat referensi yang mungkin diperlukan bagi pelamar untuk program Master.

Menurut Indy,Untuk memperoleh lebih dalam tentang studi di Belanda, ia meminta pelamar untuk mengunjungi situs Nesoindonesia .

Pencarian Terkait:

Tags: #awal #beasiswa #belanda #langkah #studi

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa
Surat rekomendasi beasiswa merupakan salah satu hal
Kabar Baik: Beasiswa StuNed Diperpanjang hingga April
Kabar Baik: Beasiswa StuNed Diperpanjang hingga April
Tenggat waktu pendaftaran program beasiswa Studi di
Studi Ke Belanda : Cari Kampus Dulu atau Cari Beasiswa Dulu?
Studi Ke Belanda : Cari Kampus Dulu atau Cari Beasiswa Dulu?
Untuk studi di luar negeri, tahapan pertama
  1. Pendaftaran Beasiswa Studi di Belanda Dibuka | Bangku Depan2 years ago

    […] Tiga Langkah Awal Studi Ke Belanda » Belanda merupakan negara eropa yang cukup maju baik dari tekn… […]

    Reply

Leave a reply "Tiga Langkah Awal Studi Ke Belanda"

Must read×

Top