Teori Belajar Behavioristik

Behaviorisme adalah pendekatan perilaku psikologi yang menggabungkan unsur-unsur filsafat, metodologi, dan teori. Behavioristik muncul secara metodologis pada awal abad kedua puluh sebagai reaksi terhadap psikologi “mentalistik” , yang sering mengalami kesulitan untuk membuat prediksi yang bisa diuji dengan menggunakan metode eksperimental yang ketat. Prinsip utama metodologi behavioritik, seperti yang diungkapkan dalam tulisan-tulisan John B. Watson dan lain-lain, adalah bahwa psikologi seharusnya hanya mementingkan dirinya dengan peristiwa yang diamati. Telah ada pergeseran drastis dalam filsafat behavioris selama tahun 1940-an dan 1950-an dan juga sejak 1980-an.

belajar behavioristik

Dari psikologi di awal abad ke-19, pemikiran sekolah behavioristik berjalan bersamaan dengan gerakan psikoanalitik dan Gestalt psikologi ke dalam abad ke-20; pengaruh utamanya adalah Ivan Pavlov, yang menyelidiki pengkondisian yang klasik yang tergantung pada prosedur stimulus untuk membangun refleks dan perilaku responden.; Edward Thorndike dan John B. Watson yang menolak metode introspektif dan berusaha untuk membatasi psikologi perilaku yang dapat diamati; dan BF Skinner, yang melakukan penelitian tentang pengkondisian operan(yang menggunakan anteseden dan konsekuensi untuk mengubah perilaku), dan menekankan pengamatan secara pribadi.

belajar behavioristik

Pada paruh kedua abad ke-20, behaviorisme sebagian besar dikalahkan sebagai hasil dari revolusi kognitif yang ketika kognitif-perilaku terapi-yang memiliki utilitas dibuktikan dalam mengobati penyakit tertentu, seperti fobia sederhana, PTSD, dan kecanduan-berevolusi. Aplikasi behaviorisme, yang dikenal sebagai analisis perilaku diterapkan, digunakan untuk berbagai kondisi, termasuk manajemen perilaku organisasi , mendorong diet dan kebugaran, untuk pengobatan gangguan mental, seperti autisme dan penyalahgunaan zat. Namun, behaviorisme dan kognitif tidak akan sejalan secara teoritis, keduanya akan saling melengkapi dalam aplikasi terapeutik praktis, seperti dalam analisis perilaku klinis.

Teori Belajar Behavioristik

Behaviorisme berfokus pada satu pandangan tertentu dari pembelajaran: perubahan perilaku eksternal dicapai melalui paksaan untuk membentuk perilaku. Skinner menemukan bahwa perilaku dapat terbentuk ketika adanya penggunaan hadiah/reward. Perilaku yang sesaui akan di beri reward/hadiah, sedangkan perilaku yang tidak sesuai akan diberikan hukuman. Memasukkan metode behavioristik ke dalam pendidikan di dalam kelas diperbolehkan untuk membantu siswa mereka agar unggul baik secara akademis maupun secara pribadi. Dalam bidang pembelajaran bahasa, jenis pengajaran disebut metode audio lingual, ciri khas nya seluruh kelas melakukan nyanyian paduan suara sesuai kunci nada, dengan dialog dan penerapan koreksi langsung.

belajar behavioristik

Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat didorong untuk terlibat dengan proses pembelajaran dan berdiskusi dengaa rekan-rekan mereka dalam kelompok dengan dorongan positif dari fasilitator yang terampil untuk meningkatkan keterlibatan positif, kontribusi dan pertanyaan. Perilaku negatif misalnya kurangnya keterlibatan, kontribusi negatif, bisa diminimalisir melalui adanya dorongan (misalnya ada pujian atau perhatian). Dalam pandangan pembelajaran behavioristik, “guru” adalah orang yang dominan di dalam kelas dan mengambil kontrol penuh , evaluasi pembelajaran berasal dari guru yang memutuskan apa yang benar atau salah. Pelajar tidak memiliki kesempatan untuk evaluasi atau refleksi dalam proses pembelajaran, mereka hanya mengatakan apa yang benar atau salah. Konseptualisasi pembelajaran menggunakan pendekatan ini dapat dianggap “dangkal” sebagai fokusnya adalah pada perubahan eksternal dalam perilaku yaitu tidak tertariknya murid pada proses internal belajar yang mengarah ke perubahan perilaku dan tidak adanya keterlibatan emosi dalam proses belajar.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #Guru #Sekolah #teori belajar behavioristik

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top