Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat

Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang Anda butuhkan saat ini. Mungkin bukan untuk Anda sendiri tapi untuk putra-putri Anda, yang kini sedang mulai belajar membaca. Memang jika ingin menguasai teknik membaca cepat yang efektif dan juga efisien, maka sebaiknya hal ini dipalikasikan pada anak-anak sejak usia dini. Namun jika Anda ingin mempelajarinya untuk diri sendiri pun tak ada salahnya. Hanya saja dibandingkan otak anak-anak yang mudah menyerap seperti spons, maka butuh kesabaran dan juga kerja keras bagi Anda untuk bisa memnguasi teknik membaca cepat ini.

person-984236_640

Tips dan teknik membaca cepat

Ada beberapa tips dan teknik membaca cepat yang bisa Anda coba untuk pelajari. Memang membaca cepat jadi hal yang sangat penting baik untuk karier atau prestasi akademik seseorang. Anak yang lancar membaca, tentu memiliki prestasi yang gemilang di sekolahnya. Termasuk juga Anda yang ingin mendapatkan nilai akademis tinggi atau jenjang karier yang baik, tak ada salahnya mempelajari teknik membaca cepat berikut ini.

Membaca dalam hati

Untuk bisa membaca dengan cepat, maka cobalah untuk tak mengucapkan setiap kata yang sudah Anda baca. Penelitian menunjukkan bahwa melafalkan bacaan secara keras, tak akan membuat Anda bisa menguasai teknik membaca cepat ini. Salah satu cara yang bisa dicoba agar bisa membaca dengan cepat, adalah dengan membacanya dalam hati. Jika Anda tak terbiasa membaca dalam hati, mulailah dengan cara mengunyah permen karet saat membaca. Atau tidak gunakan jari Anda untuk menutup mulut dan bibir. Hal ini akan memnbuat mulut menjadi sibuk dan akan memicu Anda membaca dalam hati.

Tutupi kata yang telah Anda baca

Saat membaca, tak jarang mata kita akan kembali pada kata sebelumnya yang telah kita baca. Secara tidak langsung, ini akan mempengaruhi kecepatan membaca Anda. Jadi cobalah teknik membaca cepat dengan cara menutupi kata yang telah dibaca sebelumnya, agar tak menganggu konsentrasi mata Anda dari huruf dan kata yang ada didepanya.

Latih anak-anak untuk membaca cepat

i-flip-flap-184343_640

Seperti yang disebutkan di atas, teknik membaca cepat bisa dengan mudah diaplikasikan pada anak-anak yang punya otak seperti spons itu. Jadi jika Anda ingin buah hati punya kemampuan membaca yang cepat, maka mulai sekarang latihalah mereka untuk membaca buku. Pilihkan buku cerita sesuai dengan usia mereka sehingga memancing anak untuk semangat dan juga rajin membaca.

Latihlah mata Anda untuk bergerak lebih lambat

Tahukan Anda bahwa mata kanan mampu membaca 8 kata sedangkan mata kiri hanya 3 kata saja? Jika Anda bisa melatih gerak mata Anda, maka bukan tak mungkin bahwa teknik membaca cepat ini bisa Anda kuasai dengan mudah. Caranya adalah dengan mencoba untuk melewati beberapa kata, namun meski begitu Anda masih bisa memahami apa yang terkandung dalam buku tersebut.

Lakukan scanning

reading-book-1500650_640

Salah satu teknik membaca cepat yang bisa Anda kuasai adalah teknik scanning ini. Scanning adalah proses dimana mata dan otak mengenali terlabih dulu kata-kata penting namun familiar untuk Anda. Artinya, Anda tak harus membaca per kata dan perhuruf untuk memahami keseluruhan isi bacaan. Dengan teknik scanning ini, Anda akan menemukan beberapa kata penting dalam bacaan dan bisa mengetahui makna serta isi dari bacaan yang Anda baca itu.

Skimming teks. Setelah scanning sebagai salah satu teknik membaca cepat, Andapun bisa menggunakan skimming teks untuk meningkatkan kecepatan membaca Anda. Skimming adalah proses untuk menemukan kata penting dan ide utama dari bacaan yang Anda baca. Hal ini sangat mudah diaplikasikan untuk koran atau berita. Baca judulnya, kemudian pilihkan kalimat pertama dalam setiap sub heading dari bacaan tersebut. Mata dan otak Anda otomatis akan memberi tahu bagian penting dari sisi bacaan pada teknik skimming ini.

Baca bagian awal dan akhir setiap sesi bacaan Anda

Hal ini bermanfaat untuk Anda yang tengah membaca buku pelajaran atau teks book. Buku pelajaran atau textbook umumnya berisi introduction dengan materi yang kurang penting. Anda bisa menskip bagian itu dan bearlihlah ke pararagraf utama. Masih bingung menemukan bagian yang penting? Cukup baca awal dan akhir kalimat pada setiap paragraf untuk menemukan bagian penting itu.

Lingkari kata-kata yang penting menurut Anda

glasses-272399_640

Untuk memudahkan Anda membaca cepat, tak ada salahnya melingkari kata yang penting dengan warna mencolok dari setiap paragraf yang Anda baca. Dengan adanya hal ini maka Anda akan belajar untuk membaca cepat, sekaligus menemukan kata-kata penting yang menjadi kunci utama dari setiap paragraf buku yang tengah Anda baca tersebut.

Tantang diri Anda sendiri

Salah satu teknik membaca cepat yang bisa Anda coba adalah dengan menatanga diri Anda sendiri. Artinya, Anda bisa mencoba menganalisa apakah sudah membaca dengan cukup cepat, ataukah masih dalam level intermediate saja. Caranya gunakan timer, atur waktu yang menjadi target Anda. Misalnya 10 lembar dalam tempo waktu 20 menit. Jika Anda berhasil melaluinya, maka selamat Anda suah mulai menguasaia teknik membaca cepat ini. Jika belum jangan kecewa masih banyak cara untuk bisa belajar membaca cepat ini. Salah satunya dengan memanfaatkan gambar dan diagram yang Anda. Anda bisa melihat gambar dan diagram, untuk mengetahui hal penting apa yang terdapat dalam bacaan.

Tentukan tujuan Anda

Sama seperti menantang diri, maka menentukan goal dari aktivitas membaca cepat ini bisa jadi perangsang agar Anda semakin cepat membaca. Menurut penelitian, anak-anak berusia di atas 12 tahun diharapkan bisa membaca 200-250 kata permenit. Sedangkan siswa pada umumnya harus bisa membaca 300 kata setiap menitnya. Jadi Anda bisa menentukan target untuk membaca lebih dari 350 kata permenit atau paling tidak 300 kata, untuk memancing semangat Anda sendiri.

Membacalah di tempat yang nyaman dengan penerangan yang cukup

light-465350_640

Salah satu cara dan teknik membaca cepat yang bisa Anda coba, adalah menciptakan lingkunagn baca yang nyaman untuk diri Anda sendiri. Membaca sambil tengkurap atau tiduran mungkin saja tidak baik untuk mata dan postur tubuh Anda. Namun tak bisa dipungkiri mungkin inilah cara paling nyaman untuk membaca. Atau Anda juga bisa membaca di kursi dan sofa yang nayaman, untuk mencegah Anda membaca sambil tiduran. Anda pun bisa pergi ke taman atau sambil mendengarkan musik, untuk meningkatkan kecepatan dalam membaca.

Selain itu perhatikan pula pencahayaan saat membaca ini. Jangan membaca di tempat yang gelap atau dengan pencahayaan yang kurang. Selain buruk untuk mata, ini akan membuat diri Anda tak nyaman, sehingga mengganguu konsentrasi. Jadi pilihlah tempat dengan penerangan yang cukup, tidak terlalu terang dan juga tidak menyilaukan sehingga teknik membaca cepat ini bisa Anda kuasai.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #cara #teknik #Tips

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
 Kata globalisasi akhir akhir ini menjadi sangat

Comments are closed.

Must read×

Top