Subagyo, Pria 60 tahun yang buka jasa mengerjakan soal matematika

Dari hobi mengerjakan soal matematika, seorang pria berusia 60 tahun kini punya usaha baru. Bermodal sebuah meja kayu dan spanduk, pria bernama Subagyo Ja’far Shadiq ini membuka usaha menerima jasa mengerjakan soal matematika di Kotagede, Yogyakarta.

“Ini minggu ke-tiga, sudah masuk 2 minggu 2 hari saya di sini (membuka jasa garap soal matematika),” ujar Subagyo saat ditemui di tempat usahanya di samping Kantor Pos Kotagede, Yogyakarta, Selasa (16/12/2014).

Subagyo bercerita, awalnya dia senang membantu anak pertamanya yang saat ini duduk di kelas 1 SMA untuk mengerjakan PR matematika. “Lha kok kata gurunya betul semua,” ujar pria yang saat itu menggunakan baju koko dan peci.

“Dari situ saya mengerjakan soal-soal yang lain. Saya malah jadi senang mengerjakan soal-soal matematika setiap hari,” imbuhnya. Subagyo yang sarjana Teknik Kimia UGM angkatan 1979 ini kemudian ketagihan dengan soal-soal matematika SMA.

Dia berlatih mengerjakan soal-soal matematika tingkat SMA setiap harinya. Untuk setiap soalnya, Subagjo mematok harga Rp 10 ribu. Harga ini masih bisa berubah sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Selain menerima jasa menggarap soal, Subagyo juga menerima jasa les privat dengan tarif Rp 30 ribu per pertemuan.

Pria difabel ini tampak akrab dengan penjual koran yang berada di samping meja usahanya tersebut. Rupanya, Subagyo sebelumnya memang sering datang ke kios koran tersebut. Lokasi usaha Subagyo letaknya hanya sekitar 50 meter dari Pasar Kotagede. Sehingga setiap hari memang ramai dilalui warga.

“Saya sering main-main saja. Terus saya bilang ke teman-teman di sini, gimana kalau tambah lagi satu orang di sini, saya buka (usaha) juga. Ternyata boleh sama bapak-bapak ibu-ibu ini,” cerita Subagyo.

Lapak sederhananya ini buka pada pukul 08.00 pagi- 14.00 WIB. “Kalau hujan ya tutup saja,” ujar pria ramah yang tinggal di Pleret, Bantul ini.

Sumber: news.detik.com

Pencarian Terkait:

Tags: #Difabel #Hobi #Matematika

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Subagyo, Pria 60 tahun yang buka jasa mengerjakan soal matematika"

Must read×

Top