Yuk Belajar Sistem Pencernaan Pada Manusia!

Setiap makhluk hidup dibekali dengan organ-organ tubuh yang memiliki fungsinya masing-masing. Dari sekian banyak organ tubuh pada manusia, yang cukup kompleks adalah organ pencernaan makanan. Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan makanan. Makanan inilah yang nantinya akan diolah menjadi sumber energi.

Sistem pencernaan pada manusia terdiri dari berbagai macam organ yang bekerja sama untuk mengolah makanan. Organ tubuh ini memiliki fungsi dan peranannya masing-masing dalam menyerap gizi dari makanan yang dikonsumsi. Untuk informasi lebih jelasnya, ulasan kali ini akan membahas tuntas terkait proses pencernaan pada manusia. Simak saja ulasannya berikut ini.

sistem pencernaan manusia

Proses Sistem Pencernaan pada Manusia

Jika dibandingkan dengan sistem pencernaan hewan, pada dasarnya hampir sama dengan Sistem pencernaan pada manusia. Proses pencernaan pada hewan dimulai dari memasukkan makanan lewat mulut, kemudian ke sampai lambung, masuk ke usus, dan dikeluarkan lewat anus. Lalu, pada manusia, proses pencernaan ini melalui 5 tahap. Lima tahan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

sistem pencernaan manusia

Injesti

Injesti merupakan proses memasukkan makanan ke dalam mulut. Proses sistem pencernaan pada manusia ini menjadi tahap awal dalam perjalanan kompleks sistem pencernaan manusia. Cara memasukkan makanan ke mulut pun berbeda-beda, ada yang menggunakan garpu, sendok, sumpit, dan dengan alat bantu lainnya.

Pencernaan Mekanik

Tahap sistem pencernaan pada manusia yang kedua adalah pencernaan mekanik. Proses ini merupakan proses mengunyah makanan agar menjadi lembut. Pada manusia, proses ini terjadi di dalam mulut. Pencernaan mekanik secara sederhana dapat didefinisikan sebagai proses pengunyahan makanan. Proses ini nantinya akan mempermudah proses pencernaan yang selanjutnya.

Pencernaan Kimiawi

Proses pencernaan selanjutnya adalah pencernaan mekanik. Pada proses ini, makanan yang sudah diproses pada pencernaan mekanik akan diubah menjadi molekul-molekul yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna. Proses pencernaan kimiawi ini dilakukan secara tidak sadar karena yang bertugas mengaturnya adalah enzim. ‘bile, asam, dan air.

Penyerapan

Setelah melalui proses kimiawi yang dilakukan secara tidak sadar oleh tubuh, selanjutnya adalah proses penyerapan gizi yang ada pada makanan. Proses penyerapan secara sederhana dapat diartikan sebagai gerakan nutrisi yang bersumber dari sistem pencernaan menuju ke ‘limphatic capalleries’ dan sistem sirkulator melalui osmosis, difusi, dan transport aktif.

Penyingkiran/ekskresi

Tahap terakhir dalam sistem pencernaan pada manusia adalah penyingkiran. Tahan ini adalah tahap pembuangan material yang sudah tidak dicerna dari tract pencernaan melalui defakasi.

Sistem Pencernaan pada Manusia dan Fungsinya

Sistem pencernaan manusia tentunya memilik perbedaan dengan makhluk hidup lainnya. Berikut penjelasan mendetail tentang sistem pencernaan manusia.

sistem pencernaan manusia

Mulut

Sistem pencernaan pada manusia yang pertama dimulai dari mulut. Dalam mulut ini berlangsung dua jenis pencernaan seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimia. Di dalam mulut, organ-organ yang bekerja adalah lidah, kelenjar ludah, dan gigi.

  • Lidah memiliki fungsi untuk mencerna bahan makanan secara mekanik, membantu proses pengunyahan, proses menelan, dan membedakan berbagai jenis rasa. Untuk mendukung fungsinya dalam mengenali rasa, pada bagian permukaan lidah terdapat papila. Papila ini di dalamnya terdapat puting pengecap rasa. Rasa yang bisa dikenali adalah asam, manis, asin, dan juga pahit. Lidah juga sangat peka terhadap tekanan, panas, dan juga dingin.
  • Kelenjar ludah memiliki proses sebagai penghasil air liur atau saliva yang terdiri dari tiga pasar kelenjar. Kelenjar parotis berada di bagian bawah telinga. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan ludah dengan bentuk cair. Kedua adalah kelenjar submandibularis. Kelenjar ini berada pada rahang bagian bawah. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan getah yang di dalamnya terkandung air dan lendir. Lalu, kelenjar yang ketiga adalah sublingualis yang tempatnya berada di bawah lidah. Kelenjar ini menghasilkan getah yang di dalamnya terdapat air dan juga lendir. Fungsi ludah memang sering tidak disadari. Padahal, ludah sangat berperan pada proses pencernaan mekanik maupun kimia.
  • Gigi memiliki fungsi untuk mengunyah makanan yang masuk ke mulut. Gigi sangat mendukung untuk mendukung proses pencernaan mekanik. Makanan yang sudah dikunyah akan lebih mudah diproses di dalam lambung.

sistem pencernaan pada manusia

Lambung

Setelah dikunyah, makanan kemudian akan masuk ke lambung melalui organ kerongkongan. Makanan yang berhasil masuk ke lambung sebelumnya mendapat bantuan oleh kontraksi otot-otot yang ada pada kerongkongan. Setelah makanan masuk ke dalam lambung, makanan akan diproses secara kimiawi dengan enzim pencernaan. Enzim tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pepsin, merupakan enzim yang berfungsi memecah protein agar menjadi pepton.
  • Lipase, merupakan zat yang berfungsi untuk memecah lemak agar menjadi gliserol dan asam lemak.
  • Asam klorida (HCI) berfungsi untuk mengaktifkan  pepsinogen agar menjadi pepsin.
  • Renin merupakan zat yang hanya dimiliki pada saat bayi. Zat ini berfungsi untuk mengendapkan protein pada susu dari ASI atau air susu ibu.

sistem pencernaan manusia

Usus 12 Jari

Setelah makanan berhasil di proses di lambung selama sekitar 3- sampai dengan 4 jam, makanan kemudian akan dibawa ke usus 12 jari dan selanjutnya dicerna kembali oleh enzim-enzim pankreas. Pada proses pencernaan kimiawi ini, Sistem pencernaan pada manusia ini dibantu juga oleh empedu. Empedu ini mengemulsikan lemak yang dialirkan ke bagian usus 12 jari.

Usus Halus

Setelah melewati usus 12 jari, makanan kemudian diproses di usus halus untuk kembali diserap kandungannya. Nutrisi yang diserap pada usus halus adalah lemak dan gliserol. Karbohidrat yang masuk ke tubuh diserap dalam wujud glukosan. Kemudian protein juga diserap dalam wujud lain, yaitu asam amino. Sedangkan vitamin dan juga mineral bisa langsung diserap tubuh tanpa harus dicerna terlebih dahulu oleh usus halus.

Usus Besar

Setelah melalui usus halus, makanan yang tidak cerna dan diserap oleh tubuh akan menuju usus besar dan diubah menjadi fases. Air yang masih tersisa di usus besar akan tetap diserap kembali oleh usus bersar.

Anus

Sistem pencernaan pada manusia yang terakhir adalah anus. Sisa makanan yang telah dicerna harus dikeluarkan dari tubuh agar tidak berubah menjadi racun. Sisa hasil pencernaan ini berupa fases yang kemudian dikeluarkan melalui anus.

Demikian adalah proses panjang sistem pencernaan manusia. Pada akhirnya, sistem pencernaan pada manusia bisa disimpulkan sebagai kesatuan organ tubuh yang bekerja secara bersama-sama untuk mengolah makanan. Sistem pencernaan ini terdiri dari kelenjar pencernaan dan juga saluran pencernaan.

Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai proses pencernaan pada manusia. Sebagian besar dari proses ini memang tidak Anda rasakan secara nyata. Akan tetapi, organ tubuh mampu bekerja sendiri tanpa harus kita kontrol secara sadar. Agar tetap sehat, Sistem pencernaan pada manusia ini harus dijaga dengan baik sehingga tubuh pun mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Menjalankan pola hidup sehat dan juga mengonsumsi makanan sehat bisa dijadikan salah satu cara untuk menjaga sistem pencernaan kita. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Pencarian Terkait:

Tags: #IPA #pelajaran #pengetahuan alam #SD #Sekolah #SMA #SMP

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada

Comments are closed.

Must read×

Top