6 Nutrisi Penting dalam Sistem Pencernaan Makanan

Makanan merupakan bahan-bahan yang sangat diperlukan manusia untuk bisa tetap hidup. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan melalui proses pencernaan untuk mengambil nutrisi yang ada di dalamnya. Sistem pencernaan makanan ini berupa rangkaian organ tubuh yang memiliki bentuk saluran (Tractus digestivus) serta organ berupa kelenjar yang membantu memproses makanan.

Tubuh memerlukan nutrisi dari makanan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi manusia harus memenuhi beberapa syarat kesehatan. Syarat-syarat kesehatan tersebut di antaranya adalah harus higienis dan bergizi seimbang. Agar lebih paham, kali ini akan dijelaskan tentang beberapa bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Simak saja informasinya berikut ini.

Nutrisi pada Makanan dan Peranannya untuk Tubuh Manusia

Nutrisi berperan penting untuk manusia. Pada bagian ini akan dijabarkan dengan detail tentang berbagai macam nutrisi dan peranannya terhadap tubuh manusia.

sistem pencernaan makanan

Karbohidrat atau Zat Tepung

Karbohidrat adalah senyawa organik yang disusun dari C, H, O yang berperan penting dalam sistem pencernaan makanan. Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi paling utama pada tubuh manusia. Energi yang dibutuhkan oleh setiap orang memang berbeda-beda.

Untuk seseorang yang memiliki berat 50 kg, kebutuhan energi untuk metabolisme tubuh sehari-hari adalah sekitar 1500 kalori. Karbohidrat di dalam tubuh disimpan dalam dua bentuk, yaitu glikogen yang disimpan di dalam hati (108 gr) dan otot (245 gr) serta glukosa atau gula darah yang disimpan di dalam darah (17 gr).

Karbohidrat dibedakan menjadi tiga berdasarkan gugus gula penyusunnya. Tiga jenis karbohidrat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Monosakarida, yaitu karbohidrat yang disusun dari satu gugus gula saja, misalnya glukosa, galaktosa, atau fruktosa.
  • Disakarida, yaitu karbohidrat yang disusun oleh dua gugus gula, misalnya maltosa (gula dari emping), sukrosa (gula tebu), laktosa (gula dari susu).
  • Polisakarida, yaitu karbohidrat yang disusun atas lebih dari sepuluh gugusan gula, misalnya selulosa dan glikogen (gula pada otot) dan Amilum (pati).

Karbohidrat yang diserap dalam tubuh biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti padi, talas, jagung, ubi jalar, singkong, kentang, sagu, dan lain-lain. Konsumsi karbohidrat ini tidak boleh berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat pun akan dapat mendatangkan masalah pada tubuh.

sistem pencernaan makanan

Lemak

Nutrisi yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan makanan adalah Lemak. Lemak merupakan sebuah senyawa organik yang disusun oleh C, H, O. Komponen dalam senyawa organik ini adalah asam lemak dan gliserol. Salah satu fungsi lemak adalah sebagai penghasil energi atau kalor pada tubuh, yaitu tiap 1 gr lemak akan menghasilkan 9.3 kalori.

Lemak juga berfungsi untuk pelarut berbagai vitamin, seperti vitamin A, D, E, serta K. Lemak pun berfungsi untuk pelindung organ tubuh dari suhu yang rendah dan juga membangun beberapa sel tertentu. Meskipun lemak disebut sebagai nutrisi yang kurang berguna, tubuh tetap membutuhkan lemak.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, nutrisi yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan makanan ini dibentuk dari asam lemak dan gliserol. Asam lemak sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  • Lemak jenuh, yaitu lemak yang memiliki wujud padat bersama gliserin bisa disintesis oleh tubuh sendiri.
  • Lemak tidak jenuh, yaitu lemak yang berwujud cair dan tidak bisa disintesis sendiri oleh tubuh sehingga harus didatangkan dari luar.

Apa saja yang menjadi sumber lemak? Lemak bisa diperoleh dari hewan maupun tumbuhan. Lemak hewani diperoleh dari minyak ikan sebanyak 100%, daging itik sebanyak 28.6%, kuning telur sebanyak 31.9 gram, daging ayam sebanyak 25%, belut 27%, dan masih banyak lainnya. kemudian lemak nabati diperoleh dari minyak kelapa sawit, kacang tanah, kemiri, wijen, kedelai, avokado, dan lain sebagainya.

sistem pencernaan makanan

Protein

Protein merupakan senyawa yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan makanan. Senyawa ini terbentuk dari C, H, O, N, dan kadang dibentuk juga dari S,P. Nutrisi ini bisa dibilang sangat penting untuk tubuh. Fungsi protein sendiri adalah sebagai nutrisi pembangun sel-sel yang telah rusak dan membentuk zat pengatur, yaitu enzim dan hormon.

Karbohidrat juga berfungsi untuk membentuk zat antibodi atau sistem perlindungan tubuh. Selain itu, karbohidrat dapat membentuk senyawa asam amino, turut serta menghasilkan energi pada tubuh, dan juga menjaga keseimbangan asam dan basa di dalam darah.

Zat penting dalam sistem pencernaan makanan ini dibentuk dari beberapa komponen dasar seperti senyawa organik yang sederhana, yaitu asam amino. Di dalam saluran pencernaan manusia, protein ini akan disederhanakan menjadi senyawa yang disebut asam amino. Protein yang disusun menjadi asam amino ini meliputi dua jenis, yaitu asam amino essensial dan juga asam amino non essensial.

  • Asam amino esensial yang menjadi utama harus ada dan asam ini didapatkan dari luar tubuh karena tubuh manusia tidak dapat mensintesisnya. Asam amino urama atau essensial ini meliputi sepuluh macam, yaitu isoleusin, treonin, triptofan, hostidin, fenil, metionin, valin, alanin, leusin, dan arginin.
  • Asam amino non esensial bisa disintesis sendiri oleh tubuh. Asam amino ini meliputi alanin, asam glutamat, sistein, glisisn, tirosin, prolin.

sistem pencernaan makanan

Vitamin

Vitamin juga menjadi salah satu senyawa yang penting dalam sistem pencernaan makanan pada manusia. Vitamin ini digolongkan sebagai senyawa yang sangat kompleks dan berfungsi untuk mendukung pengaturan tubuh. Vitamin tidak menghasilkan energi. Lalu, vitamin juga tidak bisa disintesis sendiri oleh tubuh sehingga harus didatangkan dari luar. Tanpa vitamin, semua makhluk hidup tidak bisa melakukan aktivitas hidup. Kekurangan nutrisi vitamin dapat menyebabkan defisiensi dan juga lebih beresiko terkena berbagai penyakit.

sistem pencernaan makanan

Mineral

Seperti halnya vitamin, mineral juga sangat dibutuhkan dalam sistem pencernaan makanan. Mineral menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya berbagai penyakit. Manfaat mineral adalah sebagai berikut.

  • Kalsium, berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, mencegah artritis, menurunkan berat badan, dan menjaga tubuh dari penyakit jantung, kanker usus, dan tekanan darah tinggi.
  • Boron, berfungsi menjaga fungsi otak, kesehatan seksual, anti penuaan, mencegah kanker, menjaga kesehatan seksual, dan mengobati alzheimer dan nyeri otot.
  • Magnesium, berfungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi.
  • Zat besi, membantu membentuk hemoglobin.
  • Tembaga, berfungsi untuk menjaga fungsi otak, perawatan kulit, dan mencegah penyakit jantung.
  • Mangan, berfungsi menjaga metabolisme tubuh, mencegah orteoporosis, peradangan, epilepsi, dan kelelahan.

sistem pencernaan makanan

Air

Untuk membantu proses sistem pencernaan makanan, tubuh pun memerlukan air. Fungsi air dalam proses pencernaan makanan adalah sebagai bahan pelarut, mengangkut zat makanan dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain, dan menjaga stabilitas suhu.

Demikian adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat bertahan hidup. Makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan agar semua fungsi tubuh tetap dapat berjalan dengan baik.

Kekurangan nutrisi akan menyebabkan gangguan atau penyakit. Sistem pencernaan makanan pun akan menjadi tidak sempurna jika seseorang tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Semoga info ini bermanfaat!

Pencarian Terkait:

Tags: #IPA #manusia #pengetahuan alam #tubuh

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada

Comments are closed.

Must read×

Top