Fakta Sejarah Olahraga Bola Voli

Sejarah bola voli perlu kita ketahui sebagai salah satu pengetahuan kita tentang berbagai macam sejarah terciptanya olahraga di dunia. bola voli merupakan salah satu olahraga favorit di seluruh dunia, bola voli dimainkan oleh 2 tim masing masing 6 orang digunakan jaring sebagai pembatas kedua tim, untuk memenangkan pertandingan , tim harus menjatuhkan bola ke area lawan.

Sejarah Bola Voli

beach-volleyball-843195_1280

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith.

Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

volleyball-90896_1280

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

Sejarah Bola Voli Indonesia

Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1982 pada zaman penjajahan Belanda. Guru-guru pendidikan jasmani didatangkan dari Negeri Belanda untuk mengembangkan olahraga umumnya dan bola voli khususnya.Di samping guru-guru pendidikan jasmani, tentara Belanda banyak andilnya dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia, terutama dengan bermain di asrama-asrama, dilapangan terbuka dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni Belanda sendiri. Permainan bola voli di Indonesia sangat pesat di seluruh lapisan mayarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 januari 1955 PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama.

volleyball-673552_1280

PBVSI sejak itu aktif mengembangkan kegiatan-kegiatan baik ke dalm maupun ke luar negeri sampai sekarang. Perkembangan permainan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta, baik untuk pria maupun untukwanitanya. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989.

Sejarah Persatuan Bola Voli Dunia (FIVB)

FIVB didirikan di Perancis pada tahun 1947. Pada akhir 1940-an, beberapa federasi nasional Eropa mulai mengatasi masalah menciptakan badan internasional untuk olahraga voli. Diskusi awal akhirnya mengarah pada instalasi Kongres Konstitutif pada tahun 1947. Empat belas federasi nasional yang mewakili lima benua yang berbeda menghadiri pertemuan di mana, antara 18 April dan 20, entitas secara resmi dibentuk, memiliki Prancis Mr. Paul Libaud sebagai presiden pertama.

volleyball-703790_1280

Salah satu tujuan utama dari 1947 Kongres dicapai dua tahun kemudian dengan berdirinya acara voli pertama internasional, Kejuaraan Dunia. Pada tahun 1952, versi perempuan dari turnamen juga diperkenalkan.

Pada tahun 1964, IOC mendukung penambahan voli untuk program Olimpiade. Pada saat ini, jumlah federasi nasional yang berafiliasi dengan FIVB telah tumbuh menjadi 89. Kemudian di tahun itu (1969), acara internasional yang baru, Piala Dunia diperkenalkan. Itu akan berubah menjadi acara kualifikasi untuk Olimpiade tahun 1991.

Setelah pensiun dari Mr Libaud dan pemilihan Meksiko Mr. Rubén Acosta Hernandez untuk posisi presiden pada tahun 1984, FIVB memindahkan kantor pusatnya dari Paris, Perancis ke Lausanne, Swiss dan intensif ke tingkat belum pernah terjadi sebelumnya kebijakan memajukan voli di dasar di seluruh dunia. Tindakan yang diambil dalam arah ini meliputi pembentukan kompetisi tahunan untuk laki-laki dan voli perempuan (Liga Dunia, pada tahun 1990, dan Grand Prix, pada tahun 1993), indikasi bola voli pantai sebagai acara Olimpiade (1996) dan sejumlah perubahan dalam aturan permainan dengan tujuan meningkatkan visibilitas publik.

Pada tanggal 19 Juni 2008, Wei Jizhong (Cina: 魏纪中) dari China terpilih sebagai presiden ketiga dalam sejarah FIVB selama 31 FIVB World Congress di Dubai, Uni Emirat Arab. Penyerahan presiden berlangsung pada 24 Agustus 2008 di Beijing.

Pada 2010, FIVB dihitung 220 federasi nasional yang berafiliasi.

Sejarah Kejuaraan Dunia Bola Voli

Sejarah Kejuaraan Dunia kembali ke awal dari voli sebagai seorang profesional, tingkat tinggi olahraga. Salah satu langkah konkret pertama yang diambil oleh FIVB setelah berdirinya pada tahun 1947 adalah pembentukan sebuah kompetisi internasional yang melibatkan tim dari lebih dari satu benua. Pada tahun 1949, edisi pertama dimainkan di Praha, Cekoslowakia. Pada saat itu, turnamen itu laki-laki saja dan masih terbatas ke Eropa.

volleyball-835890_1280

Tiga tahun kemudian, versi perempuan diperkenalkan; peristiwa yang disinkronisasi dan diperluas untuk mencakup negara-negara dari Asia, dan mulai diselenggarakan dalam siklus 4 tahun. Dengan edisi berikutnya, ada juga tim dari Selatan, Tengah dan Amerika Utara.

Sejak voli adalah untuk ditambahkan ke Program Olimpiade pada tahun 1964, 4-siklus yang maju dalam 2 tahun setelah edisi keempat (1960), sehingga Kejuaraan Dunia mungkin bergantian dengan Olimpiade Musim Panas. Pada tahun 1970, tim dari Afrika juga mengambil bagian dalam kompetisi, dan tujuan asli memiliki anggota dari semua lima konfederasi benua di game dicapai.

Jumlah tim yang terlibat dalam permainan telah berubah secara signifikan selama bertahun-tahun. Setelah kenaikan voli di popularitas, mereka mengangkat mantap untuk lebih dari 20 di tahun 1970 dan bagian dari tahun 1980-an, kemudian dipotong pendek untuk 16 pada 1990-an, dan akhirnya didirikan di 24 setelah 2002. Hari ini, Kejuaraan Dunia adalah yang paling komprehensif semua acara yang diselenggarakan oleh FIVB, dan bisa dibilang yang paling penting kedua, melampaui di prestise hanya dengan Olimpiade.

Sampai 1974, negara tuan rumah turnamen yang diselenggarakan baik laki-laki dan peristiwa perempuan, dengan pengecualian tunggal dari permainan 1966/1967, yang berlangsung di tahun yang berbeda. Sejak tahun 1978, praktek ini telah hanya kadang-kadang diamati, misalnya, pada tahun 1998 dan dalam edisi 2006, yang digelar, sebagai mantan itu, di Jepang.

Pencarian Terkait:

Tags: #bola voli #olahraga #sejarah

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top