Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia

Saluran pencernaan atau dalam nama ilmiah disebut digestive tract merupakan tabung pencernaan yang cukup panjang yang berawal dari mulut, menuju kerongkongan, sampai pada lambung, menuju usus kecil, usus besar rektum, hingga dikeluarkan lagi dari tubuh melalui anus.

sistem pencernaan manusia

Dalam proses pencernaan, organ-organ berongga itu memiliki lapisan yang biasa disebut sebagai mukosa. Mukosa di dalam mulut, lambung dan usus halus mengandung kelenjar kecil yang menghasilkan enzim untuk dapat membantu mencerna makanan.

Di dalam sistem pencernaan ini juga terdapat lapisan otot polos yang berfungsi untuk membantu memecah makanan serta memindahkan makanan di sepanjang saluran melalui gerakan yang disebut dengan gerakan peristaltik. Pada uraian ini, kita akan sama-sama belajar tentang proses pencernaan manusia.

Sistem Pencernaan dan Saluran Pencernaan pada Manusia

Secara keseluruhan, proses pencernaan pada manusia dibedakan menjadi dua macam. Proses pencernaan yang pertama disebut sebagai pencernaan mekanik.

Sistem pencernaan mekanik mengubah makanan yang awalnya berbentuk kasar menjadi lebih halus. Proses ini dilakukan di dalam mulut menggunakan gigi dan lidah. Lalu, proses pencernaan yang kedua adalah pencernaan kimiawi.

Proses pencernaan kimiawi berfungsi mengubah makanan dari zat yang masih kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Proses ini dimulai dari mulut, lambung, hingga usus. Pencernaan kimiawi dibantu oleh enzim. Enzim sendiri merupakan zat kimia yang dihasilkan sendiri oleh tubuh. Fungsi enzim adalah untuk mempercepat reaksi kimia di dalam tubuh.

Saluran pencernaan yang memproses makanan meliputi beberapa hal berikut.

  • Ingesti, merupakan proses pemasukan bahan makanan ke tubuh melalui organ mulut.
  • Mastikasi merupakan proses pengunyahan makanan yang dilakukan oleh gigi dan lidah.
  • Deglutisi merupakan proses menelan makanan menuju kerongkongan.
  • Digesti merupakan proses pengubahan makanan menjadi sebuah molekul yang lebih sederhana. Proses ini dilakukan di lambung dengan bantuan enzim.
  • Absorpi merupakan proses penyerapan yang terjadi pada organ usus halus.
  • Defekasi merupakan proses pengeluaran sisa makanan yang sudah tidak berguna lagi untuk tubuh.

Proses pencernaan pada manusia dibedakan menjadi dua macam, yaitu saluran pencernaan dan juga kelenjar pencernaan. Pada ulasan ini, kita akan sama-sama belajar mengenai saluran sistem pencernaan yang cukup kompleks yang berasal dari mulut sampai ke anus. Mari langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

  1. Mulut

Saluran pencernaan yang panjang dan kompleks ini bermula dari mulut. Organ tubuh yang menjadi pemula sistem pencernaan ini akan bertugas melakukan proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Proses secara mekanik dilakukan oleh gigi dan lidah untuk menghaluskan makanan. Sementara proses secara kimiawi dilakukan oleh air liur yang di dalamnya terdapat enzim-enzim untuk menyerap nutrisi pada makanan.

sistem pencernaan manusia

Fungsi gigi dan lidah sudah sering dibahas pada saat pelajaran Biologi. Untuk kali ini, yang akan dibahas dengan lebih detail adalah fungsi dari kelenjar ludah.

Jika gigi dan lidah berfungsi untuk mencerna makanan secara mekanik, kelenjar ludah memproses makanan secara kimiawi. Di dalam mulur, terdapat tipa macam kelenjar ludah yang sangat berperan untuk proses pencernaan.

Kelenjar ludah terdiri atas glandula parotis, hlandula sublingualis atau disebut juga glandula submandibularis, dan terakhir adalah glandula submaksilaris. Ludah sendiri terdisi atas 99% air dan sisanya adalah enzim amilasi. Enzim ini berfungsi untuk menguraikan pati dari makanan dan mengubahnya menjadi gula sederhana, yaitu maltosa dan glukosa. Saluran pencernaan pertama ini menjadi pemula dari sistem pencernaan yang panjang.

  1. Kerongkongan

Saluran pencernaan yang kedua adalah kerongkongan. Kerongkongan merupakan organ yang memiliki panjang 25 cm yang sangat tipis. Fungsi organ ini adalah sebagai perantara makanan menuju ke lambung. Pada bagian ini terjadi gerak peristaltik, yaitu gerak bolus dari mulut menuju ke lambung yang sebelumnya melalui saluran kerongkongan.

  1. Lambung

Lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan di mana proses kimiawi berlangsung. Lambung terdiri atas bagian kardiak, yaitu bagian atas lambung yang berbatasan langsung dengan esofagus. Bagian kedua adalah bagian tengah yang disebut fundus dan menjadi badan lambung.

sistem pencernaan pada manusia

Pada bagian bawah disebut dengan pilorus yang berbatasan dengan  usus halus. Di dalam lambung, terkenal senyawa kimia yang disebut dengan asam lambung. Asam lambung ini berfungsi untuk mengaktifkan enzim dalam getah lambung.

Asam lambung juga berfungsi untuk menetralkan alkali bolus yang berasal dari rongga mulut, melarutkan garam, membunuh kuman yang ikut masuk ke organ lambung, merangsang sekresi getah usus, dan mengatur buka tutup katub antara organ lambung dan usus dua belas jari.

  1. Usus Halus

Bagian dari sistem pencernaan yang selanjutnya adalah usus halus. Pada organ ini, terjadi pula proses pencernaan secara kimiawi. Dalam memproses makanan, bagian usus halus ini terdiri dari saluran berelok-kelok yang memiliki panjang sekitar 6 sampai dengan 8 m dengan lebar 25 mm dan terdapat banyak lipatan yang disebut dengan Vili.

sistem pencernaan manusia

Vili atau jonjot-jonjot usus ini memiliki fungsi untuk memperluas permukaan usus yang kemudian berpengaruh pada proses penyerapan makanan. Usus halus sendiri terdiri atas usus 12 jari (duodenum), usus kosong (jejunum) dan usus penyerapan (ilenium).

  1. Usus Besar

Saluran pencernaan selanjutnya akan melewati usus besar atau yang disebut dengan intestinum crasum. Usus besar ini terdiri dari usus tebal atau colon. Pada bagian ini, sisa makanan yang telah diserap akan dibusukkan oleh bakteri yang bernama Escherichia Coli atau bakteri pengurai. Bakteri ini juga berfungsi untuk menghasilkan vitamin K yang sangat berperan dalam proses pembekuan darah.

  1. Rektum

Saluran pencernaan selanjutnya adalah Poros Usus atau rectum. Pada usus besar, sisa makanan yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh diubah menjadi feses. Feses ini kemudian didorong secara teratur hingga sampai pada poros usus atau rektum.

Dorongan ini dipengaruhi oleh gerakan peristaltik oleh otot-otot pada tubuh sehingga seseorang merasa ingin buang air besar. Proses keluarnya sisa makanan ini disebut juga dengan defekasi. Proses diakhiri oleh organ anus yang akan mengeluarkan sisa makanan.

alat pencernaan manusia

Demikian adalah proses panjang dalam saluran pencernaan yang memproses makanan. Proses ini berawal dari mulut yang menjadi media memasukkan makanan hingga sampai pada anus di mana sisa makanan akan dikeluarkan.

Proses yang tidak sederhana ini dilakukan secara teratur oleh organ-organ tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas. Prosesnya ada yang dilakukan secara sadar dan ada pula yang tidak disadari. Agar semua proses dapat berjalan dengan lancar, organ tubuh harus dalam keadaan sehat. Jika ada gangguan pada salah satu organ tubuh, proses pencernaan pun menjadi tidak sempurna.

Selanjutnya anda juga bisa lanjut belajar tentang penjelasan berbagai nutrisi yang penting dalam sistem pencernaan makanan pada manusia. Untuk Anda yang memiliki perhatian pada bidang ini, sebaiknya melakukan pembelajaran secara menyeluruh agar lebih dapat memahami alur saluran pencernaan manusia. Semoga uraian ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel bangkudepan lainnya !

Pencarian Terkait:

Tags: #IPA #manusia #organ manusia #sistem #tubuh manusia

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada

Comments are closed.

Must read×

Top