Cara Mudah Membuat Proposal Usaha

Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda tidak memiliki modal pribadi maka salah satu caranya adalah dengan mencari modal ataupun pemodal. Satu hal yang penting dalam mencari modal usaha adalah proposal usaha. Proposal menjadi senjata utama agar pemodal tertarik berinvestasi atau meminjamkan modalnya untuk usaha anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang proposal usaha.

   freelancer-763730_1280

Seluk Beluk Penulisan Proposal Usaha

Sesuai dengan namanya, prosposal adalah suatu bentuk pengajuan, permohonan dan atau penawaran terhadap suatu gagasan maupun pemikiran yang direncanakan secara sistematis kepada pihak pihak lain agar mendapatkan dukungan, bisa berupa izin, persetujuan dan dana. Proposal biasanya dibuat dalam bentuk tertulis oleh orang atau atas nama sekelompok orang yang menggambarkan suatu rencana dan tujuan kegiatan  tertentu. salah satu bentuk proposal yang sering dibuat adalah proposal usaha, di mana akan berhubungan dengan kegiatan usaha yang dijalankan untuk mendapatkan dukungan pihak lain, misalnya untuk mendapatkan kredit modal tambahan usaha, atau mendapatkan dana dari investor / rekanan usaha.

Pembuatan proposal usaha ini cukup penting bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya terutama bagi mereka yang belum cukup punya dana pengembangan usaha. Dengan membuat proposal seperti ini diharapkan ada bentuk dukungan dari pihak lain yang masuk sehingga nantinya bisa digunakan kelanjutannya dalam memperbesar omset usaha, baik dana kredit dari bank, dari kolega yang ingin menginvestasikan dananya, misalnya teman, saudara, atau orang lain yang akan akan diajak bergabung dalam suatu usaha dengan mengetahui gambaran usahanya secara keseluruhan termasuk semua unsur-unsur yang terkait dengan usaha. Gambaran usaha yang dijabarkan sangat penting untuk memberi penjelasan mengenai usaha bisnis apa yang akan dilakukan, kemana proposal usaha akan dibawa dan bagaimana pelaku usaha dapat mewujudkan segala yang tertuang dalam proposalnya.

business-18107_1280

Tujuan proposal usaha

Sebuah proposal akan membantu wirausahawan untuk membuat gambaran keseluruhan tentang usaha yang dijalankannya serta potensi pengembangan yang nanti direncanakan. Tujuan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan menganalisa usahanya sendiri apakah memang dirasa perlu pengembangan lanjutan. Dengan adanya proposal ini, membantu seorang pelaku usaha untuk menguji strategi usahanya dan mengembangkan strategi tersebut untuk perkembangan usahanya. Selain itu, proposal usaha yang utama dapat digunakan pula untuk mendapatkan investor baru yang akan membantu pengembangan usaha. Kehadiran investor yang menanamkan modalnya ini sangat dibutuhkan terutama oleh pemain baru usaha, yang mempunyai minimal modal untuk pengembangan bisnisnya. Dengan modal yang bertambah besar, harapannya omset usaha semakin besar, pemasaran produk usaha semakin melebar, dan hasil akhirnya adalah keuntungan yang didapatkan semakin meningkat. Keuntungan inilah yang nantinya dibagikan dengan investor dengan perjanjian tertentu seperti yang tertulis pada proposal dan kesepakatan bersama.

Wirausahawan atau pelaku usahamerupakanpemilik dan pemegang inisatif usaha membuat proposal yang ditujukan pula untuk kerjasama atau merger dengan perusahaan besar yang sudah ada dan sudah lama berdiri. Wirausaha dapat mengatur dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah ada dan saling menguntungkan denganpersyaratan yang dibuat dengan kesepakatan sendiri antara dua pihak. Dengan adanya proposal ini ada jaminan tentang fokus tujuan dari berbagai personil yang ada didalam konsep usaha.

euro-447214_1280

Fungsi Proposal Usaha

Fungsi penulisan proposal dalam hal kewirausahaan ini sangat banyak. Salah satunya adalah berfungsi sesuai dengan tujuan yang telah dijabarkan yaitu untuk mengundang orang/pihak tertentu untuk ikut bergabung dalam kegiatan wirausaha. Selain itu, mengatur bentuk kerja sama dengan pihak lain tersebut untuk lebih fokus sesuai dengan kesepakatan. Proposal usaha berfungsi pula sebagai dokumen pengembangan usaha yang sifatnya pribadi atau intern di dalam usaha. Proposal juga dijadikan sebagai media komunikasi kepada pihak lain yang menginginkan kerjasama dengan melihat strategi usaha dan sasaran usaha yang dijalankan. Proposal ini merupakan dokumen tertulis yang dibuat oleh wirausaha yang memuat rincian rencana usaha yang baru atau lama dijalankan dengan konsep-konsep pengembangan ke depannya.

ux-789162_1280

Manfaat Proposal Usaha

Sesuai dengan tujuan proposal bisnis yang dikemukakan sebelumnya, ada beberapa manfaat yang bisa diambil berdasarkan tujuannya. Manfaatnya untuk membandingkan antara perkiraandengan hasil yang nyata, mengembangkan dan menguji strategidan hasil yang diharapkandari sudut pandang pihak lain, menjadi alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh, investor dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya, memberikan sumber-sumber finansial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial, menggambarkan kemampuan manajerial seseorang wirausahawan, memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya atas kerjasama atau dana kredit yang digunakannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan proposal bisnis di antaranya pengetahuan, teknologi, daya kreatifitas, inisiatif, inovatif, kemampuan membuat proyeksi atau prediksi keuangan, kemampuan dalam bidang pemasaran / marketing, pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya.

analysis-680572_1280

Sistematika proposal usaha

Penulisan proposal secara umum tidak ada patokan atau aturan baku. Termasuk pula dengan proposan kegiatan usaha juga tidak ada aturan, namun pastinya hendaknya ditulis dengan cakupan secara umum yang terdiri dari halaman depan, daftar isi, penjelasan perusahaan, pemasaran / marketing produk, produk yang dihasilkan, omset penjualan, permodalan / keuangan, dan apendiks.

  1. Halaman depan

Halaman ini merupakan halaman awal yang mencantumkan nama dan alamat usaha. Ditulis dengan semenarik mungkin tanpa meninggalkan kaidah penulisan yang formal.

  1. Daftar isi

Bagian ini berisi tentang kerangka proposal dengan dilengkapi nomor halaman dari awal hingga akhir.

  1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bab perkenalan. Isinya tentang uraian latar belakang usaha yang dibangun dan dijalankan, visi dan misi bisnisnya. Materinya pula tentang gambaran usaha yang ingin dijalankan dan dikembangkan serta keadaan pasar untuk melempar produk yang dihasilkan.

  1. Penjelasan perusahaan

Bagian ini berisi ulasan tentang jenis, bidang usaha serta nama usahanya. Spesifikasi produk apa saja yang dihasilkan dari usaha. Penjelasan tentang perusahaan atau usaha ini mirip dengan profil usaha, yang dipaparkan dengan cara yang semenarik mungkin tetapi tetap relistis. Di sini disertakan pula lokasi atau alamat usaha yang jelas, dan jik aperlu dilengkapi dengan foto dan denah usaha.

  1. Struktur Organisasi

Suatu usaha yang dijalankan, biasanya terdapat orang-orang yang berperan di dalamnya bertanggung jawab atas berjalannya usaha, meskipun masih dalam skala kecil, tetap melibatkan lebih dari satu orang. Untuk itu, struktur organisasi bisa dibuat dengan menggambarkan personil yang terlibat di dalam pergerakan roda usaha.

  1. Produk

Penjelasan yang disampaikan di bagian ini adalah tentang jenis produk yang dikembangkan dan diproduksi, bisa terdiri dari jenis produk, varian rasa, dan kemasannya. Selain itu, dicantumkan pula proses pembuatan produk sehingga siap dilempar ke konsumen, yang bisa dituliskan dengan diagram. Sertakan pula keunggulan-keunggulan produk yang dimiliki tersebut.

  1. Pemasaran / marketing

Bagian ini berisi tentang cara pemasaran produk-produk usaha. hal ini menjadi sangat penting karena perhubungan dengan laju perputaran usaha, sehingga produk bisa sampai ke konsumen. Metode promosi juga perlu diserta misalnya dengan potongan diskon pada saat tertentu, memberikan kupon pembelian berikutnya. Hal ini dijelaskan sebagai cara untuk menarik konsumen untuk melakukan pemeblian dan repeat order berikutnya.

  1. Omset dan target pasar

Target pasar yang ditujukan sebagai konsumen produk perlu dijabarkan agar bisa diketahui perkiraan omset penjualan produk. Target pasar ini juga berhubungan dengan segmentasi pasar produk yang dilempar ke konsumen.

  1. Permodalan dan keuangan

Bagian ini berisi penjelasan tentang sumber modal dan kebutuhan akan modal dalam menjalankan usaha. Berisi pula tentang rincian penggunaan keuangan yang digunakan untuk mengembangkan usaha, dengan disertai perhitungan laba, dan perhitungan persentase bagi hasil jika melakukan kerjasama dengan investor nantinya.

  1. Penutup dan Apendiks

Isinya tentang kata-kata untuk menyakinkan investor, atau pihak yang ingin diajak kerjasama, agar mau memberikan kredit usaha atau menginvestasikan dana dalam sebuah kerjasama usaha.

Untuk indeks berisi tentang biodata atau curriculum vitae pemilik usaha, lampiran surat perjanjian, lampiran surat ijin usaha (SIUP), dan lain-lain yang dirasa perlu untuk melengkapi dokumen usaha.

Pencarian Terkait:

Tags: #entrepreneur #modal #pengusaha

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
 Kata globalisasi akhir akhir ini menjadi sangat

Comments are closed.

Must read×

Top