Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia

Program bela negara merupakan program khusus yang dirancang oleh pemerintah suatu negara sebagai upaya untuk menjaga eksistensi negara mereka. Program ini biasa nya cenderung sangat terkait dengan permasalahan pertahanan dan kekuatan militer yang dalam hal ini pemerintah akan menjalankan program khusus yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat nya terkait dengan aktivitas militer dan pertahanan negara.

Pembuatan dan penjalanan program bela negara oleh pemerintahan suatu negara pada dasar nya tidak terlepas dari berbagai macam ancaman yang mungkin terjadi yang dikhawatirkan dapat mengganggu eksistensi sebuah negara.

american-soldier-381847_1280

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kekacauan dan menjadi ancaman terhadap eksistensi dan keberlangsungan sebuah negara, beberapa di antara nya adalah sebagai berikut:

  1. Ancaman

Ancaman merupakan setiap aktivitas yang bersifat mengusik, mengubah, dan juga merombak berbagai kebijakan yang dijalankan secara konseptual dengan berbagai macam tindakan, baik yang berbau politik mau pun yang berbau kriminal.

Salah satu ancaman yang normal nya akan diajarkan oleh pemerintahan suatu negara terhadap penduduk nya dalam program bela negara adalah ancaman militer. Ancaman ini merupakan ancaman yang dijalankan dengan menggunakan kekuatan militer yang telah terorganisasi yang dianggap memiliki kemampuan yang dapat mengusik keamanan, kedaulatan, keutuhan wilayah, dan juga keselamatan segenap penduduk dan masyarakat suatu negara.

pakistan-1617349_1280

Dalam praktik nya, ancaman militer dapat timbul dan berasal dari luar mau pun dalam negeri. Beberapa contoh ancaman yang mungkin timbul adalah sebagai berikut:

Dari Luar Negeri

  • Agresi Negara Lain yang Berniat Menjajah
  • Pelanggaran batas – batas wilayah oleh Negara Tetangga
  • Sabotase akan hak – hak dan fasilitas negara
  • Aksi teror yang dikomandoi oleh jaringan teroris internasional
  • Aksi memata – matai, dll

Dari Dalam Negeri

  • Kudeta oleh Militer
  • Pemberontakan senjata oleh penduduk sipil
  • Aksi teror
  • Sabotase oleh penduduk sendiri
  • Aksi kekerasan dan rasisme yang berbau SARA
  • Gerakan yang bertujuan untuk menciptakan negara baru / memisahkan diri dari negara induk (gerakan separatis)
  • Aktivitas perusakan lingkungan
  • Dll

Selain ancaman militer, pada dasar nya ada juga ancaman non militer. Meski pun begitu, ancaman ini biasa nya tidak turut serta diajarkan dan dipublikasi ke masyarakat dalam program bela negara yang dijalankan oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan, ancaman non militer biasa nya dapat ditangani oleh internal pemerintahan dan tidak memerlukan bantuan fisik masyarakat.

Namun, perlu diingat, meski pun tidak diajarkan secara langsung oleh pemerintah, kita sebagai warga negara tetap wajib mengetahui pola – pola ancaman non militer yang mungkin terjadi. Hal ini dikarenakan, dalam kondisi tertentu, ancaman non militer terkadang bisa jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan ancaman militer.

  1. Tantangan

Tantangan merupakan setiap hal berupa aktivitas atau pun kebijakan yang ditujukan untuk menggugah dan memompa kemampuan sebuah negara.

Meski pun dampak yang mungkin ditimbulkan oleh tantangan tidak sebesar dampak yang mungkin ditimbulkan oleh ancaman, namun tetap saja hal ini perlu dimasukkan ke dalam program bela negara oleh pemerintahan suatu negara. Hal ini dikarenakan tantangan sangat erat kaitan nya dengan rasa bangga dan kemajuan sebuah negara, yang dalam praktik nya terkadang jauh lebih penting dibandingkan dengan pertahanan militer cadangan yang notabene sudah diperkuat oleh pasukan militer terlatih.

Normal nya, alih – alih menimbulkan dampak negatif berupa kehancuran, tantangan cenderung lebih berpotensi menghasilkan dampak positif berupa kemajuan dan perkembangan suatu negara.

  1. Hambatan

Hambatan merupakan upaya yang mungkin timbul dari internal negara yang dapat menimbulkan dampak negatif sistemik hingga melemahkan atau bahkan menghalangi kemajuan negara secara tidak konsepsional.

  1. Gangguan

Gangguan merupakan upaya yang dijalankan oleh pihak luar negara (dapat berupa individu atau pun kelompok), yang bertujuan untuk melemahkan atau menghalangi kemajuan suatu negara, namun tidak dijalankan secara konsepsional atau pun tidak terstruktur.

cemetery-999955_1280

Penjalanan Program Bela Negara

Perlu diketahui, program bela negara normal nya akan berbeda – beda antara satu negara dengan negara lain nya. Dalam hal ini, setiap negara memiliki hak dan kebebasan dalam membuat program bela negara untuk masyarakat nya.

Meski pun begitu, normal nya inti dari program bela negara yang dijalankan oleh setiap negara tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain nya. Setiap program bela negara yang dijalankan pasti mengandung sedikit unsur militer dan juga unsur pertahanan terhadap kemungkinan terjadi nya serangan dan agresi militer dari negara atau pun kelompok – kelompok tertentu.

Di beberapa negara tertentu, seperti Singapura, Iran, dan juga Israel bahkan menjalankan program bela negara khusus yang bersifat wajib dan isinya hanya difokuskan dalam aktivitas dan kegiatan edukasi pertahanan militer.

Di beberapa negara lain nya seperti Inggris dan Amerika Serikat, program seperti ini juga dijalankan, namun dalam bentuk yang tidak mengikat. Di beberapa negara, jebolan dari program ini nanti nya akan dijadikan sebagai pasukan militer cadangan yang akan ditugaskan ketika terjadi situasi chaos / kacau yang terkait dengan agresi militer.

china-805184_1280

Program Bela Negara di Indonesia

Di Indonesia sendiri, program bela negara, terutama yang terkait dengan program bela negara di bidang militer, masih belum dijalankan secara masiv dan menyeluruh. Meski pun begitu, program ini pada dasar nya tetap dijalankan oleh pemerintah melalui resimen – resimen khusus baik itu di perguruan tinggi, di sekolah menengah atas, atau pun di tempat – tempat lain nya.

Pada Tanggal 22 Oktober 2015 yang lalu, pemerintah Indonesia secara resmi juga telah menjalankan program pelatihan bela negara yang terbuka untuk semua lapisan kalangan masyarakat. Pembukaan program bela negara ini pada waktu itu diresmikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) Ryamizard Ryacudu.

honor-guard-67636_1280

Untuk mendukung dan memperlancar berjalan nya program tersebut, pada tanggal 23 Februari 2016 yang lalu, Menhan Ryamizard Ryacudu juga meluncurkan website resmi bela negara yang ditujukan sebagai sumber informasi dan media publikasi berbagai macam program bela negara yang dijalankan oleh pemerintah dan bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia.

Di website tersebut, pemerintah kabar nya juga menyediakan fasilitas khusus yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk memberikan saran dan masukan yang terkait dengan upaya perbaikan program bela negara yang dijalankan oleh pemerintah.

Perlu diketahui, meski pun saat ini pemerintah telah menjalankan program bela negara secara resmi, program ini tidak bersifat wajib seperti apa yang dijalankan oleh beberapa negara tetangga. Namun, program ini bebas dan boleh diikuti oleh siapa saja yang memenuhi persyaratan.

Satu hal yang pasti, meskipun tidak mengikuti atau pun tidak aktif berperan dalam program bela negara yang dijalankan oleh pemerintah, setiap lapisan masyarakat pada dasar nya tetap dapat melakukan aksi bela negara dengan jalan mentaati setiap hukum, peraturan, dan juga perundang – undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia sembari terus berusaha untuk meningkatkan kualitas diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Itulah sedikit tulisan mengenai program bela negara yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #hukum #Indonesia #kewarganegaraan #pemerintah #pendidikan #tata negara #undang undang

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian dasar negara pada dasar nya sangat

Comments are closed.

Must read×

Top