Makna Pengertian Pancasila dalam Kehidupan

Mendengar kata Pancasila pasti sudah tidak asing lagi di sebagian besar telinga rakyat Indonesia. Namun, ternyata masih saja ada kaum pemuda yang tidak hafal lima sila dalam Pancasila. Pancasila terdiri dari 2 kata, yaitu panca yang berarti lima, dan sila berarti sebagai sendi, dasar atau prinsip. Jadi, pengertian Pancasila secara sederhana merupakan dasar atau prinsip yang berisi tentang lima hal. Pancasila adalah nama dasar negara Republik Indonesia, pada intinya merupakan dasar falsafah negara Indonesia atau sebagai ideologi negara. Pancasila digunakan pula sebagai dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara.

Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat dalam buku atau kitab Nagarakertagama karangan Mpu Prapanca dan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Istilah Pancasila ini berarti berbatu sendi yang kelima, serta mempunyai makna pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila Krama).

city-986158_1280

Pengertian Pancasila secara etimologis

Panca artinya lima dan Syila artinya alas atau dasar. Gabungan kedua kata tersebut menjadi dasar penggunaan kata Pancasila yang berarti lima dasar yang harus ditaati dan dilaksanakan. Di dalam agama Budha terdapat pula istilah Pancasila dengan menggunakan kata Pancha Sila yang menunjukkan arti lima larangan atau pantangan tidak boleh melakukan kekerasan, tidak boleh mencuri, tidak boleh berjiwa dengki, tidak boleh berbohong, tidak boleh mabuk.

Pengertian Pancasila secara terminologis

Makna terminologis dari Pancasila telah disampaikanatau digunakan Ir. Soekarno dalam pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila merupakan dasar negara Indonesi sebagai identitas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara manapun.

building-598975_1280

Pengertian Pancasila secara historis

Pancasila sebagai dasar negara diawali perumusannya pada saat sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang pertama. Sidang BPUPKI kala itu dipimpin oleh Radjiman Widyodiningrat, dengan sarannya agar ada seseorang yang dapat memberikan rumusan dasar negara Indonesia. Selanjutnya terdapat tiga tokoh penggagas dasar negara yang akan dirumuskan, yaitu Soekarno, Soepomo dan Mohammad Yamin. Kemudian Soekarno berpidato dan memberikan nama Pancasila tentang rumusan dasar negara tersebut. Saat tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamsikan kemerdekaannnya, dilanjutkan dengan pengesahan UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan termasuk didalamnya  terdapat Pembukaan UUD 1945 yang alineanya juga berisi lima rumusan prinsip sebagai dasar negara, tepatnya berada di alinea keempat.

Fungsi dan peranan Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara yang bersifat pertama dan utama. Pancasila dijadikan dasar dalam berdirinya negara Indonesia dan sebagai dasar dalam mengatur jalannya pemerintahan dan  penyelenggaraan negara. Pengertian Pancasila sebagai dasar negara ini termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Selanjutnya, Pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pandangan hidupa bangsa Indonesia, seperti yang tertulis dalam TAP MPR No. II/MPR/1979, yang menyatakan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, pandangan hidup serta dasar negara Indonesia. Pandangan hidup bangsa merupakan arah dan tujuan yang ingin dicapai mengenai cita-cita kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa menggunakan dan menerapkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai asa pemersatu bangsa tanpa mematikan keanekaragaman yang ada di dalam bangsa Indonesia. Dengan suatu pandangan hidup yang jelas maka banga Indonesia akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana mengenal dan memecahkan berbagai masalah politik, sosial budaya, ekonomi, hukum, dan persoalan lainnya dalam gerak masyarakat yang semakin maju. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan suatu kristalisasi dari nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Indonesia, maka pandangan hidup tersebut dijunjung tinggi oleh warganya karena pandangan hidup Pancasila berakar pada budaya dan pandangan hidup masyarakat. Mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa (falsafah hidup bangsa) berarti melaksanakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menggunaka Pancasila sebagai petunjuk hidup sehari-hari.

Pancasila berperan sebagai ideologi negara, merupakan kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik secara individu maupun sosial kenegaraan. Pancasila sebagai ideologi negara mempunyai nilai-nilai yang menjadi dasar serta pedoman negara dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan pegangan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam menjalani berbagai keadaan negara Indonesia, agar tidak mudah terombang ambing oleh kondisi jaman yang senantiasa bergerak.

Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, menunjukkan bahwa Pancasila berasal dari kebudayaan bangsa Indonesia yang memberikan corak khas dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia yang berbeda dengan bangsa lainnya di dunia.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, memiliki makna bahwa sikap, tingkah laku dan perbuatan bangsa Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri berupa jiwa Pancasila.

Pancasila berperan juga sebagai cita-cita dan tujuan nasional, berarti bahwa cita-cita luhur bangsa Indonesia merupakan perjuangan jiwa proklamasi yaitu jiwa Pancasila. Hal ini tercantum dalam alinea kedua dan keempat Pembukaaan UUD 1945.

Pancasila berperan sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, yang dibuktikan dengan disahkannya UUD 1945 lengkap dengan bagia pembukaananya yang bersi tentang rumusan Pancasila di dalamnya. Pancasila yang terdapat dalam bagia UUD 1945 ini merupakan perjanjian luhur yang telah disetujui oleh seluruh wakil rakyat waktu itu, dan telah mampu dibuktikan kebenarannya dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Makna dan nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Menunjukkan bahwa Tuhan adalah sebab pertama dari segala sesuatu, Yang Maha Esa, dan segala sesuatu bergantung kepada-Nya, maka manusia Indonesia akan mengembangkan toleransi antarumat beragama, toleransi sesama umat beragama, dan toleransi antarumat beragama dengan negaranya. Tidak akan memaksakan agama kepada pemeluk agama lain. Bangsa Indonesia bukan bangsa yang sekuler atau memisahkan agama dan negara. Indonesia juga bukan negara agama yang mendasarkan kepada agama tertentu.

party-377179_1280

Sila kemanusiaan yang adil dan beradab

Menunjukkan bahwa manusia memiliki hakikat pribadi yang  mono-pluralis terdiri atas susunan kodrat jiwa raga, serta berkedudukan sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Nilai luhur kemanusiaan akan menumbuhkan sikap tepasalira, menghormati hak asasi manusia, anti penjajahan, mengutamakan kebenaran dan keadilan, mencintai sesama manusia, tenggang rasa, dan sebagainya. Negara memberi kebebasan untuk menentukan jumlah anak, akan tetapi program keluarga berencana merupakan program pemerintah agar warga negara lebih bertanggung jawab pada generasi mendatang. Warga negara berhak menentukan jenis pekerjaan dengan imbalan yang layak menurut kemampuannya masing-masing.

Sila persatuan indonesia

Sila ini merupakan pengakuan terhadap hakikat satu tanah air, satu bangsa dan satu negara Indonesia, tidak dapat dibagi sehingga seluruhnya merupakan suatu keseluruhan dan keutuhan. Nilai luhur persatuan terkandung di dalamnya cinta tanah air, tidak membeda-bedakan sesama warga negara Indonesia, cinta perdamaian dan persatuan, tidak mengagung-agungkan bangsa sendiri, suku dan daerah tertentu.

Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan

Nilai sila keempat ini menjunjung dan mengakui adanya rakyat yang meliputi keseluruhan jumlah semua orang warga dalam lingkungan daerah atau negara tertentu yang segala sesuatunya berasal dari rakyat dilaksanakan oleh rakyat dan diperuntukkan untuk rakyat. Nilai luhur kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, antara lain terkandung makna cinta permusyawaratan, cinta demokrasi, tidak memaksakan kehedak kepada orang lain, menghindari kekerasan dalam menyelesaikan masalah, tidak mementingkan diri sendiri, cinta kebersamaan, dan sebagainya.

bauer-573155_1280

Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila terakhir Pancasila ini mengakui hakikat adil berupa pemenuhan segala sesuatu yang berhubungan dengan hak dalam hubungan hidup kemanusiaan. Nilai luhur yang terkandung didalamnya adalah mencintai keadilan sosial, cinta kekeluargaan, suka bekerja keras, menghormati kedaulatan bangsa lain, dan menganggap bangsa lain sederajat.

Pencarian Terkait:

Tags: #burung garuda #dasar negara #Indonesia

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top