Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern

Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak pernah Anda fikirkan selama ini. Tak bisa dipungkiri bahwa istilah informasi memang sangat dekat sekali dalam kehidupan kita sehari-hari. Informasi menjadi hal yang tak pernah dipisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Namun sebenarnya sejak zaman dulu kala, informasi pun telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dan juga bermasyarakat.

Namun ternyata tak banyak orang yang memahami tentang pengertian informasi ini. Padahal istilah ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan di zaman modern seperti ini, akses informasi sangat mudah untuk diakses oleh orang-orang hanya berbekal dari telpon seluler yang mereka miliki. Namun sejak zaman dahulu kala, informasi tentu mengalami perubahan dan juga evolusi. Bahkan kini saat zaman semakin canggih dan pertukaran informasi makin mudah untuk dilakukan, ada kerugian dan kelebihan yang bisa dialami oleh manusia dari sistem informasi ini.

ball-63527_640

Mengenal makna kata informasi

Sebelum kita membahasa mengenai pengertian informasi, berikut ini kita akan mengetahui dulu makna kata informasi sendiri. Menurut kamus Merriam Webster, pengertian sederhana dari informasi adalah pengetahuan yang Anda dapatkan tentang seseorang atau sesuatu: fakta dan detail tentang orang tersebut atau sesuatu yang ingin Anda ketahui. Ini bisa berarti interaksi antara individu atau individu dengan suatu objek tertentu yang mengundang rasa keingin tahuanya.
Sedangkan makna informasi yang kedua menurut kamus ini adalah suatu layanan telepon yang bisa digunakan oleh orang, untuk menemukan sebuah nomor telpon individu atau grup yang lainya yang lebih spesifik dan juga tertentu. Dalam makna ini, informasi erat kaitanya dengan telpon sebagai alat komunikasi yang digunakan di masa lalu ataupun masa sekarang ini.

digital-388075_640

Memahami pengertian informasi

Sebenarnya, pengertian infomrasi itu banyak dan bergama maknanya. Salah satunya yang mungkin disetujui oleh banyak pihak adalah pengertian infomasi yang bermakna sesuatu yang memberikan penjelasan atau jawaban atas suatu pertanyaan. Hal ini juga yang dari mana data dan pengetahuan tersebut dapat diturunkan, karena data mewakili nilai-nilai yang dikaitkan dengan parameter, dan pengetahuan menandakan pemahaman hal nyata atau konsep-konsep abstrak.

Informasi sendiri dalam pengertian yang paling mendasar bisa bermakna sebagai setiap penyebaran sebab dan akibat dalam suatu sistem. Informasi disampaikan baik bermakna sebagai isi pesan atau melalui pengamatan langsung ataupun secara tidak langsung dari beberapa hal. Hal ini juga berarti bahwa apa yang dirasakan dapat ditafsirkan sebagai pesan dalam diri suatu individu sendiri, dan dalam arti bahwa informasi hampir selalu disampaikan sebagai isi pesan.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, informasi adalah hal yang sangat berharga dan juga bisa berkaibat fatal jika disebarkan oleh orang tak bertanggung jawab. Karena itulah berkembang sistem informasi rahasia yang berisi kode-kode tertentu, yang hanya bisa dipecahkan oleh orang yang memahami maksud dari kode ini. Maknanya, informasi sebagai penyampai pesan tak selalu harus jelas dan mudah dipahami. Bisa juga berupa suatu pesan rahasia yang hanya dimengerti dan dipahami oleh pihak tertentu saja.

Untung rugi penyebaran informasi di zaman modern ini

Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini sistem informasi berkembang semakin pesat dan juga seolah tak terbendung lagi. Mengingat pengertian informasi tersebut diatas, kita tahu bahwa pertukaran informasi memang semakin mudah dan juga gampang. Dengan internet yang hampir memasuki seluruh lapisan masyarakat, bukan tak mungkin memperoleh informasi semudah anda menyalakan televisi saat ini. Mulai dari bangun tidur hingga Anda tidur lagi, maka informasi bisa dengan mudah kita akses melalui layanan telpon pintar yang ada.
Namun ternyata penyebaran informasi di zaman modern ini punya kekurangan dan juga kelebihanya. Nah kita akan bahas lebih dahulu kelebihan dari pertukaran informasi di zaman modern ini.

sign-1335553_640

Keuntungan:

Mempermudah komunikasi. Sistem informasi modern yang semakin mudah dewasa ini ternyata mendukung kita dalam berkomunikasi. Dengan banyaknya sosial media yang berbasis pada sistem informasi modern ini, maka Anda akan mudah terhubung untuk berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai belahan dunia ini.

Menghilangkan kesenjangan budaya dan mempersiapkan kita menghadapai era globalisasi. Seperti yang disebutkan dalam pengertian informasi tersebut diatas, maka di zaman modern ini dengan mudah kita akan menghilangkan kesenjangan budaya dan membuat kita lebih siap berbaur dalam era globalisasi saat ini.

Mempermudah kita untuk mencari pekerjaan atau menghasilkan uang. Informasi yang diakses dengan mudah dan semakin tak terbatas ini, membuat kita dengan mudah menghasilkan uang dan memperoleh pekerjaan. Jika dulu kita harus mendatangi kantor satu persatu untuk mencari pekerjaan, maka dengan mengetikan kata kunci yang tepat sederet lowongan kerja yang kita butuhkan akan tersedia disana.

Lebih hemat dan efektif. Dengan informasi yang mudah diakses, maka efektivitas jadi hal yang kita dapatkan. Selain itu lebih hemat karena tak harus pergi jauh untuk mendapatkan infromasi menganai suatu hal yang ingin kita ketahui.

ipad-820272_640

Kerugian:

Nyaris tak punya privasi. Berkembangnya sistem informasi yang semakin canggih belakangan ini membuat manusia nyaris tak punya privasi atas hidup mereka sendiri. Beragamnya sosial media membuat manusia seolah bebas menuangkan uneg-uneg dan memperlihatkan aktivitas mereka. Dan tentu saja dengan mudahnya orang lain dari seluruh penjuru dunia, akan mengetahui aktivitas dan juga kehidupan Anda sehari-hari melalui sosial media ini.

Informasi rahasia dengan isu sensitif mudah tersebar. Dengan semakin beerkembangnya sistem informasi di zaman modern ini, hal-hal rahasia yang sensitif dan acap memicu konflik bisa dengan mudah tersebar. Tentu saja banyak oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk mengakses data penting pemerintah, kemudian menyebarkanya sehingga menyulut pertikaian dan konflik horizontal antar negara.

Dominasi suatu kelompok masyarakat tertentu saja. Negara dengan kemajuan teknologi informasi yang canggih, akan dengan mudah memonopoli pemberitaan dan isu sosial yang ada. Sebagai contoh, Amerika sebagai negara adidaya kini seolah menjadi kiblat dari berbagai budaya, dan juga gaya hidup banyak orang dari seluruh dunia. Hal ini berkaibat dari mudahnya menagkses informasi mengenai negara tersebut termasuk gaya hidup dan budaya masyarakat disana.

Kejahatan mungkin saja meningkat. Kini bukan hal yang sulit bagi Anda untuk mengetahui tutorial merakit bom, membuat senjata sendiri atau hal lain sebagainya menggunakan internet. Tak hanya itu berkembangnya sistem informasi yang kurang terkontrol juga sangat berpengaruh pada moral para penggunanya. Mereka yang tidak bisa dengan bijak memanfatakan teknologi, akan menjadi pelaku kejahatan atas kemudahan akses informasi yang didapatkan kini. Tentu Anda masih ingat bukan kasus pemerkosaan bocah SMP di Bengkulu, akibat para pelakunya menonton video porno? Di sisi lain perkembangan teknologi informasi bisa sangat menguntungkan. Namun jika ditangan orang tak bertanggung jawab, maka efek buruknya bisa sangat mengerikan pula.

Pencarian Terkait:

Tags: #arti #berita #pengetahuan #teknologi

Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan
Macam Macam Demokrasi
Macam Macam Demokrasi
Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang

Comments are closed.

Must read×

Top