Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia

 Kata globalisasi akhir akhir ini menjadi sangat populer di berbagai kalangan masyarakat. Pekerja buruh hingga anak SD pun sangat familiar dengan kata ini. Globalisasi makin populer karena sering dibahas di media massa maupun media cetak. Mengapa? karena memang dampak Globalisasi di berbagai belahan dunia sangat menarik untuk dibahas.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tuntas tentang apa saja yang berkaitan dengan globalisasi. Mulai dari arti globalisasi, faktor pendorong, contoh dan berbagai dampak dalam berbagai bidang.

Yuk, mari kita lanjut ke pembahasan pertama yaitu pengertian Globalisasi.

hands-600497_1920

Pengertian Globalisasi

Tidak perlu susah untuk mencerna apa itu globalisasi, Globalisasi merupakan serapan dari istilah bahasa inggris yaitu Globalization. Dari kata global yang berarti mendunia, globalisasi dapat diartikan sebagai “menduniakan”. Masih bingung?

Yuk, kita lanjut ke pengertian luas dari globalisasi. Diambil dari kamus bisnis businessdictionary.com, Globalisasi artinya pergerakan menuju ekonomi, komunikasi, dan perdagangan dunia. Intinya adalah, Globalisasi ini membuat suatu negara membuka peluang besar untuk dunia internasional, penerapanya bisa diberbagai bidang, misalnya ekonomi, komunikasi, perdagangan, pelayanan dan lain sebagainya.

Masih bingung? mari kita ambil satu referensi lagi yaitu dari wikipedia indonesia. Menurut wikipedia, Globalisasi adalah proses penyatuan dunia internasional yang terjadi karena proses pertukaran berbagai aspek kehidupan manusia seperti pemikiran, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.

Dari ketiga pengertian tersebut dapat kita simpulkan. Globalisasi adalah proses penyatuan dunia internasional yang terjadi karena adanya pertukaran berbagai aspek yang akan berdampak dalam berbagai bidang kehidupan manusia seperti ekonomi, budaya dan bahasa. Globalisasi akan sangat berdampak pada suatu negara yang mengalaminya. Dampak tersebut bisa saja negatif maupun positif(topik ini akan dibahas di bab khusus dibawah).

Faktor Pendorong Globalisasi

Globalisasi tidak serta merta muncul begitu saja, ada sesatu yang mendasarinya. Berikut ini adalah faktor faktor pendorong globalisasi.

robot-507811_1920

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Salah satu hal yang berkembang begitu cepat mengikuti peradaban manusia adalah ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbagai macam masalah yang muncul dalam kehidupan manusia membuat ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang untuk mencari solusi permasalahan tersebut. Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ujung tombak manusia untuk meraih hidup yang lebih baik.

Semakin berkembangnya IPTEK, berbagai masalah yang dulunya menghambat kini sudah teratasi. Salah satunya adalah komunikasi, dahulu jarak membuat komunikasi menjadi terhambat. Kini, hanya hitungan sepersekian detik, manusia dari berbagai belahan dunia dapat saling berkomunikasi. Faktor kemudahan komunikasi inilah yang menjadi faktor penting dalam munculnya globalisasi.

hawker-539490_1280

Transportasi

Pada dasarnya faktor yang satu didorong karena berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun karena pengaruhnya yang besar maka faktor transportasi dibuat dalam pembahasan tersendiri.

Transportasi menjadi jembatan penghubung kedua setelah komunikasi, tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan hanya komunikasi jarak jauh. Ada kalanya kita butuh untuk saling bertatap muka di dunia nyata.

Kemajuan di bidang ini memiliki pengaruh besar terhadap munculnya era globalisasi, transportasi yang semakin beragam, cepat, mudah dan murah membuat pertukaran informasi, budaya dan bahasa menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

european-union-1328255_1280

Kerjasama Bilateral / Multilateral

Faktor selanjutnya adalah kerjasama antar 2 negara atau lebih. Dahulu, berbagai negara saling berperang untuk memperebutkan wilayah tertentu. Sekarang ini, negara negara di dunia tidak akan bisa hidup sendiri. Negara satu dengan yang lainnya akan saling membutuhkan. Hal ini mau tidak mau membuat segala kedua negara/lebih saling bertukar informasi yang memicu adanya globalisasi.

hands-462298_1920

Perdagangan Bebas dan Ekonomi Global

Faktor ini masih berhubungan dengan kerjasama antar negara. Dalam perdagangan bebas, negara negara membuat sebuah aturan yang membuat perdagangan antara kedua negara tersebut menjadi lebih mudah dan saling menguntungkan. Interaksi negara negara dalam pasar bebas tersebut akhirnya akan menimbulkan era globalisasi.

Ekonomi global disini disebabkan karena tidak semua negara memiliki sumber daya yang dibutuhkan, beberapa negara butuh minyak, negara lain hasil minyak melimpah, disinilah muncul kerjasama ekonomi secara global. Selain itu Beberapa negara membutuhkan dana lebih untuk pembangunan negaranya, maka salah satu cara yang ditempuh adalah dengan meminjam uang ke bank bank internasional. Sehingga satu negara dengan lainya saling memiliki ketergantungan, jebloknya ekonomi negara A bisa menyebabkan negara B juga mengalami krisis ekonomi. Saling ketergantungan tersebut akhirnya menciptakan era globalisasi.

buffer-1143485_1920

Imigrasi

Imigrasi atau berpindahnya seseorang dari suatu negara ke negara lain juga menjadi faktor penting pendorong adanya globalisasi. Dengan berbagai tujuan untuk tinggal di suatu negara, pertukaran budaya dan bahasa menjadi hal yang pasti terjadi.

Kemudahan mendapatkan visa di sebuah negara akan mempercepat negara tersebut dilanda globalisasi, misalnya para warga Amerika yang tinggal dan bekerja dibali, secara tidak langsung dia juga harus belajar bahasa Indonesia sekaligus budaya bali. Salain itu warga bali juga otomatis tertular budaya dan bahasa Amerika, sehingga pertukaran kultur pun terjadi, kultur yang buruk maupun yang baik

Contoh Globalisasi

Masuk ke pembahasan tentang contoh globalisasi. Kita ambil satu contoh saja yaitu Internet. Siapa yang tidak tahu internet? hampir separuh warga dunia (40%+-) adalah pengguna internet. Bahkan di islandia 94% penduduknya telah menggunakan internet.

Internet muncul pertama kali untuk keperluan militer Amerika, karena potensi manfaatnya yang besar, akhirnya teknologi internet digunakan hampir di seluruh dunia. Mau tidak mau untuk menjadi masyarakat modern, anda harus mahir menggunakan internet. Masyarakat modern saat ini hampir tidak bisa lepas dari internet, baik untuk untuk bekerja, komunikasi atau untuk hiburan. Internet sebenarnya bagaikan pisau bermata dua, baik buruknya tergantung yang menggunakan, begitu pun sama seperti Globalisasi, baik buruknya tergantung peran manusia itu sendiri.

rupees-587271_1920

Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

Globalisasi berdampak pada banyak hal, yang pertama akan kita bahas adalah bidang ekonomi. Dalam ilmu ekonomi, semakin besar pasar yang ada, semakin besar pula keuntungan yang bisa didapat.

Globalisasi membuat pasar yang sebatas hanya dalam satu wilayah negara, bisa menjadi seluruh dunia. Dampaknya bisa beragam, bisa ekonomi negara tersebut semakin maju atau kalah bersaing hinga akhirnya merosot. Sekali lagi dampak baik buruknya tergantung bagaiman negara tersebut menyikapi era globalisasi.

macam macam demokrasi

Dampak globalisasi di Bidang Politik

Salah satu aspek utama dalam kehidupan bernegara adalah bidang politik. Politik bisa menjadi alat dalam menentukan kebijakan. Politik luar negri yang tepat dalam menanggapi era globalisasi akan sangat menguntungkan bagi sebuah negara. Misalnya ketika 2 negara memiliki hubungan politik yang baik maka aspek aspek lain misalnya dalam kerjasama ekonomi akan menjadi lebih mudah.

Namun jika kedua negara memiliki hubungan politik yang buruk, jangan harap kerjasama ekonomi menjadi mudah, bisa jadi malah kedua negara saling meng embargo.

Contoh lain bisa kita ambil dari kebijakan politik Indonesia yang bebas namun aktif, hal ini diwujudkan dengan Indonesia yang tidak akan memihak pihak manapun yang sedang bertikai, namun akan selalu aktif dalam menjaga perdamaian dunia.

glasses-272399_1920

Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan

Mungkin dampak di bidang pendidikan adalah yang paling banyak positifnya. Saling mengglobalnya pendidikan akan membuat tingkat pendidikan di seluruh dunia menjadi rata. Pelajar dari berbagai negara akan saling bertukar ilmu untuk membuat solusi dari berbagai masalah yang ada di dunia.

Negara berkembang mengirim siswanya untuk belajar ilmu pengetahuan modern ke negara maju, sedangkan negara maju mengirim siswanya untuk mempelajari budaya budaya negara berkembang yang cenderung masih dipelihara dengan baik.

Dampak Globalisasi Bagi Indonesia

Nah, akhirnya kita masuk pembahasan terakhir nih, bab terakhir ini mungkin memang yang paling sering jadi pembahasan di berbagai media massa maupun media cetak. Juga sering dijadikan pembicaraan di kalangan akademisi ataupun menjadi topik untuk skripsi atau tugas akhir.

Lalu apa saja dampak globalisasi bagi Indonesia? tentunya ada baik dan buruknya, mari kita bahas satu persatu.

Dampak Positif Terjadinya Globalisasi di Indonesia

Kita bahas dampak baiknya terlebih dahulu. Secara garis besar dampak baik globalisasi bagi indonesia dapat dibagi menjadi daftar daftar berikut.

indonesia-1203250_1280

Ekonomi semakin membaik

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang melimpah, beberapa sumber daya alam tersebut diekspor ke negara lain. Perbandingan ekpor impor Indonesia terhitung seimbang, sehingga kita bisa menjadi negara pasar sekaligus produsen. Hal ini semakin menarik minat investor asing untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia. Jika kita dapat memanfaatkan hal ini dengan baik, bisa jadi Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi nomor 1 di dunia.

background-20126_1920

Taraf Hidup Meningkat

Ketika ekonomi membaik, maka hal hal lain juga ikut terdongkrak, salah satunya adalah taraf hidup masyarakat. Ketika globalisasi dimanfaatkan dengan baik, seseorang bisa mencari nafkah dengan cara yang lebih beragam. Jika dahulu hanya bekerja di negara sendiri, dengan adanya era globalisasi, orang Indonesia yang memiliki kapabilitas bisa bekerja di negara lain.

Orang yang memiliki keahlian bahasa yang baik dan juga keterampilan tertentu yang dibutuhkan di negara lain dapat bekerja di negara tersebut dengan taraf hidup yang lebih baik, secara tidak langsung ia juga meningkatkan taraf hidup keluarga serta kerabat kerabatnya.

amsterdam-916561_1920

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Semakin Maju

Kalo di lihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dunia, mau tidak mau kita harus mengakui bahwa Indonesia masih kalah jauh dengan negara negara adidaya seperti Jepang, China dan Amerika. Namun dengan adanya globalisasi ini, kesempatan untuk mengejar ketertinggalan teknologi semakin terbuka lebar.

Pada era globalisasi ini, kemampuan bahasa yang semakin baik, beasiswa luar negri semakin bertebaran, dan informasi semakin mudah diakses menjadi faktor kunci untuk kemajuan IPTEK indonesia. Kita ambil contoh seorang Ricky Elson yang mampu membuat mobil listrik sendiri buatan anak bangsa, Salah satu pencetus teknologi 4G juga orang Indonesia, kalau mau ditarik lebih jauh lagi kita mengambil contoh dari karya karya luar biasa milik BJ Habibie.

Dampak Negatif Terjadinya Globalisasi di Indonesia

Globalisasi ternyata juga berdampak buruk bagi indonesia, berikut ini dampak buruk globalisasi yang ditinjau dari berbagai faktor.

children-of-war-1172016_1920

Yang Kaya Semakin Kaya yang Miskin Semakin Miskin

Indonesia terkenal memiliki salah satu budaya yaitu gotong royong, ketika ada tetangga kita yang kesusahan, kita wajib membantu semampunya. Namun dalam era globalisasi ini, budaya barat juga ikut terserap, sayangnya budaya burukpun ikut merasuk ke masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah sikap indvidualistis, orang barat memiliki budaya yang acuh tak acuh, selama anda tidak mengganggu saya maka saya juga tidak akan mengganggu anda. Budaya ini juga diikutin pola konsumsi yang berlebihan, misalnya membeli barang yang tidak memiliki daya guna tinggi dan hanya digunakan sebagai lambang kesuksesan.

Sehingga, rakyat Indonesia yang dulunya saling menolong dan tidak suka pamer bergeser menjadi indvidualistis dan menjadi hedonis. Dahulu makan yang penting kenyang dan bergizi, sekarang kalau makan tidak di restoran mewah kurang afdol rasanya. Dahulu, tas digunakan sebagai tempat menaruh barang, sekarang tas menjadi bahan pamer kekayaan.

Jika mengikuti kepuasaan, manusia tidak akan puas. Ketika satu barang terbeli, maka barang barang lain yang belum dimiliki terasa lebih menarik. Padahal, tidak ada yang bisa menandingi kenikmatan ketika kita bisa membantu saudara kita yang sedang kesusahan.

shoes-933189_1920

Anti Produk dalam Negri

Era globalisasi ini membuat barang barang dari luar negri mudah sekali masuk ke Indonesia. Sayangnya, banyak masyarakat kita yang terbuai iklan produk luar negri. Masyarakat Indonesia menganggap bahwa produk luar negri adalah yang terbaik, padahal kalau kita telusuri lagi, produk produk tersebut ternyata dibuat di Indonesia namun ditempeli merk luar negri.

Memang kita tidak bisa menyanggah bahwa produk produk luar negri tersebut memang berkualitas tinggi, namun kita tidak boleh menutup mata bahwa ada produk dalam negri yang memiliki kualitas lebih baik dari produk impor.

Sedihnya, kadang produk dalam negri lebih terkenal diluar negri daripada di negeri sendiri. Memang era globalisasi membuat persaingan pasar menjadi seimbang. Tapi apa salahnya jika kita lebih cinta produk dalam negri ketimbang produk luar negri?

city-869064_1920

Budaya Barat = Budaya Modern

Kebarat baratan merupakan istilah bagi orang, atau sekelompok orang Indonesia yang menyanjung tinggi budaya barat. Kebebasan di dunia barat seolah menjadi hal yang dianggap modern dan patutu dicontoh.

Ketika pergaulan bebas ala barat di Indonesia mulai tumbuh subur, anak anak tanpa ayah seolah sudah menjamur. Hubungan diluar nikah menjadi hal yang biasa, minuman keras dan obat terlarang menjadi barang yang wajib bagi anak muda. Mau dibawa kemana Indonesia di masa depan?

Boleh kita mencontoh budaya orang barat, seperti kedisiplinan, ketaatan dan lain sebagainya. Namun tentunya budaya buruk harus dijauhi, kalau disana itu biasa jangan sampai disini juga menjadi biasa. Disana boleh dilakukan belum tentu cocok untuk diterapkan. Perang orang tua dan dunia pendidikan menjadi hal yang penting dalam filterisasi budaya barat di era globalisasi ini.

Pencarian Terkait:

Tags: #globalisasi #westernisasi

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top