Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui

Pengertian dasar negara pada dasar nya sangat sederhana. Setiap hal yang menjadi landasan dan pandangan dalam mengambil sikap dan menentukan kebijakan yang terkait dengan urusan – urusan negara dapat di artikan sebagai dasar negara.

globe-32299_1280

Beberapa Dasar Negara yang Dianut Oleh Negara – Negara di Dunia

Dasar negara pasti akan berbeda – beda antara satu negara dengan negara yang lain nya. Hal ini pada dasar nya sangat wajar mengingat setiap bangsa yang ada di seluruh dunia ini pasti memiliki tujuan dan juga prinsip hidup yang berbeda – beda antara satu dengan yang lain nya.

Meski pun begitu, beberapa negara tertentu biasa nya menganut dasar negara yang nyaris sama dengan dasar negara yang dianut oleh negara lain nya. Biasa nya negara – negara seperti ini dibangun / didirikan dengan bantuan atau pun dengan peran serta negara lain yang pada akhir nya turut mempengaruhi negara tersebut.

Atau dalam kondisi tertentu, mungkin saja para pendiri yang berperan aktif dalam membentuk dasar negara tersebut telah berhasil melihat keunggulan dan kematangan ideologi atau pun dasar negara tertentu, sehingga mereka secara gamblang ingin mencontoh dan turut mengaplikasikan nya di negara yang sedang mereka bangun / sedang mereka dirikan.

Dalam kasus lain nya, dasar negara terkadang juga dipengaruhi oleh peninggalan – peninggalan masa penjajahan, yang dalam hal ini negara yang hendak melepaskan diri dari aktivitas penjajahan biasa nya akan menjadi anti atau sebaliknya malah pro dengan sistem ideologi dan dasar negara penjajah yang telah menjajah bangsa mereka.

Dalam praktik nya sendiri, sampai saat ini ada dua macam ideologi dan dasar negara yang cukup populer dan banyak diterapkan di berbagai macam negara, baik itu negara maju, negara berkembang, hingga negara miskin.

silver-coin-1404264_1280

Dua macam ideologi dan dasar negara tersebut adalah ideologi liberalisme dan ideologi komunisme. Ideologi liberalisme saat ini banyak diaplikasikan oleh negara – negara barat yang notabene merupakan tempat ditemukan nya ideologi ini, sedangkan ideologi komunisme saat ini masih di terapkan di beberapa negara yang menganut sistem otoriter seperti Rusia, Republik Rakyat Cina, dan juga Korea Utara.

Di beberapa negara lain nya, ada juga yang menerapkan sistem ideologi campuran dimana mereka menggabungkan dasar – dasar negara lain yang mereka anggap bagus dan sesuai dengan filsafat hidup bangsa mereka dan menggunakan nya pada negara mereka.

bridge-507256_1280

Dasar Negara Republik Indonesia

Indonesia sampai saat ini masih menganut dasar negara campuran yaitu dasar negara Pancasila. Dalam hal ini, setiap hal yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, semua nya harus dijalankan dengan berlandaskan lima asas yang terdapat dalam Pancasila tersebut.

Konon, dalam perjalan nya sebagai landasan dan dasar negara, Pancasila sempat mengalami perombakan. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dilakukan dengan tujuan untuk memperkokoh dan mempersatu keragaman suku, ras, dan agama yang ada di Negara Indonesia.

Dalam praktik nya, ideologi pancasila sering kali disebut sebagai ideologi terbuka yang dalam hal ini terbuka dan mau menerima perkembangan zaman atau pun perkembangan dari berbagai macam negara lain nya, selama masih sesuai dengan sila – sila yang ada di dalam nya.

Dalam konsep nya sendiri, ideologi pancasila memiliki berbagai macam nilai, yaitu nilai praktis, nilai dasar, dan juga nilai instrumental. Seperti yang telah disebutkan di atas, pancasila yang notabene merupakan dasar negara Republik Indonesia dibentuk dengan mempertimbangkan nilai budaya, nilai religi, dan juga nilai adat istiadat yang berlaku di seluruh penjuru wilayah kekuasaan Indonesia.

Sayang nya, meski pun nilai – nilai yang terkandung di dalam pancasila merupakan nilai – nilai yang sangat luhur, sampai saat ini nyaris setiap poin dalam sila – sila tersebut masih belum bisa terlaksana dan terimplementasi dengan baik. Padahal, jika semua poin tersebut diaplikasikan dengan baik, negara ini akan berhasil menjadi negara yang adil, aman, makmur, dan juga sejahtera.

business-idea-647205_1280

Fungsi Dasar Negara

  1. Sebagai landasan dan dasar berdiri nya kedaulatan bangsa. Konsep dan pemikiran mendalam tentang dasar suatu negara normal nya akan muncul ketika sebuah negara akan didirikan atau pun hendak memerdekakan diri. Dalam hal ini, untuk bisa memenuhi syarat terbentuk nya suatu negara, calon pemimpin negara yang akan berdiri / berdaulat wajib memenuhi berbagai macam unsur konstruktif dan juga deklaratif.
  2. Sebagai landasan pemersatu bangsa. Dengan ada nya dasar negara yang kuat, suatu negara yang berpenduduk masyarakat dari bermacam – macam suku dan ras bisa menjadi satu dan padu. Dalam hal ini, dasar negara berguna sebagai perekat keragaman yang ada di masyarakat. Itu lah mengapa, dalam proses penyusunan nya, para penyusun dasar negara wajib mempertimbangkan berbagai macam hal yang terkait dengan keragaman budaya dan latar belakangan penduduk dan masyarakat yang tinggal di negara tersebut.
  3. Sebagai landasan dalam pengambilan sikap dan juga tingkah laku bangsa. Dalam pengambilan keputusan, sikap, pandangan, dan juga kebijakan, normal nya para penguasa / pemimpin suatu negara akan mempertimbangkan dan benar – benar sangat memperhatikan dasar dan filsafat negara mereka.
  4. Sebagai landasan, dasar, serta sumber pembentukan dan pembuatan tata hukum nasional / tata hukum dalam negeri. Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap negara yang berdaulat wajib memiliki peraturan dan tata hukum nya masing – masing. Nah, dalam pembuatan tata hukum dan peraturan perundang – undangan ini, para pelaksana tata hukum negara dan para pengambil kebijakan normal nya akan menjadikan dasar negara sebagai landasan utama pembentukan tata hukum tersebut.
  5. Sebagai landasan dan dasar interaksi serta pergaulan penduduk / masyarakat negara tersebut. Disamping wajib digunakan dalam menjalankan hubungan setiap individu warga negara dengan negara nya, dasar negara normal nya juga akan digunakan oleh warga negara dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Contoh nya, sebuah negara yang dijalankan dengan asas komunisme pasti masyarakat nya juga akan menganut sistem komunisme dalam kehidupan sehari – hari mereka yang dalam hal ini mencakup hubungan antar sesama warga negara.
  6. Sebagai dasar partisipasi masyarakat terhadap eksistensi negara tersebut. Dalam hal ini, masyarakat suatu negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan dan pengembangan negara tempat tinggal nya hingga setiap poin yang terdapat di dalam tujuan bangsa bisa tercapai dan terpenuhi dengan baik.
  7. Sebagai dasar dan landasan setiap aktivitas penyelenggaraan negara. Aktivitas yang dijalankan para penyelenggara negara (dalam hal ini adalah pemerintah yang memimpin negara) sejati nya wajib mengikuti dasar – dasar negara tersebut. Hal ini dikarenakan, mereka pada dasar nya dipilih atau pun ada untuk mewujudkan setiap poin yang ada di dalam tujuan bangsa yang notabene disusun dengan berlandaskan dasar negara.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian dasar negara yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #hukum #Indonesia #kewarganegaraan #pancasila #undang undang

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top