Pengertian dan Macam Macam Norma Beserta Contohnya

Pada kesempatan kali ini, bangkudepan yang selalu update dengan artikel artikel tentang pendidikan akan memasuki bidang baru yaitu bidang sosial. Pada artikel ini khususnya akan membahas tuntas tentang macam macam norma.

Pengertian Norma

Dalam kehidupan sosial, sering sekali kita mendengar istilah norma. Apakah pengertian norma yang sebenarnya?  Mari kita ambil dari berbagai sumber. Pertama, menurut wikipedia indonesia, Norma adalah seluruh kaidah peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya.

Menurut Anthony Giddens seorang ahli sosiologi dari inggris, norma adalah sebuah prinsip aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

Sedangkan menurut AA. Nurdiaman seorang ahli pendidikan sosial dari Indonesia, Norma adalah suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan aturan dalam bergaul di masyarakat.

Itulah beberapa pengertian norma yang bersumber dari beberapa ahli. Secara singkat dapat disimpulkan bahwa norma adalah aturan – aturan yang berisi kaidah kaidah untuk kehidupan bersosial.

Macam Macam Norma

Setelah mengetahui hakikat dari norma, mari kita berlanjut ke topik utama yaitu macam macam norma. Dalah kehidupa bersosial, terdapat beberapa jenis/macam norma yaitu norma susila, norma kesopanan, norma agama dan norma hukum.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasan detail tentang macam – macam norma.

Norma Susila

Norma susila sangat erat hubunganya dengan manusia. Secara singkat, norma susila dapat diartikan sebagai kaidah hidup yang berasala dari hati nurani manusia.

Hati nurani manusia tidak pernah bohong, selalu suci dan jauh dari stigma negatif. Dengan berdasarkan hati nurani, kiat akan berpikir seribu kali untuk melakukan sebuah hal yang buruk.

Norma susila dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk, tak perlu preferensi orang lain, cukup dengan bertanya hati nurani, kita bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.

Ketika manusia tidak mengindahkan kata hati nurani, mereka akan berbuat buruk. Biasanya tindakan buruk yang melanggar norma ini dinamakan dengan tindakan asusila.

macam macam norma

Untuk lebih memahami norma susila, kita bisa mengambil beberapa contoh. Misalnya jangan mencuri barang yang bukan miliknya, jangan membunuh manusia, hormati oranga lain dan lain sebagainya.

Norma Kesopanan

Macam norma selanjutnya adalah norma kesopanan. Berbeda dengan norma asusila, norma kesopanan membutuh persepsi orang lain. Secara singkat norma kesopanan dapat diartikan sebagai kaidah dan aturan hidup yang berasal dari masyarakat sekitar.

Dasar dari norma kesopanan adalah kebiasaan dan kepatutan yang berlaku di dalam sebuah budaya masyarakat. Uniknya, norma ini bentuknya sangat beragam, tidak ada yang baku.

Hampir setiap kebudayaan masyarakat memiliki norma kesopanan tersendiri. Norma kesopanan tersebut hanya berlaku di kebudayaan masyarakat itu. Biasanya hal ini dinamakan adat istiadat.

Terkadang, sesuatu yang dianggap baik di budaya A belum tentu baik di budaya B. Misalnya di sebagian besar masyarakat Indonesia, menjulurkan lidah adalah hal yang tidak sopan, namun ternyata di daerah dataran tinggi Tibet, menjulurkan lidah adalah cara orang orang disana untuk saling menyapa.

macam macam norma

cara menyapa di Tibet

Contoh lain dari norma kesopanan yang umum digunakan adalah yang mudah harus menghormati yang tua, menggunakan pakaian yang rapi ketika datang ke acara besar, tidak meludah sembarangan dan lain sebagainya.

Norma Agama

Norma berikutnya adalah norma agama, berbeda dengan kedua norma sebelumnya. Norma agama berkaitan erat dengan kaidah dan aturan tertentu di dalam sebuah agama.

Dari manapun orangnya, apapun sukunya, apapun rasnya. Norma yang ada dalam sebuah agama adalah sama. Norma ini memiliki rujukan dari kitab – kitab yang berisi perintah perintah tuhan. Misalnya orang islam memiliki rujukan Al-Quran dan Hadist sebagai rujukan utama dalam norma agama.

macam macam norma

Al-Quran panduan norma agama islam

Norma ini menjadi sebuah fundamental yang penting bagi norma norma lain. Norma susila, norma kesopanan dan norma hukum biasanya merujuk dari norma agama. Biasanya ketiga norma tersebut tidak akan bertentangan dengan norma agama.

Kenapa demikian? karena memang norma ini berasal dari Tuhan, sang pencipta alam yang memang paling mengerti tentang ciptaanya yaitu manusia.

Beberapa contoh dari norma agama adalah tidak boleh membunuh orang lain (juga berlaku di norma susila), tidak boleh makan makanan yang haram. Tdak boleh melakukan tindakan yang haram dan lain sebagainya.

Norma Hukum

Macam norma yang terakhir adalah norma hukum. Norma hukum adalah aturan dan kaidah yang dibuat manusia yang bersifat memaksa yang bertujuan untuk melindungi kepentingan masyarakat banyak.

Norma hukum dibuat oleh orang yang berwenang (biasanya penguasa/pemerintah) berdasarkan diskusi yang dimusyawarahkan. Tentunya norma buatan manusia tidaklah sempurna, namun norma hukum akan terus dibuat seadil adilnya untuk kepentingan banyak orang.

Norma hukum biasanya bebentuk aturan pemerintah, undang undang dan hukum pemerintah. Indonesia memiliki norma hukum yang tertinggi yaitu UUD, secara praktiknya dapat berupa KUHP (Kitab Undang Undang Hukum Pidana) yang biasanya digunakan oleh kepolisian.

macam macam norma

KUHP sumber hukum tindakan pidana

Karena bersifat memaksa, maka mau tidak mau masyarakat yang masuk ke lingkungan hukum ini harus mentaatinya, jika tidak maka akan ada hukuman/punishment.

Berikut ini beberapa contoh norma hukum

Tidak pakai helm

Selain bahaya untuk keselamatan, secara hukum, tidak memakai helm terkena Pasal 291(1) dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm juga akan terjaring Pasal 106 ayat (8) dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Tidak punya SIM

Jika kamu tidak memiliki SIM, maka kamu akan dijerat Pasal 281 dan bisa dipidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000. Nah kalo Lupa bawa SIM tapi sebenarnya punya, kamu akan tetap terkena Pasal 288 ayat 2 jo pasal 106 dengan denda lebih ringan yaitu Rp 250.000.

Itulah pembahasan lengkap tentang norma yang secara detail dibahas tentang pengertian dan macam macamnya. Kesimpulanya adalah jangan sampai kita melanggar norma apapun, selain merugikan diri sendiri, melanggar norma juga akan berdampak pada orang lain.

Semoga artikel tentang macam macam norma ini bermanfaat bagi pembaca setia bangkudepan. Silahkan Like atau Share jika sekiranya bermanfaat.

Pencarian Terkait:

Tags: #kesopanan #norma #pkn #sosiologi #susila

Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan

Comments are closed.

Must read×

Top