Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan

Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin istilah yang tak asing lagi bagi kita. Hampir setiap kita mempelajari ilmu siosial kemasyarakatan, pasti kerap menyinggung yang namanya interaksi sosial ini. Namun ternyata pemahaman interaksi sosial dan contoh-contohnya, masih kerap membuat orang bingung dan dan juga rancu. Padahal secara tidak kita sadari kehidupan kita sehari-hari bermsyarakat pasti berhubungan dengan yang namanya interaksi sosial ini.

boy-747795_1280

Hanya saja karena kita kerap mengalaminya, pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial sering kali terlewatkan dari pemahaman kita. Memahami interaksi sosial sendiri cukup berperan penting dalam pergaulan kita sebagai anggota masyarakat. Memahami mengenai interaksi sosial dan juga hal yang berhubungan dengannya, akan membantu kita untuk hidup bermasyarakat dengan lebih baik dan juga menghindari dari konflik sosial yang mungkin saja terjadi.

london-1018629_1280

Pengertian Interaksi Sosial

Memahami tentang interaksi sosial bisa dilakukan oleh siapa saja dengan membaca artikel atau buku yang berkaitan dengan bidang ini. Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan pengertian interaksi sosial itu sendiri? Secara sederhana kita bisa mendefinisikan bahwa interaksi sosial adalah hubungan satu atau dua individu dalam strata kemasyarakatan. Interaksi sosial juga bermakna bagaimana orang tersebut berhubungan dengan orang lain, dan merespon atas tindakan orang lain yang berhubungan dengan dirinya sendiri.

Manusia tak dipungkiri adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Artinya setiap perbuatan atau apa yang dilakukanya pasti berhubungan dengan orang lain yang ada disekitarnya. Inilah yang menjadi salah satu hal penting dalam perkara interaksi sosial ini. Mengutip kata John Donne seorang poenyair asal Inggris, no one is an island. Ini artinya tak ada satu orangpun di dunia ini yang benar-benar hidup sendiri. Seberapapun tertutupnya dia dan juga kehidupanya yang menyendiri, dia pasti butuh orang lain untuk hidup dan juga berinteraksi dengan sekelilingnya.

Apalagi di zaman yang serba canggih seperti saat ini, rasanya tak mungkin soerang individu tidak berinteraksi dengan individu yang lainya. Adanya sosial media dan internet membuat manusia di seluruh dunia ini bisa terhubung dengan mudah dan juga cepat. Jadi mustahil ada orang yang benar-benar hidup menyendiri dan juga tak berinteraksi sama sekali dengan mahluk lain di sekitarnya.

Memahami pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial tak bisa dipisahkan dari yang namanya simbol. Simbol merupakan hal yang sangat penting dalam hubungan interaksi sosial kemasyarakatan. Tanpa adanya simbol, kehidupan manusia saat berinteraksi dengan yang lainya tak ubahnya seperti binatang saja. Sebagai contoh tanpa adanya simbol, manusia akan berbaur begitu saja tanpa mengetahui relasi hubungan antara ayah dan anak, kakak dan adik atau guru dengan muridnya. Singkatnya hubungan sosial yang simbolik menjadi salah satu norma dalam hidup kita dan mengatur bagaimana kita bersikap terhadap orang lain.

urban-438393_1280

Bentuk interaksi sosial

Interaksi sosial bisa dibilang sebagai suatu hal yang rumit. Tak heran jika pengertian, bentuk dan contoh interaksi sosial sering membingungkan banyak orang. Faktanya, kita memang hidup dai tengah-tengah masyarakat yang majemuk dan juga complicated. Satu orang tentu memiliki pendapat yang berbeda dengan orang yang lainya. Namun bagaiman mungkin interaksi sosial itu terjadi jika tiap individu punya pemikiran yang berbeda-beda?

Dari sinilah teori dan bentuk-bentuk interaksi sosial dibicarakan oleh para peneliti. Tanpa adanya interaksi, gesekan sosial yang sangat sensitif dan tak jarang memicu konflik mungkin saja bisa terjadi. Selain itu, interaksi sosial bukan selalu bermakna Anda harus bertemu, bertatap muka dan berbicara dengan individu atau orang lain di sekitar Anda. Ini karena terdapat setidaknya 5 bentuk interkasi sosial yang dipopulerkan teorinya oleh para sosiolog dan peneliti. Apa sajakah itu?

passengers-1150043_1280

  • Kerja sama atau cooperation. Dalam hidup bermasyarakat yang namanya kerja sama pasti menjadi suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari sistem kehidupan kita sehari-hari. Bahkan dalam lingkungan kecil yakni keluraga, interaksi sosial berupa kerjasama atau cooperation sangat jelas terlihat antara tiap anggota keluarga. Sedangkan interaksi sosial berupa kerja sama ini dengan mudah bisa kita lihat dalam lingkungan kita sehari-hari bukan?
  • Persaingan atau competetion. Interaksi sosial tak selalu berhubungan dengan kesepakatan suatu individu atau lebih. Persaingan pun bisa menjadi salah satu bentuk interaksi sosial yang dengan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Persaingan dalam dinamika interaksi sosial ini bisa dilakukan antara individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Jika tak dimanage dengan baik, maka bukan tak mungkin persaingan dalam interaksi sosial ini bisa memicu konflik antar mereka yang menjalaninya.
  • Pertentangan atau conflict. Konflik atau pertentangan juga menajdi salah satu bentuk interaksi sosial ini. Seperti kompetisi, konflik bisa terjadi antara individu atau kelompok dengan kelompok tertentu. Pertentang juga bisa bermakna perjuangan atau ideologi yang dipercayai sekelompok orang tertentu, dan mereka berusaha untuk mewujudkan hal tersebut.
  • Persesuaian atau exchange. Jika masyarakat ingin hidup tentram dan tenang, maka interaksi sosial berupa pertentangan harus segera dirubah dalam bentuk persesuain atau exchange ini. Pada fase ini, mereka yang terlibat konflik sepakat berdamai, entah secara permanen atau dalam waktu tertentu.
  • Perpaduan atau accomodation. Pada fase ini, mereka yang sudah sepakat untuk melakukan persesuaian akan berusaha untuk mengurangi konflik atau perbedaan yang ada. Perpaduan ini muncul lantaran tiap individu atau kelompok masyarakat bisa menemukan hal yang selaras dan serasi, dalam hubunganya dengan kelompok lainya.

people-1031169_1280

Contoh sederhana interaksi sosial

Sebenarnya hampir setiap saat kita melakukan yang namanya interaksi sosial ini. Beberapa contoh sederhana yang bisa kita lihat adalah kerja sama gotong royong atau siskamling lingkungan yang ada di sekitar kita. Bentuk interkasi sosial ini adalah kerja sama yang muncul dari setiap individu, yang menginginkan kenyamanan dan kemanan dalam lingkungan tempat tinggalnya. Karena itulah tanpa memandang suku, kaum pria yang dewasa akan terlibat dalam interaksi sosial untuk pengamanan lingkungan ini.

interaksi sosial juga terlihat dari adanya beberapa konflik bernuansa SARA yang sempat terjadi di Indonesia. Sebagaimana kita tahu bahwa Indonesia memang beragam baik suku, budaya dan agama. Tak heran hal ini menimbulkan konflik atau pertentangan sebagai salah satu bentuk interaksi sosial ini. Perlu waktu lama dan banyak pihak yang terlibat dalam konflik ini, untuk menyelesaikanya dan membawa dalam stage interaksi sosial selanjutnya berupa persesuaian atau exchange. Namun dengan adanya kesamaan visi bahwa bangsa ini satu dan seharusnya tak terpecah belah oleh isu SARA, maka tercapailah perpaduan atau accomodation dalam sistem interaksi sosial ini.

Tentu saja pengertian, bentuk dan contoh interaksi sosial diatas masih terbilang dangkal dan juga general. Namun sebenarnya, Anda bisa lebih memahami mengenai interaksi sosial ini jika lebih peka dan bergaul secara luas dengan lingkungan sekitar.

Pencarian Terkait:

Tags: #sosiologi

Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan
Macam Macam Demokrasi
Macam Macam Demokrasi
Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang

Comments are closed.

Must read×

Top