Ini Lho Pengertian Bela Negara yang Harus Kamu Tahu

Pengertian bela negara adalah suatu konsep yang dirancang oleh perangkat perundangan dan para petinggi negara yang terkait dengan urusan patriotisme seseorang, kelompok dan atau seluruh komponen yang ada di dalam negara tersebut dalam upaya mempertahankan keberadaan dan eksistensi negara tersebut.

pengertian bela negara

Normalnya, mayoritas lapisan masyarakat akan selalu mengaitkan bela negara dengan kegiatan militer seakan – akan kewajiban bela negara hanya berada di tangan anggota militer saja (di Indonesia adalah Tentara Republik Indonesia).

Padahal, jika merujuk pada pasal 30 Undang – Undang Dasar Tahun 1945, upaya bela negara sejati nya merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara yang hidup dan tinggal di Republik Indonesia.

Dalam hal ini, bela negara merupakan upaya yang dilakukan oleh setiap elemen warga negara demi mempertahankan eksistensi Republik Indonesia terhadap berbagai macam ancaman baik yang datang dari luar negeri mau pun dari dalam negeri.

Jadi, apa pun profesi dan pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang, selama orang tersebut merupakan warga negara resmi sebuah negara, ia memiliki kewajiban untuk melakukan upaya dan tindakan bela negara baik secara fisik mau pun secara non fisik.

pengertian bela negara

Pengertian Bela Negara di Indonesia

Pengertian bela negara di Indonesia adalah sikap dan perilaku setiap elemen warga negara dalam menjalankan kelangsungan hidupnya di Negara Republik Indonesia yang dilandasi oleh rasa cinta nya terhadap NKRI yang dalam praktik nya dilandasi oleh Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Dalam hal ini, setiap elemen warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendukung dan melaksanakan berbagai macam upaya bela negara dalam aktivitas dan kehidupan sehari – hari mereka.

Dalam undang – undang nomer 3 Tahun 2002 pasal 9 ayat 1, disebutkan bahwa pengertian bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan nya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, bukan hanya sebagai kewajiban dasar warga negara, tetapi juga merupakan kehormatan warga negara sebagai wujud pengabdian dan kerelaan berkorban kepada bangsa dan negara.

Upaya bela negara yang dijalankan oleh penduduk Indonesia merupakan perpaduan antara hak dan kewajiban untuk membela, mempertahankan, dan juga mengembangkan unsur – unsur kemerdekaan, kedaulatan, keutuhan wilayah, dan juga keselamatan segenap warga negara Indonesia dari segala jenis ancaman, baik yang berasal dari dalam negeri mau pun yang berasal dari luar negeri.

Aktivitas pembelaan yang ditunjukkan melalui upaya aktif keikutsertaan dalam aktivitas pertahanan negara merupakan tanggung jawab sekaligus kehormatan setiap penduduk negara Indonesia. Oleh sebab itu, setiap warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk turut aktif berperan dalam upaya pembelaan negara dalam berbagai macam bentuk aktivitas yang keseluruhan nya telah diatur dengan undang – undang dan peraturan negara.

Dalam Undang – Undang Negara Republik Indonesia NO 3 Tahun 2002 pasal 1 ayat 1, juga disebutkan bahwa: “Pertahanan keamanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara”.

pengertian bela negara

Bentuk Bela Negara

Dalam praktik nya sendiri, aktivitas bela negara dapat diartikan dalam dua bentuk, yaitu secara fisik dan non – fisik. Secara fisik, bela negara wajib dilakukan oleh setiap elemen masyarakat dalam kondisi – kondisi darurat tertentu, yaitu ketika terjadi perang atau pun ketika negara sedang terancam akan agresi dan serangan musuh, sedangkan pengertian bela negara secara non fisik merupakan setiap hal yang dilakukan selain upaya bela negara fisik yang dapat memberikan kontribusi terhadap eksistensi, ketahanan, keberlanjutan, dan juga kemajuan Negara Republik Indonesia.

Dalam praktik nya, saat ini warga negara Republik Indonesia cenderung hanya menerapkan upaya bela negara secara non fisik. Meski pun begitu, tidak menutup kemungkinan di masa mendatang, setiap elemen warga negara Republik Indonesia juga harus berjuang dan melakukan upaya bela negara secara fisik.

Konon, untuk mengantisipasi dan mempersiapkan terjadi nya hal di atas, beberapa negara tertentu seperti Iran, Israel, dan juga Singapura mewajibkan setiap warga negara nya yang memenuhi syarat untuk mengikuti program wajib militer.

Di negara – negara lain nya, seperti Jerman, Inggris, Spanyol, dan juga Amerika Serikat, aktivitas bela negara juga dilakukan melalui aktivitas pelatihan militer yang dilakukan secara rutin setiap beberapa kurun waktu tertentu. Jebolan dari program ini nanti nya akan digunakan sebagai individu anggota resimen khusus yang dalam kondisi tertentu juga akan dijadikan sebagai pasukan cadangan militer.

Untuk di Indonesia sendiri, program wajib militer dan program pelatihan militer secara rutin masih belum diterapkan. Meskipun begitu, pemerintah juga sudah tergolong cukup aktif untuk meningkatkan kesadaran program bela negara kepada seluruh penduduk Indonesia. Hal ini terbukti dari diluncurkan nya website khusus bela negara oleh menteri pertahanan Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu.

pengertian bela negara

Unsur Dasar Bela Negara di Indonesia

Aktivitas bela negara di Indonesia normal nya mengandung beberapa unsur dan elemen dasar berikut ini:

  1. Rasa cinta tanah air
  2. Kesadaran akan kehidupan berbangsa dan bernegara
  3. Meyakini seutuhnya pada Pancasila sebagai landasan ideologi negara
  4. Rela berkorban demi kemajuan bangsa dan negara
  5. Memiliki dasar – dasar kemampuan bela negara

Dasar Hukum Bela Negara di Indonesia

Aktivitas bela negara di Indonesia diatur oleh pemerintah melalui beberapa landasan hukum berikut ini:

  1. Tap MPR No.VI Tahun 1973 tentang konsep wawasan nusantara dan keamanan nasional.
  2. Undang-Undang No.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat.
  3. Undang-Undang No.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI. Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988.
  4. Tap MPR No.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI.
  5. Tap MPR No.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI.
  6. Amandemen UUD ’45 Pasal 30 ayat 1-5 dan pasal 27 ayat 3.
  7. Undang-Undang No.3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

pengertian bela negara

Pengaplikasian Bela Negara dalam Kehidupan Sehari – hari

Penting untuk diketahui, selepas mengetahui pengertian bela negara, kita sebagai warga negara Republik Indonesia sudah seharusnya tahu dan sadar akan penting nya aktivitas bela negara.

Dalam hal ini, apa pun profesi dan pekerjaan yang kita lakukan, kita wajib melakukan nya dengan sungguh – sungguh dan tidak melawan peraturan dan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Hal ini penting untuk dilakukan, karena pada dasar nya apa pun aktivitas yang kita lakukan, selama hal tersebut merupakan aktivitas yang positif dan tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku, maka hal tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai upaya bela negara.

Contoh nya, seorang pelajar yang belajar dengan sungguh – sungguh, atau bahkan seorang pemain sepak bola yang berlatih dengan sungguh – sungguh, sudah dapat dikatakan menjalankan upaya bela negara. Hal ini dikarenakan, ketika upaya yang dilakukan oleh pelajar dan pemain sepak bola tersebut berhasil, maka secara otomatis nilai dan harga diri negara Indonesia juga akan mengalami peningkatan.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai pengertian bela negara yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #hukum #Indonesia #negara #nkri #pancasila #pendidikan #peraturan #undang undang #warga negara

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top