Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli

Saat ini ada banyak sekali para ahli yang telah mendefinisikan pengertian bangsa dan negara. Sayang nya, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak bisa membedakan arti kata bangsa dan negara, dan cenderung menyamakan ke dua kata tersebut.

Padahal, jika dikaji secara lebih mendalam, ke dua kata tersebut memiliki arti yang benar – benar berbeda antara satu dengan yang lain nya.

Nah, untuk Anda yang saat ini masih belum memahami sepenuh nya pengertian bangsa dan negara serta hal – hal apa saja yang membedakan ke dua nya, berikut merupakan sedikit ulasan tentang pengertian bangsa dan negara yang telah kami rangkum dari beberapa sumber referensi:

mont-saint-michel-688405_1280

Pengertian Bangsa

  1. Ernest Renan (Perancis)

Menurut Ernest Renan, pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

  1. Otto Bauer (Jerman)

Menurut Otto Bauer, pengertian bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembang nya bangsa.

  1. Ben Anderson

Menurut Ben Anderson, pengertian bangsa adalah komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batas nya dan berdaulat.

  1. Hans Kohn

Menurut Hans Kohn, bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain

rome-1520894_1280

Pengertian Negara

  1. Kansil

Menurut Kansil, negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari pada manusia-manusia (masyarakat) dan merupakan alat yang akan dipergunakan untk mencapai tujuan bersama.

  1. Kranenburg

Menurut Kranenburg, negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

  1. George Jellinek

Menurut George Jellinek, Negara ialah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

san-galgano-1610962_1280

Bangsa dan Negara

Seperti yang telah disebutkan di atas, bangsa dan negara pada dasar nya merupakan dua hal yang berbeda namun masih terkait antara satu dengan yang lain nya.

Dalam hal ini, suatu negara mungkin bisa saja terdiri dari satu bangsa saja, namun dalam kondisi tertentu ada juga negara yang dihuni atau pun terbentuk dari beberapa macam suku bangsa.

Hal ini senada dengan apa yang dikemukakan oleh Ernest Renan, dimana pada kenyataan nya ada bangsa dan negara yang tidak berhasil menjadi satu, seperti salah satu nya adalah negara Australia yang tidak pernah memiliki Bangsa Australia.

reykjavik-267960_1280

Faktor – faktor yang Menyebabkan Terbentuknya Bangsa Menurut Dasar Identitas

Faktor yang mempengaruhi terbentuk nya sebuah bangsa normal nya akan sangat erat kaitan nya dengan berbagai macam hal yang dapat menyatukan masyarakat tersebut. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Faktor Primordial

Yang tergolong ke dalam faktor ini adalah faktor ikatan darah atau pun faktor keturunan / kekerabatan, faktor kesamaan suku, faktor kesamaan ras, faktor kesamaan daerah / tempat tinggal, faktor kesamaan bahasa, dan faktor kesamaan adat istiadat.

  • Faktor Sakral

Sakral yang dimaksud dalam hal ini adalah faktor kesamaan kepercayaan dalam hal – hal mistis, agama, dan juga ideologi kepercayaan yang dianut.

  • Faktor Tokoh

Tokoh masyarakat yang dihormati atau pun disegani oleh sekelompok masyarakat, normalnya dapat menciptakan kondisi dan situasi yang nyaman, hangat, dan sepaham, sehingga potensi terbentuk nya bangsa bisa menjadi besar.

  • Faktor Sejarah

Sejarah normal nya berkaitan dengan masa lalu sekelompok masyarakat yang sama – sama merasakan penderitaan yang sama, sehingga menimbulkan solidaritas antar sesama dan memicu terbentuk nya bangsa yang sepaham.

  • Faktor Perkembangan Ekonomi

Faktor perkembangan ekonomi sangat terkait dengan proses pembentukan bangsa karena normal nya peningkatan / perkembangan ekonomi akan memicu keberagaman kebutuhan masyarakat, yang pada akhir nya nanti akan membuat masyarakat menjadi saling ketergantungan sehingga membentuk suatu kesatuan berupa bangsa demi mempermudah pemenuhan kebutuhan mereka.

Sejarah Pembentukan Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia terbentuk melalui hasil interaksi antar masyarakat yang terjadi secara alami. Dalam hal ini, masyarakat bersatu padu disebabkan oleh ada nya kesamaan sejarah yang kelam berupa penjajahan bangsa barat dan ada nya cita – cita yang sama yaitu untuk bisa terlepas dari belenggu penjajahan.

Tanda nyata terbentuk nya bangsa Indonesia sendiri mulai tampak sejak Tanggal 28 Oktober 1928, yaitu pada hari sumpah pemuda. Pada waktu itu, perwakilan pemuda dari setiap daerah yang ada di Indonesia bersatu dan berkumpul untuk membahas nasib dan masa depan bangsa Indonesia yang sebelum nya hanya bekerja secara masing – masing untuk daerah nya sendiri, untuk mulai bekerja bersama – sama untuk mewujudkan cita – cita yang sama yaitu kemerdekaan Indonesia.

Buah hasil perjuangan tersebut akhir nya dirasakan pada Tanggal 17 Agustus 1945 dimana pada waktu ini Presiden pertama Republik Indonesia mempromirkan kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya menandakan bahwa cita – cita awal bangsa Indonesia telah berhasil terwujud / berhasil diwujudkan.

viking-1406190_1280

Faktor – faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Bangsa Indonesia

  • Faktor Kesamaan Suku / Etnis Keturunan

Faktor pertama yang melandasi terbentuk nya bangsa Indonesia adalah faktor kesamaan suku. Seperti yang kita ketahui bersama, hampir semua bangsa Indonesia pada dasar nya merupakan keturunan masyarakat melayu, sehingga pola pembentukan bangsa Indonesia pun bisa berjalan dengan lebih mudah.

  • Faktor Kesamaan Kebudayaan

Karena mayoritas bangsa Indonesia berasal dari satu suku / etnis keturunan yang sama, praktis kebudayaan nya pun tidak jauh berbeda. Hal ini akhir nya mendukung dan mempermudah proses pembentukan bangsa Indonesia.

  • Faktor Kesamaan Tempat Tinggal

Meskipun terletak di pulau yang berbeda satu sama lain nya, namun bangsa Indonesia masih tergolong berada di satu lokasi tempat tinggal yang sama, sehingga proses pembentukan bangsa Indonesia pun bisa berjalan dengan lebih mudah.

  • Faktor Kesamaan Sejarah

Jika dikaji dari sudut pandang sejarah, hampir semua wilayah yang diduduki oleh bangsa Indonesia pernah mengalami pahit dan getir nya aktivitas penjajahan. Berbekal rasa sepenanggungan ini, bangsa Indonesia pun akhir nya bersatu untuk bisa sama – sama keluar dari keji nya aktivitas penjajahan.

  • Faktor Kesamaan Cita – cita

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelum nya, bangsa Indonesia memiliki latar belakang sejarah yang sama, dan akhir nya juga turut memiliki cita – cita yang sama, yaitu ingin terbebas dari keji nya aktivitas penjajahan. Dan karena cita – cita yang dimiliki sama, akhir nya seluruh lapisan bangsa Indonesia membentuk satu kesatuan Bangsa.

Faktor – faktor Pemersatu Bangsa Indonesia

Setelah bangsa Indonesia terbentuk, untuk mempererat dan mempersatukan bangsa, dibentuk lah beberapa faktor pemersatu bangsa Indonesia berikut ini:

  • Pancasila
  • Undang – Undang Dasar Tahun 1945
  • Bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih
  • Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  • Penggunaan Bahasa Kesatuan Bahasa Indonesia
  • Pengukuhan Wilayah Kekuasaan Indonesia
  • Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia

Nah, itulah sedikit informasi mengenai pengertian bangsa dan negara yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #asia #bangsa #eropa #greek #kuno #negara #peraturan #viking

Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian Dasar Negara yang Wajib Kamu Ketahui
Pengertian dasar negara pada dasar nya sangat

Comments are closed.

Must read×

Top