Makna dan Pokok Pikiran Dalam Pembukaan UUD 1945

Undang-undang Dasar 1945 atau yang disebut UUD 1945 terdiri dari beberapa bagian, yaitu pembukaan, batang tubuh dan penjelasan. Namun, setelah UUD 1945 mengalami amandemen dengan melibatkan banyak pihak dalam sistem pemerintahan, bagian UUD 1945 tersebut terdiri dari pembukaan dan pasal-pasal.UUD 1945 telah mengalami 4 kali amandemen, yaitu pada 19 Oktober 1999, 18 Agustus 2000, 10 Nopember 2001, dan 10 Agustus 2002. Salah satu bagian dari UUD 1945 yang tidak boleh diamandemen adalah pada bagian pembukaannya. Pembukaan UUD 1945 masih tetap terjaga hingga kini naskahnya, yang terdiri dari 4 alinea utama.

teks-pembukaan-uud-1945

Pembukaan UUD 1945 mempunyai kedudukan sebagai kaidah fundamental negara Repubilk Indonesia. Dilihat dari arti serta makna yang tersirat, bagian pembukaan ini merupakan penjabaran dari Proklamasi, dan selanjutnya bagian pembukaan ini dijabarkan secara rinci dalam bagian batang tubuh atau bagian pasal-pasal. Bagian pembukaan ini menjadi sumber motivasi dan aspirasi dalam perjuangandan tekad kehidupan di Indonesia. Selain itu merupakan sumber dari cita-cita hukum dan ciri moral yang ingin ditegakkan, baik dalam lingkungan nasional dan berhubungan pula dengan pergaulan Indonesia dengan bangsa-bangsa di dunia.

Pada tiap-tiap alinea Pembukaan UUD 1945 ini mengandung arti dan makna yang sangat mendalam, serta mengandung nilai-nilai universal dan lestari. Universal maksudnya mengandung nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa-bangsa yang beradab di seluruh dunia. Bermakna lestari karena mampu menmapung dinamika masyarakat dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa dan negara, selama bangsa Indonesia tetap setia kepada Proklamasi 17 Agustus 1945.

makna pembukaan uud 45

Makna tiap alinea Pembukaan UUD 1945

  1. Alinea pertama

Isi:

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

Alinea ini menunjukkan kuatnya pendirian serta pendapat bangsa Indonesia tentang penghapusan penjajahan di atas dunia. Indonesia menyatakan keteguhannya untuk mendapatkan kemerdekaan dalam melawan penjajahan, karena kemerdekaan adalah semua bangsa. Indonesia juga bertekad untuk berdiri di barisan depan untuk menentang dan menghapus penjajahan di atas dunia. Penjajahan pada dasarnya tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan, sehingga segala bentuk penjajahan harus ditentang dan dihapuskan untuk menjamin hak kemerdekaan sebagai moral luhur dari pernyataan kemerdekaan Indonesia.

 

  1. Alinea kedua

Isi:

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Alinea kedua ini menunjukkan kebanggaan terhadap semua usaha perjuangan bangsa Indonesia. Selain itu, alinea ini juga mencerminkan kesadaran apa yang diperoleh saat ini dalam semua bentuk perwujudan kemerdekaan tidak terlepas dari perjuangan sebelumnya. Keadaan yang diperoleh saat ini, dan langkah yang akan dilakukan akan menentukan keadaan masa yang akan datang. Kemerdekaan yang diperoleh hendaknya tetap dipertahankan dengan mengisinya dengan hal-hal yang mewujudkan kemerdekaan  secara utuh bagi negara Indonesia.

makna uud 45

  1. Alinea ketiga

Isi:

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Alinea ini memiliki makna  dalam menegaskan apa yang menjadi motivasi bangsa Indonesia dalam menyatakan kemerdekaannya baik secara riil dan materiil. Selain itu, adanya motivasi spiritual berupa keyakinan / kepercayaan bahwa kemerdekaan yang didapatkan tersebut diberkati oleh Allah Yang Maha Kuasa. Dengan proklamasi kemerdekaan yang diperoleh, sekaligus Tuhan lah bangsa Indonesia berhasil dalamm perjuangan mencapai kemerdekaan.

  1. Alinea keempat

Isi:

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada alinea keempat Pembukaan UUD 1945 terdapat isi naskah Pancasila sebagai dasar falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Alinea ini mengandung makna dalam menegaskan tujuan bangsa Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam menciptakan perdamaian dunia. Selain itu, perwujudan kemerdekaan Indonesia ini tercermin dengan pembentukan susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan Pancasila sebagai dasar falsafah negara.

Pokok Pikiran Pembukaan UUD 1945

Pokok pikiran yang pertama menunjukkan adanya persatuan, yaitu negara melindungi dan meliputi segenap bangsa Indonesia. Negara sebagai penyelenggara negara dan setiap warga negara hendaknya mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Pokok pikiran yang pertama ini merupakan penjelmaan dari Pancasila sila ketiga, persatuan Indonesia.

Pokok pikiran kedua menyatakan bahwa negara Indonesia akan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyatnya. Dalam hal kehidupan didasarkan pada kesadaran bahwa manusia Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Pokok pikiran kedua ini merupakan penjelmaan dari sila kelima Pancasila.

UUD 1945

Pokok pikiran ketiga merupakan penjelmaan dari sila keempat Pancasila. Pokok pikiran ini mengandung arti bahwa sistem negara Indonesia terbentuk dalam undang-undang dasar dengan berdasarkan kedaulatan rakyat dan berdasarkan permusyawaratan / perwakilan. Kedaulatan rakyat ini dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Pokok pikiran yang keempat menunjukkan konsekuensi bahwa Undang-Undang Dasar harus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara untuk senantiasa memelihara budi pekerti yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyatnya. Hal ini tercermin dari negara Indonesia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dengan berdasarkan Kemanusiaan yang adil dan beradab. Dengan demikian Indonesia adalah negara yang percaya dan takwa kepada Tuhan serta menjunjung tinggi rasa kemanusiaan serta hak asasi manusia. Pokok pikiran ini mencerminkan Pancasila sila pertama dan kedua.

panitia 9

Hubungan Pembukaan dengan Batang Tubuh UUD 1945

Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 mempunyai kaitan yang erat, yaituterdapat hubungan  yang menunjukkan adanya satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Pembukaan dan Batang Tubung UUD 1945 merupakan rangkaian kesatuan nilai dan norma yang terpadu, yaitu bagian pembukaan tersebut mengandung po­kok-pokok pikiran berupa nilai-nilai dasar negara, Pancasila. Nilai-nilai Pancasila ini kemudian dijabarkanke dalam Batang Tubuh UUD 1945, berupa pasal-pasalnya UUD 1945, yang dgunakan sebagai norma dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pencarian Terkait:

Tags: #aturan #dasar negara #negara #peraturan

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top