5 Fakta Pelukis Monalisa Leonardo Da Vinci

Mona Lisa lukisan minyak pada kayu poplar panel oleh pelukis Italia, juru, pematung, arsitek, dan insinyur Leonardo da Vinci, mungkin ini adalah lukisan paling terkenal di dunia. Lukisan ini dicat oleh pelukis monalisa antara tahun 1503 dan 1506, ketika Leonardo tinggal di Florence, dan sekarang tergantung di Louvre, di Paris, di mana ia tetap merupakan obyek ziarah di abad ke-21. Panel poplar menunjukkan bukti warping dan stabil pada tahun 1951 dengan penambahan frame ek dan pada tahun 1970 dengan empat kawat gigi vertikal. Bentuk ekor burung juga ditambahkan, untuk mencegah pelebaran celah kecil yang terlihat dekat pusat tepi atas lukisan itu. Senyum misterius pengasuh dan identitas terbukti bahwa dia telah membuat lukisan yang memiliki daya tarik.

Lihat juga Makna Lukisan Monalisa

Lukisan Mona Lisa dan pengaruhnya

Tanda-tanda ini dari penuaan mengalihkan perhatian kecil dari efek lukisan. Dalam sintesis yang sangat indah dari sitter dan lanskap, Mona Lisa menetapkan standar untuk semua potret masa depan. Lukisan menyajikan wanita dalam potret setengah badan, yang memiliki latar belakang sebagai lanskap jauh.

pelukis monalisa

Analisa siapa monalisa sebenarnya

Namun deskripsi sederhana ini dari komposisi yang tampaknya standar memberikan sedikit rasa prestasi Leonardo. Kurva sensual rambut pengasuh dan pakaian, diciptakan melalui sfumato (penggunaan shading halus), yang bergema dalam bentuk lembah dan sungai di belakangnya. Rasa keseluruhan harmoni dicapai dalam lukisan-terutama jelas dalam pengasuh yang samar senyum-mencerminkan gagasan Leonardo dari link kosmik yang menghubungkan manusia dan alam, membuat ini lukisan catatan abadi dari visi Leonardo.

Telah ada banyak spekulasi dan perdebatan mengenai identitas potret itu. Ulama dan sejarawan telah mengemukakan berbagai interpretasi, termasuk bahwa dia adalah Lisa del Giocondo (née Gherardini), istri dari Florentine pedagang Francesco di Bartolomeo del Giocondo, maka judul alternatif untuk lukisan ini adalah La Gioconda. Identitas ini merupakan yang pertama kali diusulkan pada tahun 1550 oleh seniman penulis biografi Giorgio Vasari.

Teori lain adalah bahwa model mungkin ibu Leonardo, Caterina. Interpretasi yang diajukan oleh, antara lain, Sigmund Freud, yang tampaknya berpikir bahwa senyum misterius Mona Lisa muncul dari memori senyum Caterina yang tiba tiba muncul. Teori ketiga adalah bahwa lukisan itu, pada kenyataannya, potret diri Leonardo, mengingat kemiripan antara pengasuh dan fitur wajah leonardo. Beberapa ahli menyarankan bahwa menyamarkan dirinya sebagai seorang wanita adalah teka-teki Leonardo.

pelukis monalisa

Lukisan Monalisa yang Penuh Tanda Tanya

Identitas potret ini belum terbukti secara meyakinkan. Dalam upaya untuk menyelesaikan perdebatan, seni dan ahli forensik di Agustus 2013 membuka makam keluarga Giocondo di Florence untuk menemukan sisa-sisa Lisa del Giocondo itu, menguji DNA-nya, dan menciptakan gambar wajahnya.

Apapun identitas pengasuh, pengaruh Mona Lisa di Renaissance dan kemudian hari telah besar. Mona Lisa merevolusi lukisan potret kontemporer. Gambar awal Leonardo mendorong seniman lain untuk membuat lebih banyak dan lebih bebas dan merangsang penikmat untuk mengumpulkan gambar-gambar. Melalui gambar-gambar karya Milanese nya dibuat dikenal dengan Florentines. Juga, reputasi dan perawakannya sebagai seorang seniman dan pemikir menyebar ke sesama seniman dan meyakinkan bagi mereka kebebasan bertindak dan berpikir mirip dengan sendiri. Salah satu pelukis tersebut adalah Raphael muda, yang membuat sketsa karya Leonardo di kemajuan dan mengadopsi format Mona Lisa untuk potret nya; itu menjabat sebagai model yang jelas untuk Portrait nya Maddalena Doni (c. 1506).

Lihat juga fakta fakta pelukis monalisa lukisan monalisa

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kehidupan da Vinci.

Dia Anak yang “tidak Sah”

Da Vinci lahir pada tahun 1452 di dekat Vinci, di tempat yang sekarang wilayah Italia Tuscany. Ayahnya adalah seorang pemilik notaris dan bernama Messer Piero Fruosino di Antonio da Vinci. Ibunya, Caterina, umumnya diyakini telah menjadi petani lokal. Namun, beberapa ahli percaya bahwa Caterina sebenarnya seorang budak milik Messer Piero.

Orang tua da Vinci tidak pernah menikah.Da Vinci muda tinggal bersama ibunya sampai ia berusia 5 tahun dan kemudian pindah ke rumah ayahnya, yang telah menikahi wanita lain.

Jurnal artis menunjukkan bahwa ia mempertahankan hubungan agak jauh dengan ibunya sepanjang masa dewasanya, saling berkirim surat dengan dia hanya dari waktu ke waktu. Tulisan-tulisannya menunjukkan hubungan yang lebih dekat dengan ayahnya, yang kematiannya pelukis monalisa ini membuat ayahnya berduka mendalam.

Dia Tidak Sekolah

Tidak seperti seniman Renaissance terkenal lainnya, pelukis monalisa ini tidak pernah menerima pendidikan formal apapun. Namun di rumah dia mendapat mata pelajaran seperti membaca, menulis dan matematika.

pelukis monalisa

Kejeniusan da vinci

Tumbuh di pedesaan Tuscany, pelukis monalisa ini menghabiskan banyak waktunya di luar rumah, di mana ia mengagumi alam. Jurnal nya menunjukkan bahwa ia memiliki minat terutama dalam sifat air, serta gerakan dari burung pemangsa. Bahkan, artis mencatat ingatannya paling awal adalah dari mimpi di mana burung pemangsa mendarat di wajahnya dan mendorong bulu ekornya antara bibirnya.

Tidak sampai masa remajanya bahwa artis pemula dikirim ke Florence untuk melayani sebagai magang untuk Andrea del Verrocchio, seorang pelukis Florentine yang menonjol. Dan tidak butuh waktu lama bagi siswa untuk menjadi master. Rumor mengatakan bahwa setelah da Vinci melukis salah satu malaikat dalam pekerjaan Verrocchio “Baptisan Kristus,” artis jauh lebih berpengalaman begitu rendah hati oleh bakat pemuda itu bahwa ia bersumpah tidak pernah melukis lagi.

Banyak dari karya-karyanya yang Belum Selesai

Da Vinci adalah seorang pelukis terkenal lamban, dan banyak dari karya-karyanya tidak pernah selesai. Selain perumahan yang terkenal (dan selesai) “Mona Lisa,” Louvre di Paris adalah rumah bagi “The Virgin dan Anak dengan St. Anne,” lukisan yang belum selesai yang menggambarkan Perawan Maria, bayi Yesus dan ibu Maria, St. Anne.

pelukis monalisa

Karya da vinci

Tergantung di salah satu Museum Vatikan “St. Jerome di padang gurun,” lain yang belum selesai da Vinci lukisan – yang satu ini menggambarkan pertapaan St. Jerome dan rekannya, singa dijinakkan.

Mungkin yang paling menarik dari karya yang belum selesai da Vinci adalah lukisan “The Adoration of the Magi”, yang diduga memiliki penggambaran artis muda sendiri. Lukisan, kiri tidak lengkap di 1481, telah diselenggarakan di Galeri Uffizi di Florence, Italia, sejak 1670.

Selain lukisan-lukisan yang belum selesai, da Vinci tertinggal banyak penemuan yang belum selesai. Bahkan, tidak ada bukti bahwa penemuan artis yang pernah dibangun. Demikian pula, tidak ada tulisan-tulisannya yang pernah diterbitkan selama hidupnya.

Dia Dianiaya

Ketika pelukis monalisa ini berusia 24 tahun, dia ditangkap bersama dengan beberapa sahabat laki-laki atas tuduhan sodomi. Ketika ada saksi maju untuk bersaksi melawan artis dan teman-temannya, tuduhan itu dijatuhkan. Tapi jurnal da Vinci menunjukkan bahwa tuduhan yang agak menghancurkan seorang pria yang suka menjaga kehidupan pribadi pribadinya.

pelukis monalisa

rancangan da vinci

Da Vinci takut akan hidupnya. Pada abad ke-15 Florence, sodomi adalah kejahatan dihukum mati. Tidak lama setelah kasusnya diberhentikan, artis meninggalkan Florence untuk Milan.

Dia punya sisi militan

Setelah meninggalkan pelanggan di Florence untuk mulai dari awal di Milan, pelukis monalisa ini dibutuhkan untuk menghidupkan bisnis baru. Strateginya adalah untuk mengambil hati untuk Ludovico Sforza, Duke of Milan.

pelukis monalisa

senjata rancangan da vinci

Di bawah Sforza, da Vinci ditugaskan untuk membuat apa yang akan menjadi prestasi puncak karir seninya: patung perunggu raksasa kuda. Proyek ini ditinggalkan ketika Perancis menginvasi Italia pada pergantian abad ke-15.

Tapi kuda perang raksasa itu tidak semua yang da Vinci telah merencanakan untuk Duke of Milan. Setelah menawarkan dirinya untuk House of Sforza, ia ditetapkan rencananya untuk membangun berbagai “perangkat perang.” Termasuk dalam sketsa da Vinci rencana untuk meriam, mesin asap, jembatan portable dan bahkan kendaraan lapis baja.

Seperti mesin terbang, namun, tidak ada bukti bahwa setiap mesin perang tersebut pernah dibangun.

Pencarian Terkait:

Tags: #da vinci #Lukisan #lukisan monalisa #monalisa

Inilah Makna Lukisan Monalisa
Inilah Makna Lukisan Monalisa
Interpretasi Makna Mona Lisa Bernilai lebih dari
7 Fakta Tentang Lukisan Monalisa
7 Fakta Tentang Lukisan Monalisa
Mona Lisa mungkin yang paling populer dan
10 Lukisan Abstrak Terbaik di Dunia
10 Lukisan Abstrak Terbaik di Dunia
Mulai dari aneh dan indah menjadi tenang dan indah,

Comments are closed.

Must read×

Top