Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui apa yang dimaksud paragraf argumentasi. Untuk lebih mendalami jenis paragraf ini, kita juga akan membahas ciri ciri, tips dan juga contoh paragraf argumentasi.

Lihat juga: Pengertian,Tips dan Contoh Paragraf Eksposisi

paragraf argumentasi

Pengertian Paragraf Argumentasi

Untuk mengetahui apa itu paragraf argumentasi, kita dapat mengambil dari pengertian argumen. Argumen dapat diartikan sebagai pendapat. Sehingga secara garis besar paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat, sikap yang diperkuat dengan alasan, contoh dan bukti yang relevan.

Baca juga : Pengertian Paragraf Deduktif

Ciri ciri paragraf argumentasi

Setelah mengetahui tentang pengertianya, berikut ini adalah ciri ciri paragraf argumentasi.

  1. Berisi pendapat, pandangan dan keyakinan penulis dalam sebuah permasalahan.
  2. Untuk meyakinkan pembaca, diperlukan data data yang faktual dan relevan.
  3. Menganalisa dan menganalogikan suatu permasalahan yang diangkat.
  4. Memberikan kesimpulan di akhir untuk penegasan topik utama.

Tips membuat paragraf argumentasi

Terdapat beberapa tips yang akan memudahkan kita ketika ingin membuat sebuah paragraf argumentasi yang bagus.

  1. Tentukan tema atau topik yang akan dibahas
  2. Tentukan tujuan penulisan
  3. Mengumpulkan data data yang berisi bukti atau sebuah pernyataan untuk mendukung pendapat.
  4. Membuat kerangka paragraf
  5. Kembangkan kerangka tersebut sehingga menjadi sebuah paragraf argumentasi yang utuh.

Lihat juga Tips n Trik Paragraf Narasi

Contoh paragraf argumentasi

Untuk semakin mengenal paragraf argumentasi, kita juga akan membahas tentang contoh contohnya. Secara garis besar terdapat dua contoh yang sering digunakan dalam paragraf argumentasi.

Contoh pertama adalah Argumentasi Sebab akibat. Contoh ini diawali dengan pendapat tentang sebab adanya suatu masalah kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang berisi akibat dari permasalahan tersebut. Berikut ini adalah contohnya.

Pendidikan Indonesia Masih Tertinggal

Pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh dengan pendidikan Negara-negara lain di dunia. Bahkan Negara kita masih kalah dengan Negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, apa lagi di daerah-daerah tertinggal seperti papua, NTT, NTB, dan masih banyak lagi. Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah seperti itu disebabkan oleh tidak meratanya pendidikan di Negara kita. Pemerintah hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan. Selain itu, minimnya jumlah guru di daerah tersebut ikut membuat semakin jauhnya akses pendidikan di tempat itu. Akibatnya, pendidikan di Indonesia tidak merata dan tertinggal, sehingga tidak bisa bersaing dengan Negara-negara lain di dunia.

Perilaku Remaja yang Semakin Menyimpang

Perilaku remaja saat ini telah keluar sangat jauh dari nilai – nilai moral yang berlaku di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah bebasnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya – budaya yang masuk tersebut ditiru dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh remaja saat ini, sayangnya perilaku – perilaku yang ditiru adalah perilaku buruk dari budaya tersebut, misalnya seks bebas, narkoba dan lain – lain. Faktor yang kedua adalah lemahnya ilmu agama yang dimiliki oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangatlaah berguna karena bisa mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang buruk. Yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua sangat bertanggung jawab atas perilaku anak – anaknya. Orang tua yang tidak mempedulikan anaknya akan membuat mereka merasa tidak disayangi akhirnya mereka mencari rasa sayang itu di luar. Hal ini lah yang akan membuat mereka terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. Akibat dari faktor – faktor tersebut, walhasil perilaku remaja saat ini menjadi bertolak belakang dengan nilai – nilai yang ada.

Contoh yang kedua adalah paragraf argumentasi akibat sebab. Kebalikan dari contoh pertama, jenis argumentasi ini diawali dengan pendapat yang berisi akibat dari sebuah permasalahan, kemudian akan diakhiri dengan sebab timbulnya masalah tersebut. Berikut ini contohnya.

Kecelakaan Jalan Raya Semakin Parah

Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Bahkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di jalan hanya mencapai 4.500 kasus, bandingkan dengan tahun ini yang sudah mencapai 5.300 kasus pada H + 2 lebaran, sehingga dipastikan akan semakin bertambah jumlahnya. Dari 5. 300 kasus tersebut, persentase yang paling banyak adalah kendaraan bermotor. Melonjaknya angka kecelakaan ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Bencana Alam akibat Ulah Manusia

Tanah longsor nan sering terjadi. Banjir nan mengepung banyak daerah tanpa pandang bulu ialah salah satu contoh dari tak adanya upaya pelestarian lingkungan dari semua pihak. Daerah resapan air nan memiliki peran krusial dalam mencegah terjadinya banjir banyak nan hilang sebab sudah berubah fungsi. Begitu pula dengan tanah longsor sebab banyaknya aksi penggundulan hutan. Masyarakat menanggung dampak dari perbuatan nan mereka tabur.

Itulah pembahasan lengkap tentang paragraf argumentasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia bangkudepan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Pencarian Terkait:

Tags: #argumentasi #paragraf #teks

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif
Dalam mempelajari bahasa indonesia, salah satu pembelejaran
5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
Salah satu karya sastra yang sering kita
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Kembali ke kategori sastra, kali ini kita
Pengertian, Tips n Trik dan Contoh Paragraf Narasi
Pengertian, Tips n Trik dan Contoh Paragraf Narasi
Pada artikel ini, bangkudepan akan membahasa tuntas

Comments are closed.

Must read×

Top