Pancasila Sebagai Dasar Negara

Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari kita bahas sedikit tentang pancasila yaitu pancasila sebagai dasar negara. Check this Out !

dasar negara

Mengilhami Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan

Pancasila adalah salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia. Pancasila dilambangkan dengan adanya 5 sila yang disimbolkan dalam dada burung Garuda. Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Lima sila yang terdapat dalam Pancasila merupakan prinsip atau asas yang berlaku dan dijadikan sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga negara Indonesia. Lima sendi utama penyusun Pancasila ini terdiri dari sila-sila Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima sila ini tercantum pada paragraf keempat Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 (Preambule). Pancasila dirumuskan tanggal 1 Juni sehingga diperingati sebagai hari lahir Pancasila.

dasar negara

Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar Negara adalah landasan kehidupan bernegara dan mengatur penyelenggaraan negara. Dasar Negara merupakan pedoman hidup bernegara mencakup tujuan negara, cita-cita negara, dan norma bernegara. Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara menjadikan setiap tingkah laku serta pengambilan keputusan para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan harus selalu berpedoman pada Pancasila. Sebagai abdi negara hendaknya senantiasa memelihara budi pekerti yang luhur serta memegang teguh cita-cita moral bangsa. Pancasila merupakan identitas bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. Nilai Pancasila di Indonesia menolak segala bentuk penindasan dan penjajahan dari satu bangsa terhadap bangsa lain serta segala bentuk kekerasan.
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara merupakan sumber acuan dalam menyusun etika kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia. Termasuk di dalamnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan yaitu sebagai dasar, sumber nilai, arah dan tujuan dari proses pembangunan. Dalam setiap aspek pembangunan nasional harus mendasarkan pada hakikat nilai-nilai sila dalam Pancasila serta mengarahkan tujuan pembangunan agar selalu dilaksanakan demi kesejahteraan rakyat Indonesia dengan penuh rasa nasionalisme dan keluhuran bangsa Indonesia dalam segala aspek atau bidang.

dasar negara

Bidang Politik

Pancasila sebagai dasar negara menjadi landasan bagi pembangunan politik, dan dalam prakteknya menghindarkan praktek-praktek politik yang tidak bermoral dan tak bermartabat. Bangsa Indonesia memiliki cita-cita moral dan budi pekerti yang luhur dan Pancasila menentang segala tindakan sewenang-wenang penguasa terhadap rakyat, penyalahgunaan kekuasaan dan pengambilan kebijaksanaan yang diskriminatif untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Pembangunan politik Indonesia hendaknya senantiasa sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.

Bidang Hukum

Paradigma pembangunan hukum yang sesuai dengan nilai Pancasila ditunjukkan dalam setiap perumusan peraturan perundang-undangan nasional yang harus selalu memperhatikan dan menampung aspirasi rakyat. Nilai-nilai Pancasila menjadi landasan dalam pembentukan hukum yang aspiratif, menjadi sumber nilai dan sumber norma bagi pembangunan hukum. Pancasila sebagai sumber hukum dasar nasional serta menjadi sumber dari tertib hukum di Indonesia yang menentukan isi dan bentuk peraturan perundang-undangan di Indonesia yang tersusun secara hierarkis.

pacu-jawi-201497_1280

Bidang Sosial Budaya

Pembangunan di bidang sosial budaya senantiasa mendasarkan pada nilai Pancasila dengan berlandaskan pada harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang beradab. Proses pembangunan haruslah selalu mengangkat nilai-nilai Pancasila sehingga perlu memperhatikan etika kehidupan berbangsa yang berdasarkan rasa kemanusiaan yang mendalam dengan menampilkan sikap jujur, saling memahami, saling mencintai, saling menghargai, saling peduli dan saling menolong di antara sesama manusia, yang kesemuanya tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Bidang ekonomi

Di bidang Ekonomi, Pancasila sebagai dasar negara juga menjadi landasan nilai dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi yang berdasarkan pada nilai kemanusiaan untuk kesejahteraan umat manusia di Indonesia. Oleh karenanya pembangunan ekonomi tidak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi saja, melainkan demi kemanusiaan dan kesejahteraan seluruh bangsa, yang terhindar dari dasar persaingan bebas, monopoli yang dapat menimbulkan penindasan atas manusia satu dengan lainnya.

dasar negara

Nilai-nilai Pancasila

Nilai-nilai yang mencerminkan makna dari 5 sila merupakan nilai dasar bagi kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan. Nilai-nilai Pancasila digali, tumbuh dan berkembang dari budaya bangsa Indonesia yang telah berakar dari keyakinan hidup dan budaya bangsa Indonesia. Dengan demikian, nilai ini merupakan karakteristik dari bangsa Indonesia yang mewarnai setiap langkah kehidupan masayarakatnya.

Ketuhanan Yang Maha Esa. Merupakan sila pertama dari Pancasila yang menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa dalam segala lini kehidupan. Pengakuan tersebut pelaksanaannya melalui ajaran-ajaran agama yang dianut oleh para pemeluknya, dengan senantiasa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa melalui akidah agama yang dipeluknya.

Kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila kedua dari Pancasila ini mengandung makna tentang penghargaan kepada sesama umat manusia tanpa memandang suku, agama, ras, dan bahasanya. Derajad semua manusia di hadapan Tuhan Yang Maha Esa adalah sama. Adil dan beradab mengandung kata adil serta beradab. Adil adalah perlakuan yang sama terhadap sesama manusia, dan beradab berarti perlakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan. Indonesia dengan nilai Pncasila akan senantiasa menghargai hak-hak asasi manusia seimbang dengan kewajiban-kewajibannya. Adil juga bermakna seimbang antara hak dan kewajiban, hak timbul karena adanya kewajiban yang dijalankan.

Persatuan Indonesia. Sila ketiga dari Pancasila ini menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa di mana pun, kapan pun, dan dalam keadaan apapun. Persatuan Indonesia ini tercermin dengan adanya sikap kerjasama dalam budaya bangsa. Persatuan bangsa menjadi satu hal yang utama yang ditempatkan di atas kepentingan pribadi atau golongan tertentu. Kehidupan pribadi tetap menjadi utama, tanpa mengorbankan dan mengabaikan kepentingan persatuan bangsa, sehingga harus dijalankan beriringan secara seimbang.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, merupakan sila keempat dalam Pancasila. Nilai yang terkandung di dalamnya mencerminkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara berdasarkan sistem demokrasi dengan mendasarkan nilainya pada nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Hal yang utama dan menjadi karakteristik bangsa adalah pelaksanaan demokrasi dengan menjunjung tinggi musyawarah untuk mendapatkan keputusan mufakat, dan menghindarkan diri dari dasar kekuasaan mayoritas maupun minoritas.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila pada sila kelima ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi keadilan dan kemakmuran bagi seluruh warga negara Indonesia. Keadilan dan kemakmuran merupakan cita-cita bangsa yang harus dicapai bagi seluruh rakyat sejak dari dahulu kala. Negara berusaha untuk menjamin kehidupan yang rakyatnya menjadi adil dan makmur dengan menghargai pretasi kerja dan usaha yang dilakukan oleh setiap warga negara.

Nilai-nilai pokok karakteristik 5 sila dalam Pancasila ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya yang mendasari setiap pergerakan, perkembangan dan perubahan bangsa dari waktu ke waktu. Hal ini mengukuhkan Pancasila merupakan dasar negara yang selalu mampu menyesuaikan dirinya dalam segala keadaan dan tantangan jaman. Pengamalan nilai-nilai Pancasila hendaknya selalu ada dalam kehidupan, baik dari lini bawah kemasyarakatan dan kehidupan sehari-hari, hingga ke atas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, misalnya tata pemerintahan dan pembangunan semua aspek.

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #negara #pancasila

Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan
Macam Macam Demokrasi
Macam Macam Demokrasi
Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang

Comments are closed.

Must read×

Top