Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia

Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh. Ada organ syaraf, pernapasan dan pencernaan. Organ syaraf meliputi sebagian besar otak dan untuk organ pernapasan meliputi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Berbicara tentang sistem organ tubuh manusia, semuanya memiliki peran yang sangat penting. Jika sistem pencernaan Anda mengalami masalah, maka bisa jadi ada masalah yang timbul di dalam organ pencernaan Anda.

Bagian dan Fungsi dari Organ Pencernaan Manusia

Meskipun Anda bukan seorang dokter, Anda wajib untuk mengetahui apa saja organ pencernaan itu dan bagaimanakah cara kerja atau fungsinya di dalam tubuh. Dengan mengetahui bagian-bagian organ pencernaan manusia beserta fungsinya, ini akan membuat Anda menjadi semakin menyayangi dan mencintai kesehatan Anda. Organ tubuh manusia untuk sistem pencernaan antara lain:

organ pencernaan manusia

tabloidbekam.wordpress.com

Lambung

Lambung adalah salah satu bagian organ pencernaan manusia yang mempunyai tugas sebagai pencerna makanan di dalam tubuh. Organ tubuh yang satu ini bisa dibilang sebagai mesin penggiling karena dari sinilah semua makanan dicerna. Untuk itu, Anda harus memberikan lambung Anda dengan makanan yang baik. Jangan sembarangan dalam memilih makanan karena ini bisa menghambat kinerja lambung.

Anda juga tidak boleh telat makan jika tidak, asam lambung akan naik dikarenakan tidak ada makanan yang harus digiling. Lambung terdiri dari 3 bagian yaitu fundus, kardiak dan pilorus. Perlu Anda ketahui, di lambung terjadi pencernaan kimiawi dan menggunakan 3 enzim yaitu enzim rennin, enzim pepsin dan juga enzim lipase kemudian dibantu dengan asam lambung.

organ pencernaan manusia

hadijah-arsyad.blogspot.co.id

Mulut

Organ pencernaan manusia yang utama adalah mulut karena dari sini sistem pencernaan dimulai. Fungsi dari mulut pun juga bermacam-macam misalnya sebagai penghancur makanan, membantu menelan makanan, mengecap rasa makanan dan juga mencerna makanan. Pada mulut terdapat beberapa bagian yang bagiannya tersebut juga memiliki fungsinya masing-masing. Ada gigi, gusi, lidah, amandel, kelenjar ludah, langit-langit mulut, pembuluh darah dan juga syaraf.

Fungsi dari gigi adalah untuk menggigit dan juga mengunyah makanan. Gigi mempunyai 3 jenis yaitu gigi seri yang berjumlah 8 buah untuk ukuran gigi orang dewasa, gigi taring berjumlah 4 buah dan gigi geraham berjumlah 8 buah. Ketiganya mempunyai peran yang berbeda-beda. Jika pada gigi seri berfungsi sebagai penggigit makanan, maka gigi taring berperan sebagai pencabik-cabik makanan atau perobek makanan. Pada gigi geraham berfungsi untuk mengunyah dan menghancurkan makanan.

Sedangkan fungsi dari lidah untuk membolak-balikkan makanan serta terdapat indera perasa. Di organ inilah terjadi 2 pencernaan yaitu pencernaan mekanis dan juga pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanis yaitu dengan gigi dan lidah sedangkan kimiawi yaitu dengan ludah yang di dalamnya mengandung enzim ptyalin.

Selain gigi dan lidah terdapat juga kelenjar liur yang menghasilkan air liur yang ada di dalam mulut. Fungsi dari air liur sendiri juga bisa dikatakan penting karena air liur dapat membantu mulut menghaluskan makanan yang dikunyah gigi, melindungi mulut dari panas, asam atau dingin, dan juga membantu mulut untuk memudahkan dalam menelan makanan menuju ke kerongkongan dan pada kelenjar ludah juga menghasilkan enzim ptyalin.

organ pencernaan manusia

www.biomagz.com

Kerongkongan

Kerongkongan juga termasuk salah satu organ pencernaan manusia yang mempunyai peran penting. Nama lain dari kerongkongan adalah esofagus dan ini mempunyai fungsi sebagai jalan masuk makanan yang berasal dari mulut untuk menuju ke lambung.

Organ tubuh yang satu ini mempunyai bentuk seperti pipa dan terdapat otot di dalam kerongkongan tersebut. Esofagus mempunyai 3 bagian yaitu bagian pertama yang disebut juga dengan bagian superior yang terdiri dari otot rangka. Bagian yang kedua atau bagian tengah terdiri dari otot lurik dan juga otot polos. Kemudian yang terakhir adalah bagian inferior yang terdiri dari otot polos.

Usus Besar

Meskipun sistem pencernaan sudah berakhir pada organ tubuh yang satu ini tetapi usus besar juga mempunyai fungsi yang sangat penting. Organ pencernaan manusia berikut ini berfungsi sebagai penyaring makanan sisa dari usus halus.

Di sini juga terjadi penyerapan air dan juga terjadinya pembusukan sisa-sisa sari makanan yang sudah diserap oleh usus halus. Pada bagian ini juga terdapat bakteri baik yang membantu proses pembusukan makanan tersebut. Usus besar juga mempunyai beberapa bagian yaitu rectum yang dikenal sebagai tempat penyimpanan feses sebelum dikeluarkan melalui anus, usus buntu, kolon transversum, kolon desendens dan terakhir adalah kolon asedens.

organ pencernaan manusia

abdisiswa09.blogspot.co.id

Usus Halus

Setelah makanan berhasil dicerna oleh lambung maka makanan tersebut langsung menuju ke usus halus. Usus halus adalah organ pencernaan manusia yang memiliki peranan penting sebagai penyerap sari-sari makanan. Sari-sari makanan yang berada di sini juga masih mengalami proses pencernaan secara kimiawi. Mengapa disebut secara kimiawi? Karena dalam mengolah makanan untuk dijadikan sari dibantu dengan beberapa enzim. Enzim tersebut ialah enzim tripsin, lipase, erepsin dan juga enzim disakarase.

Sari-sari makanan tersebut diserap melalui vili atau lebih dikenal sebagai jonjot-jonjot usus. Kemudian setelah diserap vili maka perjalanan sari makanan berlanjut ke hati yang sebelumnya diangkut melalui vena porta. Namun, ada sari makanan yang tidak ikut diangkut menuju ke hati oleh vena porta yaitu gliserol dan asam lemak. Kedua sari makanan tersebut akan dibawa oleh pembuluh limfa kemudian menuju ke hati. Di dalam organ pencernaan manusia ini juga terdapat usus dua belas jari atau sering disebut duodendum. Tidak hanya itu saja, di sini juga terdapat jejunum dan ileum.

Anus

Organ pencernaan manusia yang terakhir adalah anus, meskipun anus berada di luar tubuh organ yang satu ini juga berperan penting dalam sistem pencernaan manusia. Anus berperan sebagai alat pembuangan sisa makanan yang tersimpan di dalam rectum usus besar. Pada organ yang satu ini terdapat otot sphincter yang mempunyai fungsi sebagai pembuka dan penutup anus.

Itulah tadi bagian-bagian organ dalam sistem pencernaan manusia. Organ tersebut mempunyai bagian dan juga fungsi yang berbeda-beda. Karena dinilai begitu penting, Anda harus benar-benar menjaga sistem pencernaan Anda dengan baik. Jika tidak, maka akan terjadi masalah yang akan ditimbulkan. Misalnya pada lambung, lambung tidak bisa mencerna makanan yang keras, terlalu asam dan juga terlalu pedas.

Jika lambung mencerna makanan yang pedas maka asam lambung akan meningkat dan itu akan menimbulkan penyakit maag. Tentu Anda tidak mau bukan? Maka dari itu, setiap Anda akan makan harap memperhatikan kualitas dari makanan tersebut.

Penyakit bisa masuk ke dalam tubuh karena awalnya dari apa yang kita makan. Sari makanan yang diserap dalam tubuh pada akhirnya akan menuju ke otak. Selain memperhatikan kualitas gizi makanan Anda juga harus memperhatikan kebersihan makanan yang Anda konsumsi. Jangan sampai ada bakteri jahat yang masuk dan mengganggu sistem organ pencernaan manusia.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #edukasi #kesehatan #makanan #pelajaran #SMA #SMP #tubuh manusia #usus besar #usus halus

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Saluran pencernaan atau dalam nama ilmiah disebut

Comments are closed.

Must read×

Top