Menristekdikti Akan Bentuk Sekolah Jurnalisme PWI

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir merestui berdirinya Sekolah Pendidikan Jurnalisme yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sekolah tersebut rencananya didirikan di Semarang, Jawa Tengah.

Pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Batam, PWI dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menandatangani nota kesepahaman bersama terkait rencana pembangunan sekolah itu. Nasir menegaskan, Sekolah Jurnalisme Indonesia adalah perguruan tinggi negeri (PTN) yang dikomandoi PWI. Nasir mengatakan, setelah nota kesepahaman PWI dengan Pemprov Jateng ditandatangani, maka proses selanjutnya adalah pencarian lahan oleh PWI. “Setelah MoU dengan Jawa Tengah, PWI menyiapkan lahan, kemudian proposal diajukan ke Menristek Dikti,” katanya.

Lalu jika proposal itu memenuhi standar dan layak, maka akan dibentuk fakultas komunikasi dengan program studi (prodi) jurnalisme. Ketua PWI Margiono mengatakan, kurikulum yang akan digunakan Sekolah Jurnalisme Indonesia sudah disusun dan siap dijalankan. Para pengajar di sekolah itu nantinya adalah wartawan-wartawan senior, anggota PWI dari seluruh Indonesia.

Dalam puncak perayaan Hari Pers Nasional, Ketua Dewan Pers Bagir Manan menilai kebebasan pers semestinya berupa keberpihakan pers terhadap publik bukan menempatkan diri sebagai bagian integral kekuatan-kekuatan politik yang bersaing. Menurut Bagir, keberpihakan jadi masalah ketika pers menjadi partisan karena partisan. Lanjutnya, tidak layak dalam pers bebas.

“Pers partisan merendahkan diri sendiri, mengesampingkan kode etik, dan standar jurnalistik. Pengaruh politik terhadap pers meresahkan publik, ini faktor utama partisipan pers,” ujar Bagir.

Ia menambahkan, persoalan lainnya yakni adanya pers “abal-abal” yang semestinya tidak bisa ditoleransi oleh insan pers.

Pencarian Terkait:

Tags: #jurnalisme #pers #Sekolah #wartawan

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Comments are closed.

Must read×

Top