Mendikbud: Keterlibatan Publik Penting dalam Memajukan Pendidikan

Keterlibatan publik dalam dunia pendidikan penting serta masuk pada prioritas kebijakan pendidikan nasional dalam membantu perwujudan Rencana Strategi (renstra) pembangunan pendidikan dan kebudayaan. 

“Masyarakat sejatinya dapat berpartisipasi aktif dan mencari solusi terhadap tantangan yang dihadapi terkait pendidikan. Keterlibatan aktif sebagai pengguna layanan, akan dapat menggemakan seruan untuk bersama-sama menjadi bagian dari gerakan perubahan. Saya percaya dan akan mendorong keterbukaan partisipasi aktif masyarakat di bidang pendidikan,” papar Mendikbud Anies Baswedan saat meresmikan simposium Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP) bekerja sama dengan Indonesia Program Representasi (ProRep) USAID, dengan ICW, Article33 dan Paramadina Public Policy Indonesia (PPPI) di Kemendikbud Jakarta, Selasa (24/2).

Anies menjelaskan, renstra prioritas Kemendikbud terdiri tiga hal penting. Pertama, menguatkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yakni, guru, siswa, orang tua dan kepala sekolah, untuk membentuk ekosistem yang sehat dan kuat.

Kedua, percepatan peningkatan mutu dan akses pendidikan serta ketiga, mengembangkan efektifitas birokrasi pendidikan melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik.

Menurut Anies, dengan kelibatan publik, renstra Kemendikbud akan dapat dilakukan dengan maksimal. Ia menegaskan keterlibatan peran masyarakat akan membantu mempercepat mutu dan pemerataan pendidikan.

“Kita di birokasi memunyai banyak sumber daya, tetapi kami memiliki batasan-batasan dalam pelaksanaan program-program baik dalam tata aturan maupun tata kelola dan besarnya ketertanggung jawaban ,” ujarnya.

Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Hamid Muhammad menambahkan dengan pelibatan masyarakat sipil yang melihat langsung di lapangan akan memberi masukan bagi birokrasi pendidikan.

“Kita mungkin tidak menemukan masalah di lapangan dan terkesan baik baik saja namun dengan bantuan teman teman pegiat pendidikan di lapangan kita akan dapat menerima masukan penting,” pungkasnya.

 

Sumber: news.metrotvnews.com

Pencarian Terkait:

Tags: #mendikbud #nasional #pendidikan #publik

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Comments are closed.

Must read×

Top