Inilah Makna Lukisan Monalisa

Interpretasi Makna Mona Lisa

Bernilai lebih dari $ 1 miliar, Mona Lisa, mungkin harta terbesar seni Renaissance, adalah salah satu dari banyak karya Tinggi Renaissance lukisan bertempat di Louvre. Lukisan diketahui Italia sebagai La Gioconda, Perancis memanggilnya La Joconde. Pekerjaan ini bisa dibilang contoh terbaik yang pernah seni potret, dan salah satu lukisan Renaissance terbesar dari abad 15 dan 16.

Meskipun lukisan paling terkenal di dunia, Mona Lisa adalah – seperti semua karya Leonardo – tidak ditandatangani atau tanggal. Judulnya berasal dari biografi Leonardo yang ditulis oleh pelukis abad ke-16 Mannerist dan penulis biografi Giorgio Vasari (1511-1574), dan diterbitkan sekitar tahun 1550, yang melaporkan kesepakatan untuk melukis potret Lisa Gherardini, istri Francesco del Giocondo dari, Florentine sebuah Pembesar dan kaya pedagang sutra. Vasari juga menyebutkan bahwa Leonardo dipekerjakan musisi dan troubadours untuk menjaga geli, yang mungkin menjelaskan senyum misterius nya. Seperti biasa, Leonardo menunda-nunda tanpa henti selama lukisan – terutama posisi tangan subjek – dan terus bekerja di sana selama 20 tahun. Sayangnya, La Gioconda telah menjadi begitu terkenal dan begitu berharga yang hampir tidak mungkin untuk menangkap lebih dari sekilas cepat, karena ia duduk inscrutably di Louvre di balik kaca non-reflektif kotak keamanan temperatur terkendali nya.

Screen-Shot-2014-05-22-at-1.42.58-PM

Analisis lebih dari Mona Lisa

Potret menunjukkan subjek duduk tegak dan miring di kursi, dengan wajah dan dada berbalik sedikit ke arah penonton: postur yang berasal dari ‘piramida’ gambar yang digunakan untuk menggambarkan Madonna duduk. Lengan kirinya duduk nyaman di sandaran tangan kursi dan menggenggam dengan tangan lengan kanannya yang melintasi depan rumahnya. Posisi sedikit pelindung lengan, serta sandaran tangan, menciptakan rasa jarak antara pengasuh dan penonton.

Latar belakang landscape belakang pengasuh dibuat menggunakan perspektif udara, dengan blues berasap dan tidak ada titik lenyapnya jelas. Ini memberikan komposisi kedalaman yang signifikan, meskipun rinciannya mengungkapkan ketidakseimbangan yang jelas antara (lebih tinggi) horizon berbatu ke kanan, dibandingkan dengan (rendah) dataran membentang jauh di sebelah kiri. Ketidakseimbangan ini menambah suasana sedikit sureal dari gambar.

Fitur lain yang sedikit sureal dari Mona Lisa adalah dia kurang alis dan bulu mata. Ini bukan tindakan yang disengaja dari artis, seperti scan menunjukkan bahwa awalnya dia diberi keduanya. Ada kemungkinan bahwa pigmen warna yang digunakan untuk fitur wajah sejak pudar atau tidak sengaja telah dihapus selama pembersihan.

Mona Lisa mencontohkan kontribusi Leonardo untuk seni lukisan minyak, yaitu penguasaan sfumato. Teknik painterly ini melibatkan halus, nyaris tak terlihat, transisi dari satu warna ke warna lain, dengan cara gradasi tonal ultra-halus. Terbukti seluruh lukisan, penggunaan Leonardo dari sfumato terutama terlihat di contouring lembut wajah Lisa Gherardini itu, sekitar mata dan mulut. Itu adalah teknik lukisan minyak yang ia sudah menunjukkan dengan sukses besar di The Virgin of the Rocks (1483-5).

Kesan umum yang dibuat oleh Mona Lisa potret adalah salah satu dari ketenangan besar, diperkaya oleh udara yang pasti misteri. Ketenangan berasal dari skema diredam warna, nada suara sfumato menenangkan, dan harmoni yang diciptakan oleh piramida berbentuk pose sitter dan gorden bersahaja. Misteri berasal dari sejumlah faktor: pertama, dia setengah tersenyum penuh teka-teki; kedua, tatapannya, yang diarahkan ke kanan penampil; tangannya yang memiliki sedikit nyata, kualitas tak bernyawa – hampir seolah-olah mereka milik tubuh yang berbeda.

Dibuat oleh salah satu dari Old Masters terbesar dalam sejarah seni, Mona Lisa adalah contoh yang indah dari High Renaissance estetika cinquecento awal, dan telah menjadi ikon jelas dari budaya Barat: sebuah fakta yang diakui oleh Marcel Duchamp (1887-1968 ), ayah dari seni modern, dalam bukunya yang berjudul parodi LHOOQ

Pencarian Terkait:

Tags: #Lukisan #monalisa

5 Fakta Pelukis Monalisa Leonardo Da Vinci
5 Fakta Pelukis Monalisa Leonardo Da Vinci
Mona Lisa lukisan minyak pada kayu poplar
7 Fakta Tentang Lukisan Monalisa
7 Fakta Tentang Lukisan Monalisa
Mona Lisa mungkin yang paling populer dan
10 Lukisan Abstrak Terbaik di Dunia
10 Lukisan Abstrak Terbaik di Dunia
Mulai dari aneh dan indah menjadi tenang dan indah,

Comments are closed.

Must read×

Top