Macam Macam Demokrasi

Demokrasi merupakan salah satu bentuk pemerintahan yang paling populer di dunia. 167 dari 196 negara di dunia menggunakan sistem pemerintahan ini. Artinya lebih dari 85 % negara di dunia menggunakan sistem pemerintahan ini.

Dari paragraf diatas, dapat kita simpulkan bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang paling populer saat ini. Negara tercinta ini sejak awal terbentuk sudah menganut paham demokrasi.

Mengapa negara tercinta kita menganut sistem demokrasi, mengapa tidak yang lain? lalu apa sih sebenarnya demokrasi itu? mengapa kok menjadi sangat populer. Yuk mari lanjut baca artikel ini !

Pengertian Demokrasi

macam macam demokrasi

Tentunya untuk membahas lebih jauh tentang demokrasi, kita terlebih dahulu harus membahas tentang pengertian demokrasi. Demokrasi berasal dari 2 kata yang berasal dari bahasa Yunani. yaitu demos dan kratos? mengapa selalu saja yunani? karena memang pada masa itu, peradapan Yunani lah yang paling maju, sehingga sistem negaranya banyak ditiru oleh bangsa lain.

Lalu apa artinya demos dan kratos itu? demos artinya adalah rakyat dan kratos artinya adalah kekuasaan. Dari dua kata ini dapat kita ambil sedikit inti dari demokrasi yaitu kekuasaan yang berada di tangan rakyat.

Apa maksud dari kekuasaan di tangan rakyat? maksudnya adalah rakyat memiliki kendali penuh atas terselenggaranya kehidupan bernegara. Setiap warga negara memiliki hak yang setara untuk mengambil keputusan yang nantinya akan berpengaruh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ciri Ciri Demokrasi

macam macam demokrasi

Lanjut pembahasan berikutnya adalah ciri ciri demokrasi. Iya atau tidaknya sebuah negara menjalankan sistem pemerintahan ini dapat dilihat dari ciri ciri dibawah ini

  • Keputusan yang diwakilkan oleh pemerintan harus berdasarkan kepentingan rakyat.
  • Memiliki partai sebagai wadah untuk menampung aspirasi rakyat
  • Suara rakyat diwakilkan oleh beberapa orang yang dipilih oleh rakyat.
  • Memilih pihak yang akan menjalankan pemerintahan untuk kepentingan berbangsa dan bernegara.
  • Segala kepentingan dan kehendak rakyat dituliskan dalam suatu undang undang yang disepakati bersama.

Macam Macam Demokrasi

macam macam demokrasi

Ternyata, setelah di pelajari lebih lanjut. Demokrasi bukanlah sebuah pemerintahan yang kaku dan hanya terpaku pada satu sistem tertentu. Terdapat berbagai macam cara pengaplikasianya. Cara cara tersebut dapat disesuaikan dengan keadaan sebuah bangsa yang ingin menerapkan demokrasi.

Secara garis besar, demokrasi dibagi menjadi 2 cara. Namun sebenarnya 2 cara tersebut hanya berbeda dalam pelaksanaanya saja. Berikut ini macam macam demokrasi.

Demokrasi Langsung

Tipe demokrasi ini adalah yang memang langsung melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusan. Setiap rakyat memiliki hak yang sama, seorang pejabat dan seorang petani memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan. Contoh yang paling konkret adalah Pemilu (Pemilihan Umum). Dalam pemilu, setiap warga memiliki kekuatan yang sama. Suara petani dan presiden dalam pemilu memiliki bobot yang sama.

Demokrasi Tidak Langsung

Demokrasi tidak langsung tetap melibatkan rakyat dalam pengambilan keputusanya, namun suara suara rakyat akan diwakilkan oleh wakil rakyat, dalam pemerintahan Indonesia wakil rakyat terwujudkan berupa (DPR, DPD atau DPRD)

Demokrasi = Kegagalan ?

macam macam demokrasi

Demokrasi memiliki visi yang sangat memihak pada rakyat. Seolah olah, segala keinginan rakyat dapat diwujudkan oleh negara. Sistem ini memang paling diminati daripada sistem pemerintahan yang lain. Daripada sosialis, komunis atau monarki. Sistem ini memang terlihat paling baik diantara yang lainnya.

Memang indah sekali cita cita sistem demokrasi ini, namun praktiknya banyak negara yang malah hancur karena penyalahgunaan sistem ini. Tidak ada yang salah dalam sistem demokrasi, namun dalam penerapnya, tidak semua negara dapat menjalankan dengan baik.

Jelas sekali ciri khas dari sistem demokrasi adalah pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Namun tidak mungkin semua warga negara terlibat langsung dalam pengambilan keputusan, sehingga harus diwakilkan. Perwakilan inilah yang sering menjadi perusak cita cita demokrasi.

Partai yang seharusnya menjadi ujung tombak dalam mewakili suara rakyat malah menggunakan kekuasaanya untuk kepentingan kelompok mereka sendiri. Wakil rakyat yang seharusnya menjalankan amanah rakyat malah melakukan tindakan hina seperti korupsi yang hanya digunakan untuk kepuasan pribadi.

Tidak ada sistem di dunia ini yang sempurna. Namun kita sebagai warga negara memiliki peran penting dalam kehidupan bernegara. Dahulukan kepentingan orang banyak dan hindari konflik pemecah bangsa itulah 2 contoh mudah untuk menjadi warga negara yang baik. Merdeka !!

 

Pencarian Terkait:

Tags: #demokrasi #politik #sistem pemerintahan

Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Inilah Dia Pengertian, Contoh dan Bentuk Interaksi Sosial Kemasyarakatan
Pengertian, contoh dan bentuk interaksi sosial mungkin
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian Informasi dan Keuntungan serta Kerugiannya di Zaman Modern
Pengertian informasi mungkin jadi hal yang tak
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Pancasila Sebagai Dasar Negara
Untuk memperingati hari kesaktian pancasila yuk mari
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Mengenal Pengertian dan Contoh Akulturasi Budaya
Pengertian dan contoh Akulturasi memang kerap membingungkan

Comments are closed.

Must read×

Top