Learn Your Privilege !

Jika anda membaca ini, anda mungkin menikmati beberapa “keistimewaan”, atau di dalam Bahasa Inggris disebut privilege, yang mungkin tidak anda sadari. Bahkan, anda mungkin menganggap remeh hal-hal yang anda miliki; yaitu hakikat dari privilege itu sendiri. Hal ini mungkin sulit untuk dipahami, bahkan oleh orang dewasa. Tapi seorang guru SMA menemukan cara sederhana yang luar biasa untuk menjelaskannya sehingga murid-muridnya mampu memahaminya. Jangan lewatkan pelajaran brilian ini!

 1

Suatu ketika, saya melihat seorang guru SMA melakukan praktik sederhana namun sangat efektif untuk mengajarkan kepada murid-murid di kelasnya tentang “keistimewaan” dan mobilitas sosial. Guru tersebut memulai praktiknya dengan memberi selembar kertas kepada murid-muridnya. Ia kemudian meminta mereka untuk meremas kertas tersebut dan membentuknya menjadi bola.

2

Lalu, guru tersebut memindahkan tong sampah ke depan kelas.

3

Guru tersebut lalu berkata kepada murid-muridnya “Kalian mewakili populasi negara ini. Dan semua orang berkesempatan untuk menjadi kaya dan termasuk golongan kelas atas”.

4

” Untuk menjadi golongan kelas atas, hal yang harus kalian lakukan adalah lemparkan bola kertas kalian ke dalam tong sampah dari tempat kalian duduk.”

5

Murid-murid yang berada di deretan bangku belakang langsung protes,” Ini nggak adil, Pak”. Murid-murid yang protes tersebut tahu bahwa murid-murid lain yang duduk di deretan bangku lebih depan memiliki kesempatan yang jauh lebih bagus untuk memasukkan bola kertas ke tong sampah.

6

Akhirnya, semua murid pun tetap mencoba melempar, dan – sesuai perkiraan – hampir semua murid yang duduk di deretan bangku depan berhasil memasukkan bola kerta mereka, dan hanya beberapa murid di deretan belakang yang berhasil memasukkan bola kerta mereka.

7

Setelah itu, sang guru pun menjelaskan makna dibalik kegiatan yang mereka lakukan, ” Semakin dekat kalian ke tong sampah tersebut, peluang kalian juga semakin besar. Inilah rupa dari “keistimewaan (privilege)”. Apakah kalian menyadari bahwa yang melakukan protes tadi adalah murid-murid di deretan bangku belakang?”

“Sebaliknya, murid-murid yang ada di deretan bangku depan hampir tidak menyadari ‘keistimewaan” yang mereka miliki. Hal yang mereka pedulikan hanyalah jarak sejengkal antara mereka dan tujuan mereka.”

8

“Tugas kalian – sebagai murid yang mendapatkan pendidikan – adalah menyadari “keistimewaan (privilege)” yang kalian miliki, dan gunakan keistimewaan pendidikan ini untuk melakukan yang terbaik demi mencapai hal-hal besar sembari membantu mereka yang kurang beruntung dibandingkan kalian.”

Pencarian Terkait:

Tags: #kelas #privilege

8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
Masa-masa kuliah sering jadi momen yang sulit dilupakan
Belajar Finansial sejak Dini
Belajar Finansial sejak Dini
Seberapa muda seseorang mesti mulai memahami seluk
Sinopsis : English Vinglish
Sinopsis : English Vinglish
English Vinglish adalah sebuah film yang unik
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jutaan anak usia sekolah yang belum bersekolah

Leave a reply "Learn Your Privilege !"

Must read×

Top