Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya

Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami satu kali pergantian. Meski pun begitu, lambang koperasi lama yang sudah tidak digunakan lagi sampai saat ini masih terus dipelajari dan dijadikan sebagai salah satu bahan pembelajaran di mata pelajaran atau pun mata kuliah yang terkait dengan perkoperasian Indonesia.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam mempelajari lambang koperasi, baik yang baru mau pun yang lama beserta dengan arti dari setiap komponen lambang yang ada di dalam nya, kali ini kami ingin membagikan sedikit informasi mengenai lambang koperasi lama dan baru beserta dengan arti nya.

lambang koperasi

Lambang Koperasi Lama

Lambang koperasi Indonesia yang lama sejati nya sudah digunakan sejak pertama kali koperasi diresmikan di Indonesia. Sejak saat itu, lambang tersebut terus digunakan hingga tanggal 12 April 2012 yang lalu, yaitu ketika Kementerian UKM menerbitkan permen yang isi nya menyatakan bahwa lambang koperasi Indonesia yang baru resmi diberlakukan.

Arti dari lambang koperasi Indonesia yang lama adalah sebagai berikut:

Lambang Gerigi Roda

Lambang gerigi roda mewakili upaya keras yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Lambang ini menegaskan bahwa hanya orang yang mau bekerja keras lah yang dapat menjadi seorang calon anggota koperasi dengan jalan memenuhi berbagai macam persyaratan nya.

Rantai (di bagian sebelah kiri)

Rantai yang ada di sebelah bagian kiri dari lambang koperasi menggambarkan ikatan kekeluargaan, serta persatuan dan persahabatan yang terjalin dengan kokoh. Lambang ini menggambarkan jika setiap anggota koperasi merupakan pemilik dari koperasi tersebut, sehingga setiap anggota yang ada di dalam nya saling bersahabat, bersatu dalam lembaga kekeluargaan koperasi, dan tergabung dan terikat dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi. Dengan bersama – sama sepakat dan setuju mentaati AD dan ART yang ada maka padi dan kapas akan lebih mudah untuk didapatkan atau pun diperoleh.

Kapas dan Padi (di bagian sebelah kanan)

Kapas dan padi yang ada pada lambang koperasi Indonesia yang lama melambangkan kemakmuran setiap anggota koperasi Indonesia secara khusus nya dan kemakmuran rakyat Indonesia secara umum yang terus diupayakan oleh koperasi Indonesia. Dalam hal ini, kapas digunakan karena merupakan bahan baku pembuatan sandang atau pun pakaian sedangkan padi adalah bahan baku makanan. Dan normal nya mayoritas manusia sudah disebut cukup makmur juga ke dua hal ini (sandang dan pangan) sudah tercukupi dengan baik.

Timbangan

Lambang timbangan yang ada pada lambang koperasi Indonesia yang lama berarti keadilan sosial yang notabene merupakan salah satu prinsip dasar yang digunakan oleh Koperasi Indonesia. Dalam hal ini, setiap anggota koperasi wajib menerapkan prinsip adil dan seimbang antara “rantai” dan “padi kapas”, yang dalam hal ini juga diartikan harus seimbang antara “kewajiban” dan “hak”. Dan hal yang dapat menyeimbangkan ke dua hal tersebut adalah Bintang yang ada di dalam perisai.

Bintang

Lambang bintang yang ada pada perisai adalah Pancasila, yang juga digunakan sebagai landasan ideal Koperasi Indonesia. Lambang ini mengartikan bahwa anggota koperasi yang baik wajib mengindahkan setiap nilai – nilai kepercayaan dan keyakinan yang ada pada Pancasila. Disamping itu, perisai yang ada pada lambang koperasi Indonesia yang lama juga dapat diartikan sebagai “tubuh”, sedangkan lambang bintang yang ada pada lambang tersebut dapat diartikan sebagai “hati”.

Pohon Beringin

Keberadaan lambang pohon beringin pada logo koperasi Indonesia yang lama adalah sebagai simbol kehidupan, sebagaimana pohon yang ada pada Gunungan wayang yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Dahan yang ada pada pohon ini disebut kayu yang dalam bahasa Arab (Hayyu) memiliki arti kehidupan. Lambang pohon beringin ini juga menegaskan bahwa logo timbangan dan bintang yang ada pada perisai harus menjadi nilai hidup yang selalu dijunjung tinggi.

Tulisan Koperasi Indonesia

Tulisan koperasi Indonesia yang ada pada lambang bermaksud untuk menggambarkan koperasi rakyat Indonesia, bukan koperasi Negara lain nya. Dalam hal ini, karena tata kelola perkoperasian di luar negeri berjalan dengan sangat baik, maka koperasi Indonesia juga harus bisa menata lembaga ini dengan baik dan mandiri.

Warna Merah dan Putih

Keberadaan warna merah dan putih pada latar belakang lambang koperasi Indonesia yang lama menggambarkan sifat nasional Indonesia.

lambang koperasi

Lambang Koperasi Baru

Sejak Tanggal 12 April 2012, sesuai dengan Permen KUKM No: 02/Per/M.KUKM/IV/2012 mengenai penggunaan lambang koperasi Indonesia, lambang koperasi baru resmi digunakan. Dalam permen ini disebutkan bahwa:

Pasal 2:

“Bagi Gerakan Koperasi diseluruh Indonesia agar segera menyesuaikan penggunaan lambang koperasi Indonesia, sebagaimana pada Lampiran Peraturan Menteri ini.”

Pasal 3:

“Bagi koperasi yang masih memiliki kop surat dan tatalaksana administrasi lainnya dengan menggunakan lambang koperasi Indonesia yang lama, diberi kesempatan selambat-lambatnya pada tanggal 12 Juli 2012 telah menyesuaikan dengan lambang koperasi Indonesia yang baru.”

Pasal 6

“Dengan dikeluarkan nya Peraturan Menteri ini maka Lambang Koperasi yang lama dinyatakan tidak berlaku.”

Lambang koperasi Indonesia yang baru berupa lambang bunga menciptakan kesan berupa ada nya perkembangan dan kemajuan berarti terhadap dunia perkoperasian di Indonesia. Lambang ini mengandung makna jika koperasi yang ada di Indonesia harus terus mengalami perkembangan, harus selalu cemerlang, variatif, berwawasan luas, produktif, serta inovatif dalam setia kegiatan nya, serta selalu berwawasan dan berorientasi terhadap keunggulan dan teknologi.

Lambang berupa bentuk gambar 4 sudut yang menandakan arah mata angin memiliki maksud, jika koperasi Indonesia:

  • Sebagai gerakan penyalur aspirasi
  • Sebagai penggerak dasar ekonomi nasional kerakyatan
  • Sebagai penjunjung nilai kebersamaan, keadilan, kemandirian, dan juga demokrasi.
  • Selalu berpandangan dan menuju pada keunggulan dalam hal persaingan global.

Teks Koperasi Indonesia yang ada pada lambang koperasi Indonesia yang baru memberikan kesan kedinamisan dan kemodernan. Keberadaan teks ini menyiratkan kemajuan lembaga koperasi untuk terus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman yang berlandaskan pada pendayagunaan sistem perekonomian yang bersemangat juang tinggi. Peletakan teks Koperasi Indonesia yang sejajar rapi dan berkesinambungan memiliki arti ada nya ikatan yang kokoh, baik itu pada lingkungan internal Koperasi atau pun antara Koperasi Indonesia dengan para anggota nya.

Warga pastel yang digunakan pada lambang koperasi memberikan kesan berwibawa dan bersahaja. Penggunaan warna pastel ini juga menggambarkan ada nya sebuah keinginan, ketabahan, serta kemauan yang kuat terhadap peningkatan rasa percaya diri dan kebanggaan yang tinggi terhadap para pelaku aktivitas ekonomi yang lain nya.

Secara keseluruhan, lambang koperasi Indonesia yang baru mewakili falsafah hidup dalam berkoperasi yang terdiri dari:

  • Tulisan Koperasi Indonesia sebagai identitas lambang, dan
  • Gambar 4 helai kuncup bunga yang saling bertautan yang dihubungkan membentuk sebuah lingkaran menggambarkan semua pemangku kepentingan yang ada di dalam nya saling bekerja sama secara padu dan terkoordinasi dengan harmonis dalam upaya membangun koperasi Indonesia.

Saat ini, logo Koperasi Indonesia hanya boleh digunakan pada beberapa tempat saja, yaitu pada umbul – umbul koperasi, pada papan nama kantor koperasi, pada pataka, serta pada setiap atribut perkoperasian seperti pin, tanda pengenal, dan emblem yang digunakan dalam  acara – acara yang melibatkan Lembaga Koperasi Indonesia.

Itulah sedikit informasi mengenai lambang koperasi lama dan baru beserta arti nya yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #korporat #lembaga

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
Pengertian Globalisasi dan Dampaknya Pada Dunia
 Kata globalisasi akhir akhir ini menjadi sangat

Comments are closed.

Must read×

Top