Jenis – Jenis Cara Membaca

Salah satu hal penting ketika anda belajar atau sedang mengajar adalah cara atau jenis membaca. anda harus tau jenis membaca mana yang paling tepat untuk anda ketika mempelajari sesuatu. selain untuk diri sendiri, jika anda seorang pengajar maka anda harus tau jenis membaca seperti apa yang cocok bagi murid anda dalam memperlajari sesuatu.

Lihat juga Kata – Kata Motivasi Belajar

sebagai pengajar anda harus mengajarkan jenis membaca mana yang paling cocok untuk diterapkan dalam keadaan tertentu. misal pada saat masa ujian , saat dimana faktor waktu memiliki peranan yang sangat penting maka jenis membaca tertentu sangat tepat diterapkan dalam persiapan menghadapi ujian.

Berikut ini jenis – jenis membaca :

Jenis - Jenis Membaca

Skimming

Skimming biasanyaa disebut sebagai membaca inti. Skimming dapat membantu untuk mengetahui inti dari bacaan pada tingkat yang paling dasar. Anda biasanya dapat melakukan ini pada saat membaca majalah atau koran dan akan membantu Anda secara cepat untuk memilah artikel-artikel yang mungkin akan anda baca dengan lebih rinci. Anda biasanya melakukan skimming pada saat mencari nama di buku telepon.

Anda dapat mencapai kecepatan membaca bahkan sampai 700 kata per menit jika Anda melatih diri dengan baik dalam metode ini. Tingkat Pemahaman dengan metode ini tentu saja sangat rendah dan pemahaman tentang isi konten secara keseluruhan juga sangat dangkal.

 

Jenis - Jenis Membaca

Scanning

Bayangkan diri Anda mengunjungi sebuah kota bersejarah, dan anda memiliki buku panduan. Kemungkinan besar anda hanya membaca bagian buku panduan untuk situs sejarah yang akan anda kunjungi. Dengan metode scanning, mata anda akan terus melewati beberapa kata untuk mendapatkan sedikit informasi sederhana. Menariknya, penelitian telah menyimpulkan bahwa membaca dari layar komputer sebenarnya menghambat efektifitas metode scanning, sebaliknya membaca buku jauh lebih baik untuk mempercepat pemahaman.

Kadang siswa susah memahami sebuah ilustrasi sehingga perlu Perhatian khusus dalam memberikan pengenalan aw dan kesimpulan.

 

Jenis - Jenis Membaca

Intensive Reading

Anda harus memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran Anda ketika melakukan Intensive Reading. Metode ini akan memakan lebih banyak waktu dibandingkan metode Scanning dan Skimming. Jika Anda perlu mencatat daftar kronologi suatu kejadian maka anda perlu untuk membacanya secara intensif. Jenis membaca ini memang bermanfaat bagi orang yang mempelajari bahasa tertentu karena membantu mereka memahami kosakata dengan menyimpulkan makna kata-kata dalam konteks tertentu.Selain itu jenis membaca ini membantu menyimpan informasi untuk jangka waktu yang lama dan peningkatan pengetahuan yang dihasilkan dari membaca intensif.

Ini adalah salah satu alasan mengapa membaca banyak bahan sebelum ujian tidak akan bekerja dengan baik. Ketika siswa melakukan hal ini, mereka tidak melakukan proses membaca secara efektif, terutama mengabaikan membaca intensif. Mereka mungkin ingat jawaban dalam ujian tapi kemungkinan akan melupakan segalanya segera setelah itu.

 

Jenis - Jenis Membaca

Ekstensif Reading

Membaca ekstensif adalah membaca untuk kesenangan. Karena ada unsur kenikmatan dalam membaca ekstensif maka tidak mungkin siswa akan membaca apa  yang tidak mereka tidak suka. Jika bacaan sulit dipahami dan Anda berhenti setiap beberapa menit untuk mencari tahu apa yang dikatakan atau untuk mencari kata-kata baru dalam kamus maka akan merusak konsentrasi dan mengalihkan pikiran Anda.

Apakah kemampuan untuk belajar dan menyerap informasi menurun secara genetis?

Hal ini tidak biasa bagi orang untuk mengasosiasikan anak-anak cerdas dengan orang tua yang sama-sama cerdas dengan mereka. Seringkali anak-anak dari orang tua yang cerdas tampak lebih cerdas dari orang tuanya. Namun, penting untuk dicatat pertama dan terutama, bahwa kecerdasan akademik hanya salah satu bentuk kecerdasan dan bahkan profesor universitas yang skor tinggi pada kecerdasan akademis, mungkin orang yang paling tidak bisa mengerjakan hal hal yg bersifat praktek, menemukan kesulitan untuk memecahkan masalah pragmatis untuk tugas sehari-hari yang sederhana.

Para ilmuwan telah menemukan hubungan yang masuk akal antara gen kita dan kemampuan kita untuk belajar atau kecerdasan kita. Tidak ada tes DNA genetik yang dapat memprediksi kecerdasan karena kecerdasan adalah karena lingkungan Anda. Sangat mungkin bahwa anak-anak dengan orang tua yang cerdas akan menjadi lebih cerdas karena orang tua mereka mendorong anak anak untuk lebih cerdas. banyak orang tua yang mengabaikan anak-anak mereka dan tidak menegakkan komitmen pendidikan kepada mereka (melakukan PR mereka, waktu belajar dll) akan menjadi “kurang cerdas” di sekolah.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #Guru #pendidikan #Sekolah #Siswa

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top