Istilah ‘Absen’ yang Keliru dalam Pembuka Pembelajaran di Kelas

Sekolah adalah tempat belajar bahasa Indonesia baku untuk siswa. Diharapkan, siswa dapat mengucapkan lafal bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tetapi nyatanya tidak demikian, masih dijumpai guru di sekolah menggunakan istilah yang salah. Satu di antaranya adalah istilah ‘ABSEN’ yang digunakan guru untuk mengetahui kehadiran siswa di awal pembelajaran.

Absen berasal dari bahasa Inggris, absent yang artinya tidak hadir. Namun kenyataan dalam kehidupan sehari-hari membuktikan, penggunaan kata tersebut diartikan sebaliknya, menjadi hadir.

Di sekolah dan kantor-kantor baik swasta maupun pemerintah, istilah buku absen digunakan untuk memberi label buku daftar hadir. Begitu pula kartu absen, yakni kartu yang digunakan untuk mengetahui kehadiran seseorang.

Merujuk pada arti dalam bahasa Inggris tadi, kata absen untuk buku absen atau kartu absen perlu diganti dengan presency card atau kartu kehadiran, yang berasal dari bahasa Inggris, present yang artinya hadir, mempersembahkan. Jadi sebaiknya digunakan bahasa Indonesia, misalnya kartu kehadiran atau buku daftar hadir.

Sehingga dalam pembelajaran di sekolah, guru sebaiknya menggunakan istilah ‘PRESENSI’. Dalam perwujudan kalimatnya digunakan seperti ini,”Anak-anak, saya presensi terlebih dahulu ya”, bukan “Anak-anak, saya absensi terlebih dahulu ya!”.

Pencarian Terkait:

Tags: #Absen #kelas #Pembelajaran #presensi

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top