Hal-hal yang dapat diteladani dari Komik Naruto

Serial komik Naruto akhir tahun kemarin sudah tamat. Komik yang berkisah tentang perjuangan seorang anak bernama Naruto menjadi Hokage (Pemimpin desa), begitu terkenal di dunia. Berikut beberapa hal positif yang dapat diteladani dari komik Naruto :

Semangat hidup

Semangat hidup merupakan alasan mendasar bagi seseorang untuk tetap bertahan hidup dan memperjuangkan cita-citanya di dunia ini. Dalam komik Naruto, pelajaran tentang pelajaran hidup ditampilkan oleh tokoh-tokoh protagonis berkarakter baik, dalam porsi yang relatif besar. Misalnya sang tokoh utama Naruto Uzumaki, termasuk sosok yang mempunyai semangat hidup yang membara.

Sejak kecil Naruto telah menjadi anak yatim piatu. Mayoritas penduduk Konohagakure membenci karena di tubuhnya bersemayam monster Kyuubi (monster berekor sembilan). Selain itu mereka membencinya karena Naruto merupakan pribadi yang cenderung hiper aktif, ambisius dan identik dengan beberapa karakter negatif, seperti banyak bicara atau berisik, gegabah, tidak sabar, sok tahu dan usil. Naruto sering membuat keributan di desanya karena ingin mendapatkan perhatian dari penduduk setempat, yang membenci dan menjauhinya karena di dalam tubuhnya bersemayam monster Kyuubi.

Naruto tidak mengeluh dengan semua keadaan itu, justru dengan segala kelemahan yang dimilikinya, dia tetap mempunyai semangat hidup yang mampu memperteguh tekadnya untuk terus memperjuangkan cita-citanya, yaitu menjadi Hokage di masa depan. Pada kehidupan nyata, semangat hidup harus terus ditanamkan dan dipupuk dalam hati anak-anak, agar mereka mempunyai kekuatan untuk berjuang untuk menggapai cita-citanya.

Nilai keberanian

Nilai keberanian ditunjukkan antara lain dengan melakukan suatu tindakan yang beresiko tinggi dengan penuh rasa tanggung jawab dalam rangka menegakkan kebenaran. Nilai keberanian juga ditunjukkan dalam porsi yang besar dalam komik Naruto. Misalnya ditunjukkan oleh Shikamaru Nara ketika mengahadapi salah soarang anggota Organisasi Ninja Akatsuki yang tidak bisa mati. Alkisah tim Asuma Sarutobi mendapat misi mengahadap Hidan dan Kakuzu ketika melakukan perjalanan melalui Land of Fire. Dalam pertarungan itu, Asuma mengorbankan nyawanya demi melindungi rekan timnya.

Di lain waktu ketika Hidan dan Kakuzu bermaksud menyelesaikan pertarungan lagi di Konoha, Shikamaru berhasil memancing Hidan agar menjauh dari Kakuzu, menuju lokasi jebakan yang telah disiapkan sebelumnya. Pada saat itulah, Kakuzu bertarung dengan anggota-anggota tim Shikamaru lainnya, sementara di tempat lain, Shikamaru dengan penuh jiwa keberanian, bertarung melawan Hidan sendirian. Shikamaru berhasil telah membelit tubuh Hidan dengan kertas ledakan yang menciptakan sebuah lubang besar di bawah Hidan.

Dalam kehidupan nyata, nilai-nilai keberanian hendaknya diletakkan pada platform yang benar, yaitu keberanian yang bertanggung jawab untuk menegakkan kebenaran. Jangan sampai, nilai-nilai keberanian disalahartikan dan disalahgunakan. Misalnya, atas nama keberanian, maka seorang pelajar sepakat untuk berkelahi melawan kakak kelasnya atau tawuran.

Kasih sayang

Kasih sayang antara lain diwujudkan dalam bentuk perhatian dan empati yang datang dari hati terdalam, tanpa pamrih sama sekali. Dalam komik Naruto, kasih sayang yang tulus ditunjukkan oleh guru Iruka Umino ke pada muridnya, yaitu Naruto Uzumaki. Nilai-nilai kasih sayang hendaknya dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tumbuh keselarasan.

Kesetiakawanan

Kesetiakawanan adalah mendahulukan kepentingan tim atau kelompok di atas kepentingan pribadi. Dalam komik Naruto, nilai kesetiakawanan antara lain ditunjukkan pada bagian flash back, di mana Kakashi telah menjadi seorang Jounin pada usia 12 tahun. Kakashi berada satu tim bersama Obito Itachi dan Rin. Adapun yang bertindak sebagai guru mereka adalah Minato Namikaze yang kelak menjadi Hokage keempat.

Ketika tim tersebut terlibat pertarungan dalam rangka misi menghancurkan jembatan, Rin tertangkap oleh pihak musuh sehingga nyawa Rin terancam. Semula Kakashi bermaksud mengabaikan keselamatan Rin, dan hendak meneruskan misi. Namun atas himbauan Obito, maka Kakashi dan Obito memutuskan untuk menyelamatkan Rin. Karena kesetiakawanan yang tinggi itulah, akhiranya, mereka berdua berhasil menyelamatkan Rin. Sayang penyelamatan itu membuat Obito tertindih batu besar dan harus merelakan nyawanya. Sebelum meninggal dunia, Obito memerintah Rin agar memindahkan mata Sharingannya sebagai hadiah untuk kenaikan tingkat untuk Kakashi. Dengan mata pemberian itulah, akhirnya Kakashi mengalahkan musuh.

Karena pelajaran kesetiakawanan Obito itulah, maka Kakashi berubah menjadi sosok yang sangat menghargai nilai-nilai persahabatan yang ditunjukan dengan tingkat kesetiakawanan yang tinggi.

Pengorbanan

Pengorbanan adalah melakukan suatu tindakan secara sadar untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat luas, walaupun beresiko kehilangan nyawa. Sikap rela berkorban untuk kepentingan masyarakat yang lebih besar, antara lain ditunjukan oleh tokoh Minato Namikaze. Minato yang saat itu menjabat sebagai Hokage keempat, rela mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan seluruh penduduk Konohagakure, dari serangan monster Kyuubi. Minato tewas dalam ritual penyegelan monster Kyuubi ke dalam tubuh anak kandungnya sendiri. Yaitu Naruto Uzumaki. Pada saat itu, Minato tidak hanya mengorbankan nyawanya, namun juga merelakan tubuh anaknya menjadi persemayaman monster tersebut.

Pada masa sekarang ini, nilai-nilai pengorbanan agaknya telah mulai luntur. Padahal Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri atas dasar pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan tetesan keringat, air mata dan darah. Karena itu perlu ditanamkan kembali nilai-nilai pengorbanan ke dalam dada sanubari anak-anak Indonesia.

Cinta tanah air

Pada dasarnya, cinta tanah air merupakan salah satu naluri manusia. Seseorang mencintai tanah airnya karena di tempat itulah dilahirkan, dibesarkan, dan mencari penghidupan untuk meraih kesuksesan hidup. Bahkan sebuah pepatah mengatakan bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Cinta tanah air dibuktikan dengan cara berbakti kepada tanah air itu, yaitu dengan cara membangun Negara dan membela Nagara. Membangun Negara berarti mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dengan cara turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, turut serta dalam kehidupan sosial, dan turut serta memelihara dan mengembangkan kebudayaan nasional yang sesuai dengan ajaran agama.

Sedangkan tindakan membela negara dilakukan dengan tujuan melindungi negara dari berbagai ancaman dari dalam maupun dari luar, serta memelihara ketertiban umum, yaitu mengantisipasi dan mengatasi kemungkinan terjadinya berbagai kekacauan yang berpotensi menyebabkan keresahan masyarakat. Untuk itulah perlu digalang semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam komik Naruto, semangat cinta tanah air antara lain ditunjukkan oleh terbentuknya aliansi militer antara dua klan ninja terkuat, yaitu klan Senju dan klan Uciha, di mana mereka bersepakat untuk menjadi kekuatan militer bagi negara api. Setelah kesepakatan itulah, seluruh Shinobi dan ninja Konohagakure melakukan misi-misi meliter untuk menjaga stabilitas keamanan seluruh wilayah negara api. Dengan kalimat lain, sejak aliansi itu, mereka melakukan perjuangan atas dasar rasa cinta tanah air.

Etos kerja

Etos kerja yang tergambar secara eksplisit dikemukakan dalam komik naruto, volume 10, contohnya seperti Roklee yang tidak mempunyai keahlian menjadi ninja yang hebat, pada porsi ini ia menerangkan betapa pentingnya kerja keras untuk menghasilkan sesuatu. Rocklee berusaha keras untuk bisa menjadi hebat, untuk menyaingi Neiji, berkat kerja keras itulah Rocklee bisa menguasai jurus ninja tingkat tinggi yaitu jurus delapan gerbang pelepasan.

Etos kerja dalam arti luas menyangkut akan akhlak dalam pekerjaan. Untuk bisa menimbang bagaimana akhlak seseorang dalam bekerja sangat tergantung dari cara melihat arti kerja dalam kehidupan, cara bekerja dan hakikat bekerja.

Pencarian Terkait:

Tags: #komik #naruto #teladan

8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
Masa-masa kuliah sering jadi momen yang sulit dilupakan
Belajar Finansial sejak Dini
Belajar Finansial sejak Dini
Seberapa muda seseorang mesti mulai memahami seluk
Sinopsis : English Vinglish
Sinopsis : English Vinglish
English Vinglish adalah sebuah film yang unik
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jutaan anak usia sekolah yang belum bersekolah

Leave a reply "Hal-hal yang dapat diteladani dari Komik Naruto"

Must read×

Top