Fungsi Negara Menurut para Ahli

Fungsi negara dapat diartikan sebagai kegunaan atau pun manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap orang yang terkait dengan negara tersebut, entah itu penduduk negara, pengusaha yang menanamkan modal di negara tersebut, atau bahkan negara – negara lain nya terhadap keberadaan negara tersebut di Dunia.

Seperti yang kita ketahui bersama, negara yang notabene dibentuk atas dasar kesamaan tujuan dan pandangan hidup, sejati nya memiliki tugas yang tidak sedikit jumlah nya, yang dalam hal ini sangat terkait dengan kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia, baik yang tinggal di dalam nya mau pun yang hanya sekedar terkait saja.

fungsi negara

Jika ditinjau dari dasar terbentuk nya negara, maka dapat dikatakan jika fungsi negara sejati nya adalah mewujudkan dan memenuhi cita – cita, impian, dan tujuan bangsa yang tinggal di dalam nya dengan jalan yang berguna dan bermanfaat untuk para pihak terkait.

Jika dijabarkan secara terperinci, berikut merupakan fungsi negara menurut beberapa para ahli:

Profesor Miriam Budiarjo

Menurut Prof. Miriam Budiarjo, setiap negara, apa pun itu ideologi nya, pasti memiliki empat fungsi yang dalam kondisi tertentu dapat berkembang menjadi lebih luas / lebih banyak bergantung pada tujuan yang hendak dicapai oleh negara tersebut. Keempat fungsi negara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fungsi Penertiban – fungsi ini memegang peranan yang sangat penting, terutama dalam mengantisipasi dan mencegah terjadi nya berbagai macam bentrokan, pertikaian, dan juga berbagai macam permasalahan keamanan lain nya yang mungkin saja terjadi di masyarakat yang dikhawatirkan dapat menimbulkan hambatan dan penghalang tercapai nya tujuan – tujuan negara. Dalam hal ini, negara memiliki fungsi sebagai perancang, pembuat, dan pengatur berjalan nya kehidupan masyarakat melalui tata hukum dan perundang – undangan yang berlaku di negara tersebut.
  • Fungsi kemakmuran dan kesejahteraan – fungsi ini sangat terkait dengan tujuan awal didirikan nya setiap negara, yaitu untuk mempermudah tercapai nya kebahagiaan dan kesejahteraan penduduk / masyarakat. Dalam hal ini, negara memiliki fungsi, kewajiban, dan hak untuk mengatur jalan nya perekonomian di setiap penjuru wilayah kekuasaan nya dan dalam praktik nya pemerintah akan sangat bergantung kepada aksi nyata dan peran aktif masyarakat yang notabene merupakan objek dari setiap kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah.
  • Fungsi Pertahanan – fungsi negara menurut Prof. Miriam Budiarjo yang selanjutnya adalah sebagai penyedia ornamen pertahanan negara. Dalam hal ini, negara memiliki kewajiban untuk melindungi keutuhan, eksistensi, dan kemerdekaan penduduk nya secara menyeluruh dari berbagai macam ancaman dan serangan yang mungkin terjadi baik itu yang berasal dari luar atau pun yang berasal dari dalam negara tersebut. Normal nya, dalam menjalan kan fungsi ini, negara akan membentuk satuan terlatih khusus yang dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dan sistem pertahanan yang lengkap (di Indonesia adalah TNI dan POLRI).
  • Fungsi Keadilan – fungsi ini mencakup setumpuk tugas yang terkait dengan urusan ketidakadilan yang sering kali terjadi dalam kehidupan di suatu negara. Dalam hal ini, negara berkewajiban untuk memberikan dan menjamin berjalan nya keadilan tanpa memihak dan membeda – bedakan antara satu warga negara / kelompok warga negara dengan satu warga negara / kelompok warga negara lain nya.

fungsi negara

John Locke

Menurut John Locke, salah seorang filsuf yang tinggal di Inggris, fungsi negara dapat dijabarkan dalam teori Pemisahan Kekuasaan, yang mencakup:

  • Fungsi Legislatif, yaitu negara memiliki fungsi, hak, dan kewajiban seutuhnya untuk merancang dan menyusun hukum dan peraturan perundang-undangan di setiap wilayah kekuasaan nya.
  • Fungsi Eksekutif, yaitu negara memiliki fungsi, hak, dan kewajiban sepenuhnya untuk menjalankan setiap poin yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan yang telah disusun sebelumnya.
  • Fungsi Federatif, yaitu negara memiliki fungsi sebagai perantara sekaligus perpanjangan tangan masyarakat terkait dengan berbagai macam urusan luar negeri, masalah perdamaian negara, dan juga masalah peperangan yang terkait dengan negara tersebut.

fungsi negara

Montesquieu

Menurut Montesquieu, setidaknya setiap negara memiliki tiga fungsi utama yang disebut nya dengan istilah Trias Politica yang terdiri dari:

  • Fungsi Legislatif, yang artinya negara berfungsi sebagai perancang dan pembuat undang – undang / peraturan hukum yang berlaku di negara tersebut.
  • Fungsi Eksekutif, yang artinya disamping menjadi perancang undang – undang, negara juga berfungsi sebagai pelaksana undang – undang tersebut.
  • Fungsi Yudikatif (peradilan), yang artinya negara memiliki fungsi sebagai pengawas dan penegak setiap peraturan perundang – undangan yang telah dibuat sebelumnya sehingga ditaati dan dijalankan oleh setiap elemen warga negara nya.

Goodnow

fungsi negara

Menurut Goodnow yang merupakan seorang ahli politik berkebangsaan Amerika Serikat, suatu negara memiliki dua fungsi utama, sebagai berikut:

  • Policy Making, yaitu sebagai pembuat kebijakan yang nantinya akan diberlakukan untuk setiap warga negara yang tinggal dan menduduki wilayah kekuasaan negara tersebut. Dalam hal ini, negara memiliki kewajiban, sekaligus hak menyeluruh terhadap proses pembuatan dan penentu kebijaksanaan yang terkait dengan eksistensi, keberlangsungan, kesejahteraan, dan kemakmuran negara dan penduduknya.
  • Policy Executing, yaitu negara memiliki fungsi sebagai pelaksana aktivitas pengawasan atau pun sebagai penegak setiap kebijakan yang telah dibuat sebelumnya. Dalam hal ini, negara wajib menetapkan aktivitas dan media apa saja yang akan digunakan sehingga tujuan dari kebijakan yang telah dibuat sebelumnya bisa tercapai dengan baik.

fungsi negara

Lioyd Vernon Balard

Menurut Lioyd Vernon Balard, jika ditinjau dari segi sosiologis, negara memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Social Conversation, yaitu sebagai penengah konflik dalam hubungan sosial yang berlangsung antar warga negara nya.
  • Social Control, yaitu sebagai pengatur, pengkoordinir, lembagai perdamaian, serta sebagai penyesuai sikap individu atau pun kelompok masyarakat yang sedang terlibat dalam pertikaian atau pun perselisihan.
  • Social Amelioration, yaitu sebagai penjamin atau pun penetralisir berbagai macam dampak yang timbul dari adanya pertikaian atau pun perselisihan antar individu atau pun kelompok masyarakat. Fungsi negara berupa social Amelioration juga mencakup antisipasi terjadinya kemiskinan dan kemelaratan pada orang – orang penderita disabilitas dengan jalan pemeliharaan secara menyeluruh.
  • Social Improvement, yaitu sebagai lembaga pengembang sekaligus pendorong kemajuan tata hidup masyarakat, baik dari bidang pendidikan, bidang seni dan budaya, bidang penemuan ilmiah, bidang olah raga, dan bidang – bidang lain nya.

fungsi negara

Van Vollenhoven

Menurut Van Vollenhoven, fungsi negara dapat dikelompokkan ke dalam empat hal yang menurut nya diistilahkan dengan sebutan catur praja. Keempat fungsi tersebut adalah:

  • Fungsi Regeling, yaitu negara berguna sebagai lembaga pembuat dan perancang peraturan dan undang – undang.
  • Fungsi Bestuur, yaitu negara berguna sebagai penyelenggara sekaligus pelaksana aktivitas pemerintahan di seluruh wilayah kekuasaan nya.
  • Fungsi Rechtspraak, yaitu negara memiliki fungsi sebagai pelaksana penegakan hukum atau pun fungsi keadilan / kehakiman.
  • Fungsi Politie, yaitu negara memiliki fungsi sebagai lembaga penjamin keamanan dan ketertiban di seluruh penjuru wilayah kekuasaan nya.

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai fungsi negara yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #organisasi #parlemen #pemerintah #politik

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top