Diduga Ada Mafia, Bupati Sampang Diminta Pecat Kepala Dinas Pendidikan

Sekitar 100 orang dari Madura Development Watch (MDW) berunjuk rasa di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Mereka mendesak Bupati Sampang Fannan Hasib memecat Kepala Dinas Pendidikan setempat, Heri Purnomo. Mereka menduga Heri terlibat dalam mafia pendidikan di Sampang.

“Pendidikan yang seharusnya berkualitas baik malah makin hancur dengan adanya mafia pendidikan. Di tahun 2013 ada sekitar 2.600 guru penerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) dan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Dari itu semua terdapat pungutan liar yang menghasilkan uang haram sebesar Rp1,56 miliar,” ungkap Tamsul saat berorasi di depan kantor di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Senin (2/3/2015).

Mereka mendesak Kepala Bidang Tenaga Pendidikan (Kabid Tendik) dan Bagian Mutasi Anwar Hariyono dicopot dari jabatannya. Diduga, ia memperjualbelikan promosi jabatan dam pengawas di sejumlah SD, SMP, hingga SMA.

Menurut Tamsul,  hasil investigasi MDW mengungkapkan jual beli jabatan kepala SDN. Siapa yang berminat, harus menyetor uang partisipasi hingga Rp15 juta. Sementara nilai yang disetor untuk jabatan Kepala SMP dan SMA lebih besar lagi.

Mereka juga mempertanyakan adanya dugaan pungutan liar (pungli) pada bagian operator Kabupaten yang melakukan verifikasi data faktual dengan nilai pungli bervariasi antara Rp. 25. 000 hingga Rp. 100.000 perorang.

Namun hingga aksi mereka berakhir, Kepala Disdik Sampang tidak keluar menemui massa, suasana sempat memanas saat yang keluar menemui massa hanyalah  Kepala Bidang. Massa yang kecewa akhirnya pergi meninggalkan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang.

Sementara Kabid Tendik dan Bagian Mutasi membantah tuduhan tersebut. “Kami tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan, termasuk meminta sejumlah dana,” tegas Anwar.

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #kasus #pendidikan

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Comments are closed.

Must read×

Top