Contoh Paragraf Induktif

Dalam mempelajari bahasa indonesia, salah satu pembelejaran yang sangat penting adalah tentang paragraf induktif. Dalam artikel ini bangkudepan akan membahas tuntas tentang contoh paragraf induktif.

Sebelumnya Bangkudepan telah membahas beberapa paragraf lain yang sangat berhubungan dengan paragraf induktif. Kamu bisa mempelajari tentang paragraf deduktif, paragraf argumentasi dan paragraf narasi di link link yang telah kami berikan.

Oke sekarang lanjut kembali ke paragraf induktif. Walaupun judulnya adalah contoh paragraf induktif, tapi tenang saja kami akan membahas tuntas tentang segala macam yang berhubungan dengan paragraf induktif. Check this out !

Pengertian Paragraf Induktif

Masuk pada materi pertama adalah pengertian paragraf induktif. Sebelum masuk materi lain sebaiknya memang kita harus tahu dahulu apa yang dimaksud dengan paragraf induktif sehingga nantinya ketika masuk ke materi ciri ciri dan contoh paragraf induktif kamu tidak mengalami kebingungan dengan istilah istilah yang dipakai.

Pengertian paragraf induktif adalah paragraf/kumpulan kalimat yang memiliki ide pokok yang terletak di akhir paragraf. Paragraf induktif merupakan kebalikan dari paragraf deduktif yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

Ciri paragraf induktif

Pembahasan selanjutnya adalah tentang ciri ciri paragraf induktif. Berikut ini adalah poin poin pembeda paragraf induktif dari paragraf lain.

  • Kalimat utamanya berada di akhir paragraf
  • Awal kalimat penjelas
  • Akhir kalimat utama

Contoh Paragraf Induktif

Yak, sekarang kita masuk ke pembahasan utama kita, yaitu contoh paragraf induktif. Selain contohnya, kita akan membahas mana kalimat utama mana kalimat penjelasnya sehingga ciri ciri paragraf induktif diatas dapat terpenuhi.

Contoh pertama

contoh paragraf induktif

Salah satu fenomena perkembangan bisnis yang paling populer adalah kesuksesan ice cream magnum. Ketika booming ice cream ini sedang berlangsung pihak produsen menemukan ide brilian dengan membuat magnum cafe yang khusus menjual produk magnum. Inilah yang dinamakan keberuntungan berpihak kepada orang yang pintar memanfaatkan peluang.

Pembahasan

pada contoh pertama ini beberapa kalimat awal menjelaskan tentang pemanfaat peluang, pada kalimat terakhirnya dijelaskan tentang inti dari paragraf ini.

Contoh kedua

Ketika seseorang mengalami demam yang sangat tinggi selama beberapa hari kemudian juga munculnya bintik bintik merah pada kulit serta terjadinya pendarahan atau mimisan bisa jadi itu merupakan tanda tanda dari demam berdarah. Beramacam macam gejala demam berdarah tersebut seharusnya segera dikonsultasikan ke dokter atau rumah sakit.

Pembahasan

Inti kalimat terletak pada kalimat “bermacam macam gejala demam berdarah …. dst” namun sebelumnya diawali dengan beberapa kalimat penjelas tentang demam berdarah.

Nah, itulah dua contoh paragraf induktif yang kami rasa cukup untuk membuat pembaca setia sekalian paham tentang materi paragraf induksi.

Kesimpulan

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir kalimat. Paragraf ini diawali dengan kalimat kalimat penjelas kemudian diakhiri dengan kalimat penutup. Contoh paragraf induktif diatas dapat membantu kamu untuk semakin memahami jenis paragraf ini.

Like & Share jika sekiranya artikel ini berguna bagi teman teman bangkudepan sekalian, sampai berjumpa di artikel menarik lainnya.

Pencarian Terkait:

Tags: #bahasa indonesia #induktif #paragraf

5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
Salah satu karya sastra yang sering kita
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Kembali ke kategori sastra, kali ini kita
Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi
Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
Pengertian, Tips n Trik dan Contoh Paragraf Narasi
Pengertian, Tips n Trik dan Contoh Paragraf Narasi
Pada artikel ini, bangkudepan akan membahasa tuntas

Comments are closed.

Must read×

Top