Pengertian,Tips dan Contoh Paragraf Eksposisi

Dalam ilmus sastra bahasa Indonesia terdapat sebuah cara untuk memaparkan sesuatu dalam membuat sebuah tulisan, cara itu adalah dengan menggunakan paragraf eksposisi.

Pengertian Teks /  Paragraf Eksposisi

Teks paragraf eksposisi digunakan untuk mengungkapkan sebuah gagasan pribadi mengenai sebuah masalah atau tema. Untuk menguatkan pendapat tersebut dalam paragraf ekposisi akan ditambahkan argumen argumen yang sesuai dengan tema yang sedang diangkat.

contoh paragraf eksposisi

Dalam penulisannya, paragraf eksposisi biasanya menggunakan kata kata baku yang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa indonesia. Paragraf eksposisi di tulis dengan cara singkat padat dan jelas. Hal ini disebabkan karena memang tujuan utama dari paragraf eksposisi adalah membuat audiens / pembaca mengerti apa inti gagasan yang disampaikan pengarang.

Struktur paragraf / teks eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki struktur yang berupa tesis, argumentasi dan penegasan ulang. Ketika struktur tersebut secara tertulis tidak akan terlihat namun secara struktur harus ada dalam teks eksposisi.

Tesis berisikan gagasan utama yang disampaikan oleh penulis/pengarang tentang tema atau masalah yang diangkat.

Argumentasi adalah penjelasan yang lebih mendalam yang digunakan untuk memperkuat gagasan utama.

Penegas ulang biasanya digunakan untuk menguatkan kembali gagasan utama dan juga sebagai penarik kesimpulan.

ketiga struktur tersebut dapat dituliskan dalam paragraf yang terpisah ataupun dalam satu kesatuan teks.

Tips Mengarang Paragraf / Eksposisi

Untuk mengarang paragraf eksposisi yang baik dan benar terdapat beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan.

Menguasai ide dan tema

Karena teks eksposisi bersifat ilmiah maka kamu tentunya harus menguasai tema yang diangkat. Biasanya kamu akan perlu melakukan beberapa riset mengenai tema tersebut.

Kamu juga harus menguasai ide yang akan kamu sampaikan. Ide kamu harus logis dan bisa diterima secara ilmiah, tentu untuk memperkuatnya kamu harus melakukan riset tentang ide kamu tersebut.

Menganalisa gagasan

Setelah benar benar menguasai tentang ide paragraf eksposisi. Pengarang harus menganalisa gagasan. Biasanya setelah itu akan muncul pro dan kontra mengani gagasan yang akan diungkapkan. Dengan mengetahui pro dan kontra dari gagasan tersebut, kamu bisa memperkuat ide / gagasan dengan menambahkan bukti ilmiah / riset yang telah diterbitkan.

Mengungkapkan gagasan Secara Jelas

Dalam membuat karangan, selain penulisan yang sesuai dengan tata bahasa baku, kamu juga harus memperhatikan pemilihan kata. Kata kata yang tepat akan membuat pembaca lebih mudah untuk mengetahui ide gagasan yang kamu sampaikan. Tips agar paragraf eksposisi ini menjadi sempurna adalah dengan melakukan perbaikan secara berulang. Selain itu juga perbanyak jam terbang dalam menulis sebuah ide.

Contoh Paragraf / Teks Ekposisi

Setelah mengetahui tentang pengertian paragraf ekposisi dan tips dan trik dalam membuatnya. Untuk lebih memperdalamnya, kami berikan beberapa contoh paragraf eksposisi dengan berbagai tema atau masalah. Contoh paragraf ekposisi ini bertemakan Lingkungan, Ekonomi, Ilmu alam dan lain sebagainya.

Contoh paragraf /  teks eksposisi tentang lingkungan

contoh paragraf eksposisi

Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan “Jum’at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

Contoh paragraf /  teks eksposisi tentang pendidikan

 

contoh paragraf eksposisiPendidikan adalah senjataa paling ampuh, karena dengann pendidikan mampuu mengubah dunia. Sebenarnya, apa itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat. Pendidikan yang ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana untuk merenovasi dan membangun gedung sekolah, dan menggratiskan untuk biaya pendidikan. Apa yang mesti disadari oleh pelajar adalah adanya keinginan belajar dan berprestasi. Dengan tekad bisa membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, haruslah para pelajar segera menyadari bahwa pemerintah sudah membantu mereka secara tak langsung dengan membantuu pendidikan Indonesia.

Pelajar mesti memberikann yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikann yang sudah ditopangg oleh pemerintah. Dengan begitu, pasti derajat Indonesia akan lebih diakui dikancah dunia.

Selain itu, Indonesia juga akan banyakk didatangi oleh investor asing, sehingga mampu meningkatkan perekonomiann dalam negeri. Namun, pendidikann kadang dicemari karena ulah para oknum yang tidak bertanggungjawab, mencorengg dunia pendidikan Indonesiaa. Itu juga mesti diberantas. Bagaimana caranya? Dengan mendatanggkan guru yangg berkualitas dan sosialisasii kepada para murid, diharapkann dapat menekan angkaa ulah oknumm tidak bertanggungjawabb ini. Sering kitaa lihat di koran atau televisi, adanya tingkat kekerasan disekolah dan bullying (penganiayaan) terhadap sesamaa teman sejawat. Itu jugaa perlu dihindarii demi kemajuan pendidikann Indonesia.

Contoh paragraf /  teks eksposisi tentang ekonomi

contoh paragraf eksposisi

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Itulah artikel bangkudepan yang membahas tuntas tentang teks eksposisi. Untuk menunjang pemahaman pembaca, kamu juga menyertakan contoh contoh paragraf eksposisi yang diambil dari berbagai sumber. Selain teks eksposisi bangkudepan juga memberikan penjelasan detail dan contoh untuk teks / paragraf narasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia bangkudepan. Silakan share jika artikel ini bermanfaat untuk orang lain disekitar kamu. Sampai jumpa di artikel menarik bangkudepan lainnya! Ciao !

Pencarian Terkait:

Tags: #bahasa indonesia #eksposisi #paragraf #teks

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif
Dalam mempelajari bahasa indonesia, salah satu pembelejaran
5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
5 Puisi Bahasa Inggris Terbaik
Salah satu karya sastra yang sering kita
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Inilah Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif
Kembali ke kategori sastra, kali ini kita
Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi
Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
  1. Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi - Bangku Depan8 months ago

    […] Lihat juga: Pengertian,Tips dan Contoh Paragraf Eksposisi […]

  2. Pengertian, Tips n Trik dan Contoh Paragraf Narasi - Bangku Depan8 months ago

    […] contoh paragraf narasi dengan berbagai gaya penulisan yang berbeda. Kamu juga bisa belajar tentang paragraf deskripsi dan contohnya di […]

Must read×

Top