Beberapa Contoh Bela Negara dalam Kehidupan Sehari – hari

Pada dasar nya ada banyak sekali contoh bela negara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan, nyaris setiap hal bermanfaat yang kita lakukan dalam kehidupan kita dapat dikategorikan sebagai tindakan dan upaya bela negara.

Hal ini dikarenakan, selama apa yang kita lakukan bisa menghasilkan manfaat positif yang tidak merugikan orang lain atau pun pihak – pihak tertentu meskipun itu hanya untuk diri kita sendiri, maka secara tidak langsung kita sudah membuat negara kita menjadi selangkah lebih baik dari yang sebelumnya.

contoh bela negara

Contoh nya, jika kita mau belajar dengan rajin dan sungguh – sungguh, disamping kita akan menjadi orang yang berilmu dan berpotensi menjadi orang yang berprestasi, secara tidak langsung dan otomatis negara juga akan mendapatkan keuntungan berupa bertambah nya penduduk pintar yang di masa mendatang akan berpotensi menjadi orang – orang berguna / bermanfaat untuk orang lain / negara seperti sebagai seorang pemimpin negara / pemerintahan, sebagai seorang pengusaha, sebagai ilmuan cerdas, sebagai guru, dan lain sebagai nya.

Nah, dari sekian banyak tindakan dan upaya bela negara yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari kita, berikut merupakan beberapa contoh bela negara yang memiliki dampak positif besar terhadap ketahanan dan perkembangan negara:

contoh bela negara

Contoh bela negara di lingkungan rumah / keluarga

  1. Menerapkan dan mengaplikasikan prinsip saling mengasihi, saling tolong menolong, saling hormat menghormati, dan saling harga menghargai antar sesama anggota keluarga yang tinggal di rumah.
  2. Menghadirkan suasa yang nyaman, rukun, harmonis, dan damai di rumah.
  3. Menempa dan membentuk keluarga yang sadar akan penting nya penegakan hukum.
  4. Menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kesehatan setiap anggota keluarga.
  5. Saling menegur antar sesama anggota dalam keluarga jika ada yang hendak melakukan tindak kejahatan seperti mencuri, minum – minuman keras, dll.
  6. Mengenalkan dan memberi pengajaran pada anak untuk selalu mencintai dan mengabdi pada tanah air.
  7. Menghimbau dan mengajarkan seluruh anggota keluarga untuk mencintai dan mau menggunakan produk – produk buatan dalam negeri.
  8. Menjaga nama baik diri sendiri dan keluarga dengan jalan selalu menerapkan tindakan dan perilaku yang mulia dan terpuji.
  9. Saling ingat mengingatkan antar sesama anggota keluarga agar selalu patuh pada norma dan hukum yang berlaku.
  10. Membentuk keluarga yang selalu patuh dan sadar akan hukum, norma dan peraturan yang berlaku.

contoh bela negara

Contoh Bela Negara di Lingkungan Masyarakat

  1. Meningkatkan dan menerapkan sikap tenggang rasa dan saling tolong menolong antar sesama masyarakat di lingkungan tempat tinggal sekitar.
  2. Bekerja sama menerapkan prinsip gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
  3. Meningkatkan dan memperbanyak program – program masyarakat yang berbasis gotong royong.
  4. Menjaga dan mengawasi keamanan lingkungan sekitar dengan berbagai macam kegiatan pengawasan seperti ronda dan siskamling.
  5. Menciptakan kehidupan bermasyarakat yang tentram, damai, dan juga rukun.
  6. Menghargai ada nya perbedaan antar sesama anggota masyarakat entah itu perbedaan dalam hal ras, golongan, agama, dan juga kelompok.
  7. Aktif turut serta di berbagai macam kegiatan sosial seperti kerja bakti, dsb.

contoh bela negara

Contoh Bela Negara di Lingkungan Sekolah

  1. Aktif berusaha dan berupaya untuk meningkatkan imtaq dan iptek.
  2. Menerapkan dan membiasakan prinsip dan budaya GDN (Gerakan Disiplin Nasional) di lingkungan sekolah yang meliputi budaya tertib, budaya disiplin, budaya bersih, dan budaya belajar / kerja.
  3. Menerapkan dan meningkatkan kesadaran akan aksi peduli sosial di lingkungan sekolah dengan jalan saling membantu antar sesama murid, mengumpulkan infak untuk disumbangkan ke orang – orang yang membutuhkan, dan lain sebagainya.
  4. Sikap dan sifat sadar untuk mentaati peraturan, norma, dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
  5. Selalu menjaga nama baik sekolah dengan cara menghindari dan meninggalkan setiap hal yang dapat menimbulkan citra negatif untuk sekolah.
  6. Belajar dengan baik dan giat, terutama yang terkait dengan pendidikan akidah, akhlak, dan juga kewarganegaraan.
  7. Belajar dengan sungguh – sungguh untuk bisa mendapatkan prestasi yang bagus di sekolah.
  8. Saling ingat dan mengingatkan antar sesama pelajar ketika ada yang hendak melanggar peraturan dan tata tertib sekolah.
  9. Menjadi seorang murid yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama baik diri sendiri, nama baik sekolah dan nama baik negara dengan jalan mengikuti berbagai macam perlombaan dan Olimpiade.

contoh bela negara

Contoh Bela Negara di Lingkungan Negara (Indonesia)

  1. Mematuhi setiap peraturan perundangan – undangan dan hukum yang berlaku.
  2. Mengamalkan setiap nilai yang terdapat pada Pancasila yang notabene merupakan sumber ideologi dan dasar negara.
  3. Membayar dan menyetorkan pajak tepat waktu.
  4. Mau berperan aktif mengawasi penggunaan dana negara oleh para aparat pemerintahan.
  5. Mendukung program – program positif yang dijalankan oleh pemerintah seperti program keluarga berencana, program wajib belajar 12 tahun, program Gerakan Disiplin Nasional, dan program – program bermanfaat yang lain nya.
  6. Memperkokoh dan menguatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara
  7. Bersikap selektif dan berhati – hati terhadap masuknya budaya asing
  8. Aktif dan tanggap untuk mencurigai dan melaporkan kegiatan – kegiatan mencurigakan yang dilakukan oleh seseorang / sekelompok orang yang terkait dengan aktivitas terorisme, perdagangan narkoba, dan tindakan – tindakan pidana yang lain nya.
  9. Kritis dan berani memberi kritik / masukan terhadap kebijakan – kebijakan yang dijalankan oleh Pemerintah.

Penting untuk diketahui, tindakan dan upaya bela negara yang bisa / harus dilakukan di suatu negara bisa saja jauh berbeda dengan upaya bela negara yang bisa / harus dilakukan di negara lain nya.

Dalam hal ini, tindakan dan upaya bela negara yang dilakukan oleh penduduk dan warga negara Indonesia pasti nya akan jauh berbeda dengan tindakan dan upaya bela negara yang dilakukan oleh para penduduk yang tinggal di negara – negara konflik / negara perang seperti Irak, Iran, Palestina, dll.

Jika di Indonesia, upaya bela negara yang perlu kita lakukan mungkin hanya sebatas hal – hal di atas (beberapa contoh yang telah kami tuliskan di atas), di negara – negara konflik yang sedang berada di fase peperangan, warga negara nya juga wajib berperan aktif untuk menjaga dan mempertahankan negara mereka dari pihak – pihak tertentu yang berusaha mengusik ketenteraman dan keberlangsungan negara yang mereka tinggali.

contoh bela negara

Konon, untuk mengantisipasi hal di atas (peperangan), di beberapa negara tertentu seperti Singapura, Israel dan Iran setiap warga negara nya juga diwajibkan untuk mengikuti program bela negara wajib militer. Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan preventif dan persiapan jika sewaktu – waktu negara berada dalam kondisi yang kritis (dalam hal ini adalah peperangan).

Itulah beberapa contoh bela negara yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat ya!

Pencarian Terkait:

Tags: #Indonesia #kewarganegaraan #negara #pemerintah

Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Pengertian Bangsa dan Negara Menurut Para Ahli
Saat ini ada banyak sekali para ahli
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Yuk Cari Tahu tentang Pengertian Warga Negara !
Pengertian warga negara pada dasar nya sangat
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Apa saja unsur – unsur Negara itu?
Suatu kelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Macam Macam Program Bela Negara di Indonesia
Program bela negara merupakan program khusus yang

Comments are closed.

Must read×

Top