8 Ciri Ciri Virus yang Harus Kamu Ketahui

Di bumi ini manusia tidak hidup sendirian. Manusia hidup bersama organisme lain. Salah satunya adalah virus. Pada artikel ini bangkudepan akan membahas tentang ciri ciri virus.

Selain organisme yang berukuran besar dan mudah kita lihat dengan mata telanjang, manusia juga hidup dengan mikroorganisme yang memang berukuran sangat kecil.

Lihat juga : 8 Ciri Makhluk Hidup yang Wajib Kamu Ketahui

Karena ukuranya sangat kecil, maka kita membutuhkan bantuan alat untuk melihatnya. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah mikroskop. Alat ini memang memiliki fungsi utama untuk melihat organisme dengan ukuran yang super mini.

Salah satu mikroorganisme yang sering kita jumpai adalah bakteri dan virus. Walau nampaknya sangat kecil, kedua mikroorganisme tersebut memiliki dampak yang besar pada kesehatan manusia.

Bakteri dan virus sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Hanya karena kedua mikroorganisme tersebut, manusia bisa saja meninggal. Namun tidak semua bakteri buruk untuk manusia, misalnya bakteri e coli yang membantu pencernaan manusia.

Pada artikel ini kita tidak akan membahas detail tentang bakteri, kita akan lebih mengenal tentang virus, terutama ciri cirinya. Virus tertentu bisa sangat mematikan, misalnya virus flu burung yang dikenal dengan kode H5N1, juga virus HIV yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Organisme ini memiliki ciri ciri yang membedakanya dengan mikroorganisme lain. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah ciri ciri virus.

Berukuran Sangat Kecil

ciri ciri virus

Ciri ciri virus yang pertama sudah sedikit dibahas pada awal arikel ini. Ya, memang virus berukuran sangat kecil, itulah mengapa virus disebut juga dengan mikroorganisme.

Virus berukuran sangat kecil, tepatnya ukuran virus adalah sekita 20 sampai 300 milimikron. Virus hanya bisa dilihat menggunakan alat bantu seperti mikroskop.

Bersifat Aseluler

Virus bersifat aseluler. Aseluler maksudnya adalah tidak memiliki sel. Virus hanya terbentuk oleh satu bagian utuh tubuh saja, tidak terdiri dari kumpulan sel sel seperti halnya organisme yang lain.

Reproduksi

ciri ciri virus

Virus memiliki cara tersendiri untuk melakukan reproduksi. Cara virus bereproduksi adalah dengan melakukan replikasi pada inang. Virus akan menyusun kembali materi materi utama dengan memanfaatkan sel sel yang ada pada inangnya.

Memiliki satu asam nukleat

Ciri virus selanjutnya adalah memiliki satu asam nukleat, sehingga virus hanya akan terdiri satu DNA atau RNA saja, tidak bisa kedua duanya.

Tidak Melakukan Metabolisme

Tidak seperti organisme lain, dalam hidupnya ia tidak membutuhkan proses metabolisme. Virus akan tetap bisa bertahan hidup tanpa adanya metabolisme.

Bentuknya Bervariasi

ciri ciri virus

Virus memiliki bentuk yang sangat bervariasi, mulai dari oval, silinder, polihedral dan kompleks.

Namun apapun bentuknya, virus memiliki struktur utama yang terderi dari kepala, kulit/selubung, tubuh dan serabut ekor. Secara garis besar ada 3 penyusun utamanya yaitu asam nukleat, kapsomer dan kapsid.

Replikasi

ciri ciri virus

Berbeda dengan organisme lainya yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan tertentu. Virus memiliki proses pertumbuhan tersendiri yang dinamakan repikasi.

Proses replikasi memiliki beberapa tahapan-tahapan yaitu pelekatan, penetrasi, pelepasan mantel, replikasi genom dan ekspresi gen, perakitan, pematangan dan yang terakir adalah pelepasan.

Organisme Parasit

ciri ciri virus

Virus hidup dengan menempel pada inangnya. Virus memiliki sifat parasit yang membuatnya tidak mampu hidup tanpa adanya inang. Virus akan memanfaatkan segala sumber daya yang ada pada inang untuk bertahan hidup.

Itulah 8 ciri ciri virus. Dengan mengetahui ciri ciri tersebut kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang virus. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut tentang penyakit penyakit yang disebabkan oleh virus.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia bangkudepan. Sesuai moto kamu ‘Terdepan dalam pendidikan’ kami akan terus memberikan artikel menarik yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sampai jumpa!

Pencarian Terkait:

Tags: #virus

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada

Comments are closed.

Must read×

Top