8 Ciri Ciri Makhluk Hidup yang Wajib Kamu Ketahui

Di dalam ilmu biologi, terdapat 2 jenis benda. Yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup biasanya disebut makhluk hidup. Terdapat ciri ciri makhluk hidup yang membuat makhluk tersebut termasuk kedalam kategori makhluk hidup.

Perbedaan antara benda mati dan makhluk hidup dapat dijelaskan dengan mengetahui ciri ciri makhluk hidup. Benda mati memiliki ciri ciri yang berkebalikam dengan makhluk hidup.

Berikut ini adalah 9 ciri ciri makhluk hidup dan penjelasanya secara mendetail.

Reproduksi

ciri ciri makhluk hidup

Ciri ciri makhluk hidup yang pertama adalah bereproduksi. Untuk kelangsungan hidup keturunanya, makhluk hidup harus memperbanyak jenisnya. Memperbanyak jenis tersebut dapat disebut juga dengan bereproduksi.

Terdapat berbagai cara reproduksi atau berkembang biak. Yang pertama adalah reproduksi seksual dan yang kedua adalah reproduksi aseksual.

Reproduksi seksual adalah berkembang biak antara dua jenis organisme, yaitu jantan dan betina. Sedangkan reproduksi aseksual adalah berkembangbiak tanpa adanya pasangan.

Untuk menghasilkan anak dalam perkembangbiakan seksual, satu syarat yang harus ada adalah bertemunya sel sperma dan sel telur. Sel sperma terdapat pada jantan, sedangkan sel telur berasal dari betina.

Ketika 2 sel tersebut saling bertemu maka akan terjadi proses yang dinamakan fertilisasi. Setelah terjadinya fertilisasi maka makhluk hidup baru akan muncul dan tumbuh menjadi seperti induknya.

Masing – masing makhluk hidup memiliki pertumbuhan yang berbeda, namun tetap pada akhirnya akan menjadi tumbuh seperti induknya.

Peka Terhadap Rangsangan

ciri ciri makhluk hidup

Ciri makhluk hidup yang kedua adalah peka/menanggapi terhadap rangsangan. Terdapat macam – macam rangsangan yang terjadi pada makhluk hidup, yaitu suara, cahaya, sentuahan dan perasaan.

Setiap jenis makhluk hidup memiliki cara menanggapi rangsangan yang berbeda. Ketika disentuh, manusia akan memiliki reaksi yang berbeda dengan putri malu. Putri malu ketika disentuh akan menguncup sedangkan manusia memiliki berbagai reaksi.

Cumi cumi akan mengeluarkan racun tinta hitam ketika terancam, sedangkan ular akan mengeluarkan bisa untuk melindungi dari ancaman makhluk lain.

Salah istilah yang sering kita dengar ketika mempelajari rangsangan adalah iritabilitas. Iritabilitas secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan.

Mengeluarkan Zat Sisa

ciri ciri makhluk hidup

Didalam tubuh makhluk hidup terdapat zat zat yang berguna dan juga zat zat sampah yang tidak memiliki daya guna yang cenderung beracun. Zat zat sampah tersebut akan menjadi berbahaya jika dalam waktu yang lama tertimbun dalam tubuh makhluk hidup. Sehingga makhluk hidup perlu untuk mengeluarkan zat zat tersebut.

Biasanya zat zat sampah tersebut merupakan hasil dari proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Manusia mengeluarkan keringat dan feses dalam proses mengeluarkan zat sisa. Dalam ilmu biologi, sifat makhluk hidup yang mengeluarkan zat sisa disebut ekskresi.

Beradaptasi

ciri ciri makhluk hidup

Selain bereproduksi untuk menjaga kelangsungan hidup dan keturuan jenisnya makhluk hidup harus beradaptasi. Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah ikan, ikan bernafas dalam air menggunakan insang. Insang tersebut adalah bentuk adaptasi ikan untuk bisa bertahan hidup dalam air.

Pada tumbuhan, yang paling mudah kita ketahui adalah adaptasi kaktus. Kaktus beradapsi pada lingkungan gurun dengan memperkecil daun dan menyimpan air di dalam tubuhnya.

Adaptasi dibagi menjadi 3 macam. Yang pertama adalah adaptasi morfologi yaitu adaptasi dengan melakukan perubahan pada bagian tubuhnya. Contohnya adalah paruh burung yang disesuaikan dengan makanannya.

Yang kedua adalah adaptasi fisiologi yang merupakan penyesuaian fungsi alat tubuh pada lingkungan tertentu, contohnya adalah menambah sel darah merah pada manusia ketika memasuki pegunungan.

Yang ketiga adalah adaptasi tingkah laku yang merupakan bentuk adaptasi dengan merubah tingkah lakunya sesuai lingkungan, contohnya adalah bunglon merubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berpijak.

Adaptasi yang berlangsung dalam waktu yang sangat lama dapat memungkinkan terjadinya evolusi pada makhluk hidup.

Tumbuh dan Berkembang

ciri ciri makhluk hidup

Makhluk hidup memiliki ciri ciri yaitu bertumbuh dan juga berkembang. Makhluk hidup akan tumbuh dari ukuran kecil kemudian membesar. Secara garis besar, volume makhluk hidup akan terus bertambah.

Setiap makhluk hidup memiliki cara tumbuh dan berkembang masing masing. Namun yang pasti perkembangan tersebut akan memasuki titik kedewasaan tertentu.

Bergerak

ciri ciri makhluk hidup

Ciri ciri selanjutnya adalah bergerak. Kita semua mungkin sudah tahu bahwa hewan dan manusia melakukan gerakan tertentu untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Aktifitas gerakan hewan dan manusia dibantu dengan alat gerak yang berupa tulang yang keras dan otot yang menempel pada tulang.

Namun, apakah tumbuhan juga bergerak? tumbuhan ternyata juga bergerak, gerakan tumbuhan terdeteksi dalam skala kecil yang hanya bisa dilihat melalui mikroskop. Karena memang tumbuhan bergerak sangat pelan sekali.

Tumbuhan memekarkan dan mengucupkan bunganya tentunya juga dengan bergerak. Namun kita biasanya melihat bunga saat sudah mekar atau sedang mengucup, karena prosesnya memang lama.

Gerakan tumbuhan dirangsang oleh berbagai macam benda lain. Putri malu menutup daun ketika disentuh, batangnya mengikuti arah sumber sinar matahari. Selain itu juga biji lamtoro yang bergerak karena adanya perubahan kadar air.

Membutuhkan Nutrisi/Makanan

ciri ciri makhluk hidup

Untuk melakukan segala aktivitas ketika hidup, makhluk hidup tentunya membutuhkan energi. Energi yang dibutuhkan makhluk hidup sebagian besar berasal dari makanan.

Tumbuhan, hewan dan manusia memiliki makanan yang berbeda, bahkan ketiganya terikat dalam rantai makanan. Misalnya rumput dimakan oleh kambing kemudian kambing akan dimakan manusia.

Keseimbangan rantai makanan akan membuat supply and demand pada makanan akan terjaga. Populasi yang berlebihan atau kurang pada rantai makanan tertentu akan membuat jumlah kebutuhan yang kurang mencukupi.

Itulah 8 ciri ciri makhluk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca setia bangkudepan. Jangan lupa Like dan Share jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel bangkudepan lainya.

Pencarian Terkait:

Tags: #makhluk hidup

Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia
setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada
  1. 8 Ciri Ciri Virus yang Harus Kamu Ketahui - Bangku Depan8 months ago

    […] Lihat juga : 8 Ciri Makhluk Hidup yang Wajib Kamu Ketahui […]

Must read×

Top