Belajar Bahasa Thailand Dasar

Thailand merupakan salah satu negara yang paling dekat dengan indonesia. thailand terkenal karena pariwisatanya. banyak orang kini belajar bahasa thailand untuk memudahkan berinteraksi dengan penduduk thailand serta mulai banyak film film thailand yang menembus pasar dunia. berikut ini artikel tentang belajar bahasa thailand dasar.

Asal Bahasa Thailand

belajar bahasa thailand

Bahasa Thai adalah bahasa resmi yang digunakan di Thailand. Namanya dalam bahasa Thailand sendiri adalah ภาษาไทย (phasa thai, artinya “bahasa rakyat Thailand”).

Bahasa ini adalah bagian dari kelompok bahasa Tai dari kelompok bahasa Tai-Kadai. Bahasa-bahasa Tai-Kadai diperkirakan berasal dari selatan RRC, dan sebagian ahli bahasa telah menyatakan kemungkinan adanya hubungan dengan kelompok bahasaAustroasiatik, Austronesia atau Sino-Tibet.

Bahasa Thai adalah bahasa nada dan bahasa analitik. Kombinasi antara nada, ortografi yang kompleks, penanda hubungan danfonologi yang berbeda dapat membuat bahasa Thai sulit dipelajari orang Barat.

Bilangan dalam bahasa Thailand

Bilangan Bahasa Thai Bahasa Indonesia
0 sun nol
1 nueng satu
2 song dua
3 sam tiga
4 si empat
5 ha lima
6 hok enam
7 chet tujuh
8 paet delapan
9 kao sembilan
10 sip sepuluh
20 song sip dua puluh
30 sam sip tiga puluh
40 si sip empat puluh
50 ha sip lima puluh
60 hok sip enam puluh
70 chet sip tujuh puluh
80 paet sip delapan puluh
90 kao sip sembilan puluh
100 roi seratus
1000 phan seribu
10000 muen sepuluh ribu
100000 saen seratus ribu
1000000 lan satu juta
1000000000 phan lan satu miliar
1000000000000 lan lan satu triliun

Salam dalam bahasa thailand

Sawaddi Krap (cowok) ; Sawaddi Ka (cewek)

Maksud: salam penghormatan

Penggunaan: Diucapin kapan aja waktu ketemu orang, sama kaya’ Assalamu’alaikum klo di Islam.

Sikap saat ngucapin ini: Menangkupkan kedua telapak tangan trus mengangkatnya sampa muka, gampangannya kaya nyembah gitu deh..

Salam Balasan: Balas dengan ucapan dan sikap yang sama (Sawaddi Krap/Ka)

Ucapan terima kasih dalam bahasa Thailand

Khop Kun Krap (cowok) ; Khop Kun Ka (cewek)

Arti: Terima kasih untukmu

Khop: terima kasih untuk

Kun: kamu

Krap: kata tambahan untuk sopan santun

Penggunaan sopan santun dalam bahasa thailand

Krap (cowok) ; Ka (cewek)

 

Maksud: kata tambahan untuk sopan santun

Pelafalan: di Thai “r” pelafalannya samar, kaya “r” di Inggris.

tapi banyak orang Thai yang ngucapin Krap tanpa r, krap jadi kap..

Penulisan bahasa Thai di sini udah disesuaiin dg pelafalan abjad di Indo, Biasanya orang Thai klo nulis pake abjad Krap jadi Kub..

Penggunaan: ditambahkan di akhir setiap kalimat, lisan mopun tulisan

Ya dan Tidak dalam bahasa thailand

Chai ; Mai

 

Arti: Ya, Tidak

Penggunaan: untuk njawab pertanyaan, menerima ato nolak sesuatu, ya.. kaya’ biasanya lah, hhe

jangan lupa nambahin Krap di akhir kata, jadi Chai Krap ; Mai Krap.

Menanyakan kabar dalam bahasa Thailand

un Sabai Dee Mai Krap / Ka

Arti: Apa kabar?

Kun = kamu

Sabai = Baik

Dee = bagus

Mai = kata tanya

Krap = kata tambahan untuk sopan santun

Jawaban:

Sabai Dee Krap/ Ka : baik

Mai Sabai Krap/ Ka : kurang baik

belajar bahasa thailand

Ucapan perpisahan dalam bahasa thailand

La Gon

 

Arti: Bye, selamat tinggal

Penggunaan: ucapan perpisahan, biasanya anak gaul Thai klo ngucapin La Gon ditambahin na Kap/Ka, jadi La Gon na kap/ka

Permintaan maaf dan ucapan permisi dalam bahasa thailand

Koh Tost Krap / Ka

Arti: maaf, permisi , Excuse me, Pardon me.

Penggunaan: diucapin kalo anda tidak sengaja nubruk orang lewat, telat masuk kelas, lewat di keramaian, dll

lafal: o di Koh, dibaca kaya o di bacok; o di Tost dibaca kaya o di orang; s di Tost di baca samar

Mai Pen Rai Krap/ Ka

 

Arti: g apapa, g masalah, It’s all right, Never mind.

Penggunaan:

1) klo ada org nubruk lu, trus dia bilang “Koh Tost Krap/Ka”, n itu bukan masalah buat lu, lu kudu bilang “Mai Pen Rai Krap/ Ka” sambil senyum pasti, hhe

2) buat ngberi semangat temen lu yang lagi kawatir ttg sesuatu

Cantik dan Jelek dalam bahasa thailand

Kirei

Arti: jelek

Penggunaan: jangan pernah gunain kata ini..!!

suay

Arti: cantik

Penggunaan: buat muji orang, kalo cantiknya emang berlebihan , tambahin kata ” makkkkkkk”, jadi suay makkk yg artinya cuantikk bangetzzzz .. hhe

Laki laki dan perempuan dalam bahasa thailand

Phom (cowok); Chen (cewek); Keu (cowok/cewe)

 

Arti: aku

Penggunaan: subjek, Keu biasa dipake klo lg ngomong ama temen sebaya

khun ; te

 

Arti: kamu

Penggunaan: Khun sebagai subjek mopun objek,khun diikuti nama orang, biasanya di pake buat manggil org saat percakapan formal, then sebagai objek

lafal: Te dilafalkan kaya Te pada TEkan

belajar bahasa thailand

Cinta / Suka dalam bahasa thailand

hob

Arti: suka

Penggunaan: waktu Koong nembak Ern di bawah pohon ( Suckseed), dia bilang “Keu Shob Ern”

rak

Arti: cinta

Penggunaan: Keu rak te buat nembak cewek / Chen rak te buat nembak cowok

kata seru dalam bahasa thailand

เฮย [Ḥey | Hei]: Hai

ยอด [Yxd | yod]: Wow!

ตายแล้ว [Tāy læ̂w | tay leu]: Oh, no!

คุณพระช่วย [Khuṇ phra ch̀wy|khun-pra-chuai]: Ya Tuhan! OMG!

บางที [bāngthī | baang tii]: mungkin

เดี๋ยวก่อน [Deī̌ywk̀xn| diao gon]: tunggu bentar!

แน่นอน [Næ̀nxn | ne non]: tentu!

ไม่มีทาง [Mị̀mī thāng | mai mii taang]: g mungkin ! g mau! No way!

belajar bahasa thailand

Nama hari dalam bahasa thailand

วันจันทร์ | Wạn cạnthr̒ | Wan can : senin

วันอังคาร | wạn xạngkhār | Wan angkaan : selasa

วันพุธ |wạn phuṭh | Wan put : rabu

วันพฤหัสบดี | wạn phvh̄ạs̄bdī | Wan paruhat : kamis

วันศุกร์ | wạn ṣ̄ukr̒ | Wan suk : jumat

วันเสาร์ | wạn s̄eār̒ | Wan sao : sabtu

อาทิตย์ | xāthity̒ | atit : minggu

Nama bulan dalam bahasa Thailand

มกราคม | Mkrākhm |  Makrakom : Januari

กุมภาพันธ์ | Kump̣hāphạnṭh̒| Khumpapan : Februari

มีนาคม | Mīnākhm |  Minakom : Maret

เมษายน | Mes̄ʹāyn| Mesayon : April

พฤษภาคม | Phvs̄ʹp̣hākhm |  Prutsapakom : Mei

มิถุนายน | Mit̄hunāyn | Mitunayon : Juni

กรกฎาคม | Krkḍākhm | Karakadakom : Juli

สิงหาคม | S̄ingh̄ākhm | Singhakom : Agustus

กันยายน | Kạnyāyn | Kanyayon : September

ตุลาคม | Tulākhm | Tulakom : Oktober

พฤศจิกายน | Phvṣ̄cikāyn | Prutsajikayon : November

ธันวาคม | Ṭhạnwākhm | Tanwakom : Desember

belajar bahasa thailand

Memperkenalkan diri dalam bahasa thailand

Nama Saya .. : ฉันชื่อว่า .. | C̄hạn chụ̄̀xẁā … | chan chuwa ..

Siapa namamu? : คุณชื่ออะไร? | Khuṇ chụ̄̀x xarị?| Khun chu ari?

Sapaan dalam bahasa Thailand

พ่อ  | Ph̀x | Po : Dad, Papa

แม่  |  mæ̀ | me : Mom, Mama

ยาย  | Yāy | Yai : Grandma, nenek

ปู่     | pū̀   | pu : Grandpa, kakek

ป้า   |  p̂ā   | pa : aunt, tante , old woman

ลุง   | lung | lung : uncle, paman, old man

พี่     | Phī̀   | Pi : kak, buat semua cowok maupun cewe yg lebih tua dari kita

น้อง | N̂xng | nong : dik

Warna dalam bahasa thailand

สีแดง | S̄ī dæng | sai deng : red, merah

สีส้ม | S̄ī s̄̂m |si som : Orange, jingga

สีเหลือง |S̄ī h̄elụ̄xng | si leng : Yellow, kuning

สีเขียว | S̄ī k̄heīyw | si khaiw : green, Hijau

สีน้ำเงิน | S̄īn̂ảngein | sinangen : blue ,biru

คราม | Khrām | khram: Indigo ,nila

สีม่วง | S̄ī m̀wng | si muang: purple, ungu

สีดำ | S̄ī dả | si dam: black, hitam

ขาว | K̄hāw | Khau : white, putih

รุ้ง | Rûng | reng : pelangi, rainbow

Pencarian Terkait:

Tags: #bahasa #belajar #thailand

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top