Bagaimana Menjadi Guru yang Menyenangkan ?

Guru yang menyenangkan tentu menjadi dambaan setiap siswa. Untuk menjadi guru yang menyenangkan ternyata tidak terlalu sulit. Berikut ada beberapa poin yang bisa anda mulai terapkan agar bisa menjadi guru yang lebih baik dan  lebih menyenangkan bagi siswa-siswa anda:

1. Cintai Profesi Tersebut

Hal pertama dan utama untuk menjadi seorang guru yang menyenangkan itu adalah mencintai profesi tersebut, jika rasa cinta itu sudah ada, maka untuk melaksanakan langkah selanjutnya akan menjadi lebih mudah, dengan mencintai profesi tersebut maka seluruh fikiran dan tenaga kita akan tercurah kesana, bahasa kerennya sekarang kalo gak salah : Profesional.

2. Selalu Tampil Prima dengan Menguasai Materi

Kuasai betul materi pelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Jika perlu, ketika berbicara di muka kelas kita tidak membuka catatan atau buku pegangan sama sekali. Berbicaralah yang jelas dan lancar sehingga terkesan di hati Siswa bahwa kita benar-benar tahu segala permasalahan dari materi yang disampaikan.

3. Selalu Bijaksana

Sebagai seorang guru, kita harus selalu menyadari bahwa tingkat kemampuan Siswa dalam menerima materi yang kita ajarkan tidak sama, Ada yang cepat mengerti, ada yang sedang, ada yang lambat dan ada yang sangat lambat bahkan ada yang sulit untuk bisa dimengerti. Jika kita memiliki kesadaran ini, maka sudah bisa dipastikan kita akan memiliki kesabaran yang tinggi untuk menampung pertanyaan-pertanyaan dari anak didik kita. Carilah cara sederhana untuk menjelaskan pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan rendah dengan contoh-contoh sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari walaupun mungkin contoh-contoh itu agak konyol.

4. Berusaha Untuk Selalu Ceria

Seorang guru jika sudah tampil di muka kelas itu harus selalu ceria, jangan membawa persoalan-persoalan yang tidak menyenangkan dari rumah atau dari tempat lain ke dalam kelas sewaktu kita mulai dan sedang mengajar. Lupakan sejenak segala persoalan itu supaya bisa fokus pada kegiatan belajar mengajar.

5. Kendalikan Emosi

Jangan mudah marah di kelas dan jangan mudah tersinggung karena perilaku siswa. Siswa yang kita ajar berasal dari daerah dan budaya yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya dan berbeda dengan kebiasaan kita, apalagi mungkin pendidikan di rumah dari orang tuanya memang kurang sesuai dengan tata cara dan kebiasaan kita. Marah di kelas akan membuat suasana menjadi tidak enak, siswa menjadi tegang. Hal ini akan berpengaruh pada nalar siswa untuk menerima materi pelajaran yang kita berikan.

6. Aktif di Kelas dan Mampu Menjawab Semua Pertanyaan Siswa

Aktif di kelas ini maksudnya adalah jangan sampai terjadi kegiatan yang monoton, memberikan pelajaran hendaknya diselingi juga dengan tanya jawab, diskusi dan cara-cara lain yang menyenangkan. Jangan memarahi siswa yang yang terlalu sering bertanya. Berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan siswa dengan baik. Jika suatu saat ada pertanyaan dari siswa yang tidak siap dijawab, berlakulah jujur. Berjanjilah untuk dapat menjawabnya dengan benar pada kesempatan lain sementara kita berusaha mencari jawaban tersebut. Janganlah merasa malu karena hal ini. Ingat sebagai manusia kita mempunyai keterbatasan. Tapi usahakan hal seperti ini jangan terlalu sering terjadi. Untuk menghindari kejadian seperti ini, berusahalah untuk banyak membaca dan belajar lagi. Jangan bosan belajar. Janganlah menutupi kelemahan kita dengan cara marah-marah bila ada anak yang bertanya sehingga menjadikan anak tidak berani bertanya lagi. Jika siswa sudah tidak berani bertanya, jangan harap pendidikan/pengajaran kita akan berhasil.

7. Memiliki Rasa Malu dan Takut

Untuk menjadi guru yang baik, maka seorang guru harus memiliki sifat ini. Dalam hal ini yang dimaksud rasa malu adalah malu untuk melakukan perbuatan salah, sementara rasa takut adalah takut dari akibat perbuatan salah yang kita lakukan. Dengan memiliki kedua sifat ini maka setiap perbuatan yang akan kita lakukan akan lebih mudah kita kendalikan dan dipertimbangkan kembali apakah akan terus dilakukan atau tidak.

8. Jangan Sombong

Jangan sampai seorang guru itu memiliki sifat sombong dan terlalu membanggakan diri baik ketika sedang mengajar ataupun berada di lingkungan lain. Jangan mencemoohkan siswa yang tidak pandai di kelas dan jangan mempermalukan siswa, meski siswa tersebut salah sekalipun di hadapan orang banyak. Cara yang paling bijak jika ada hal seperti itu adalah dengan memanggil siswa tersebut dan mengajaknya bicara dengan baik-baik.

9. Bersikap Adil dalam Penilaian

Berusahalah untuk selalu berlaku adil dalam memberi penilaian kepada siswa. Jangan membeda-bedakan siswa yang pandai/mampu dan siswa yang kurang pandai/kurang mampu Serta tidak memuji secara berlebihan terhadap siswa yang pandai di hadapan siswa yang kurang pandai. Memuji siswa memang baik dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada yang lain, namun jangan terlalu berlebihan.

 

Sumber : kaskus

Pencarian Terkait:

Tags: #Guru #Menyenangkan

8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
8 Saran Asing Yang Berguna Buat Mahasiswa
Masa-masa kuliah sering jadi momen yang sulit dilupakan
Belajar Finansial sejak Dini
Belajar Finansial sejak Dini
Seberapa muda seseorang mesti mulai memahami seluk
Sinopsis : English Vinglish
Sinopsis : English Vinglish
English Vinglish adalah sebuah film yang unik
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jangan Hanya Bertumpu pada Pendidikan Formal
Jutaan anak usia sekolah yang belum bersekolah

Comments are closed.

Must read×

Top