Alasan Indonesia Belum Banyak Pelajar Asing

Dahulu banyak pelajar-pelajar asing terutama pelajar malaysia bersekolah di kampus di indonesia. Sekarang keadaan terseebut berbanding terbalik bahkan pelajar asing di indonesia terus berkurang.

Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan, Indonesia harus realistis belum dapat menjadi destinasi pendidikan karena kualitasnya yang masih belum baik. Bahkan dia memprediksi, tiga hingga empat tahun ke depan Indonesia pun belum siap menjadi destinasi pendidikan.

Menurut Hamid, kendala kualitas inilah yang menjadi alasan warga asing meragukan Indonesia dapat mendidik pelajar dengan bagus. Jangankan warga internasional, ujarnya, orangtua dari kalangan atas di Indonesia pun hanya mengincar sekolah yang berkualitas bagus untuk anak mereka. Mereka lebih memilih sekolah dengan kurikulum Cambridge untuk anak, padahal metode pengajarannya susah bukan main.

Hamid mengakui, pemerintah belum membuat kebijakan khusus seperti menerbitkan visa pendidikan agar makin banyak warga asing yang bersekolah di sini. Pasalnya, persoalan di dunia pendidikan Tanah Air saja masih luar biasa banyak. Maka, Kemendikbud pun hanya mendorong institusi pendidikan yang sudah berstatus satuan pendidikan kerja sama (SPK) seperti yang sudah dilakukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saja untuk memperbanyak siswa asing.

Sementara, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemenristek-Dikti Illah Sailah menyatakan, di Kemenristek-Dikti hanya ada program Darmasiswa untuk mengundang mahasiswa asing belajar budaya dan bahasa Indonesia. Selain itu, Ditjen Dikti memulainya dengan membuat kebijakan kolaborasi dengan institusi asing sehingga ada pertukaran pelajar antarbangsa. Salah satunya, program ASEAN International Mobility for Student (AIMS).

Dia pun mengapresiasi kreativitas dari masing-masing perguruan tinggi di Tanah Air untuk membuat program internasional dan mempromosikan kampus mereka di luar negeri. Illah mengungkapkan, dari sisi birokrasi administrasi seperti visa, belum ada kebijakan baru.

“Saya sepakat perlu ada visa pelajar agar jumlah mahasiswa asing dapat terus bertambah. Sekaligus, sebagai salah satu promosi bahwa Indonesia merupakan destinasi yang bagus bagi para pemburu sekolah,” tutur Illah.

 

Sumber: Okezone

Pencarian Terkait:

Tags: #Asing #Indonesia #pelajar #Peminat #Sepi

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Alasan Indonesia Belum Banyak Pelajar Asing"

Must read×

Top