6 Tujuan Pendidikan dan Penjelasanya

Pendidikan Merupakan Salah Satu faktor penting bagi sebuah bangsa. semakin maju pendidiakan, semakin maju pula negara tersebut. pemerintah dari tahun ke tahun selalu melakukan perbaikan tatanan pendidikan. perbaikan tersebut bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang akan menjadi penerus bangsa. perubahan yang dilakukan pemerintah tetap mengacu pada isi tujuan pendidikan nasional yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3.

Tujuan Pendidikan (Kemdiknas):
“Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Berikut ini uraian 5 tujuan pendidikan nasional yang menjadi acuan utama dalam memajukan pendidikan

1. Manusia Yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tujuan Pendidikan

Dasar negara kita adalah pancasila, pada sila pertama dijelaskan bahwa setiap warga memiliki kewajiban untuk memeluk agama dengan asas tuhan yang maha esa. tujuan pendidikan yang pertama ini jelas bahwa iman dan takwa kepada tuhan yang maha esa adalah faktor penting yang berpengaruh besar pada kualitas sumber daya manusia. pendidikan nasional harus mengedepankan pendidikan agama, dengan kualitas pendidikan agama yang baik maka hubungan manusia dengan Tuhan-NYA dan sesama manusia juga akan membaik. jika tujuan ini tercapai maka suatu bangsa akan memiliki calon penerus dengan sumber daya manusia yang baik.

2. Berakhlak Mulia

Tujuan Pendidikan

Setiap individu memilika sifat yang berbeda, anak kembar sekalipun pasti memiliki perbedaan sifat. perbedaan sifat ini akan berpotensi menimbulkan konflik antar individu. akhlak merupakan suatu cara individu dalam melakukan sesuatu. Akhlak mulia adalah salah satu solusi untuk menghindari konflik antar individu. tujuan pendidikan yang kedua ini harus diterapkan pada pendidikan pada level terendah sampai tertinggi. dengan adanya akhlak mulia kehidupan dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik

3. Cakap

Tujuan Pendidikan

Cakap menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sanggup dalam melakukan sesuatu. selama atau setelah mengenyam pendidikan peserta didik harus memiliki suatu kecakapan tertentu. Cakap dalam menulis dan membaca merupakan keharusan peserta didik. dengan kedua kemampuaan tersebut maka diharapkan peserta didik dapat memahami dan menyampaikan apa yang dipelajarinya. Tujuan pendidikan ini penting sebagai tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu bangsa.

 

4. Kreatif

Tujuan Pendidikan

Memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan adalah definisi dari kreatif. Kreatif merupakan kemampuan individu dalam menyelesaikan masalah dengan berbagai cara.Berbagai macam solusi dari suatu masalah dapat tercipat dari kreatifitas individu. Tujuan Pendidikan ini harus diterapkan untuk menjadikan peserta didik memiliki kemempuan untuk menyelesaikan masalah nya sendiri atau membantu orang lain. Dengan kreatifitas, peserta didik diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi untuk berbagai masalah yang ada pada bangsa. Kreatifitas dapat diterapkan dalam llingkungan pendidikan, misalnya dengan pembelajaran yang menarik, diskusi kelompok maupun presentasi.

5. Mandiri

Tujuan Pendidikan

Mandiri adalah keadaan dimana seorang individu dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Seorang yang mandiri tidak akan melibatkan orang lain dalam melakukan sesuatu yang dapat dilakukanya sendiri. kemandirian dapat diterapkan dalam kehidupan belajar mengajar, contohnya adalah kejujuran dalam mengerjakan ujian. Pada Tujuan Pendidikan ini diharapkan peserta didik mampu melakukan segala sesuatunya tanpa bantuan orang lain, sehingga nantinya jika dalam keadaan terdesak peserta didik mempu menyelesaikan masalahnya sendiri.

6. Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab

Tujuan Pendidikan

Bentuk Pemererintahan negara kita adalah Demokrasi, Demokrasi berasal dari kata demos yang artinya rakyat dan kratos yang artinya kekuasaan, sehingga dapat diartikan bahwa kekuasaan tertinggi dalam negara dipegang oleh rakyat. dalam kehidupan berdemokratis perlu adanya batasan batasan yang membatasi kebebasan individu dalam bernegara, sehingga pada tujuan pendidikan ini demokratis disandingkan dengan bertanggung jawab agar terciptanya kehidupan demokratis yang sesuai dengan prinsip dasar demokratis. tujuan pendidikan ini juga dapat diterapkan dalam suasana pembelajaran, misalnya dengan diskusi tanya jawab dengan membahas berbagai topik.

Pencarian Terkait:

Tags: #mendikbud #nasional #pendidikan #Sekolah #Tujuan Pendidikan

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Comments are closed.

Must read×

Top