Uji Karya Tulismu Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKMKT) Tahun 2015

Usai pengumuman proposal PKM 5 bidang yang lolos tahap awal (tahap pendanaan) beberapa hari lalu. Kini Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKMKT) untuk pendanaan tahun 2015.

PKMKT merupakan ajang bergengsi tiap tahun yang tak luput dari perhatian civitas akademika. Kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa S1 di seluruh Indonesia ini terdiri atas dua kali pengiriman proposal. Kali pertama, mahasiswa dapat mengirimkan proposalnya melalui program PKM 5 Bidang, baru kemudian mahasiswa dapat mengikuti program PKMKT setelah pengumuman PKM 5 Bidang selesai.

PKMKT terdiri atas dua bidang karya yang diharapkan, yaitu PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah). PKM-GT akan bermuara ke PIMNAS sementara PKM-AI hanya berhenti pada jurnal terakreditasi.

Seperti sebelumnya, yaitu PKM tahun 2014, pengajuan usulan proposal dan tata cara pengiriman proposal secara online ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) dapat di dapat diunduh dari laman http://dikti.go.id, dengan headline : Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2014.

Terdapat beberapa informasi terkait pengiriman proposal PKMKT yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa S1 yang berminat untuk menguji karya tulisnya. Informasi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftaran secara online dilakukan oleh staf bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi melalui http://simlitabmas.dikti.go.id.
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran selesai dilakukan.
  3. Pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara on-line dibuka mulai tanggal 1 Februari s.d. 27 Maret 2015 untuk PKM-Artikel Ilmiah, sedangkan untuk PKM-Gagasan Tertulis dibuka mulai tanggal 1 Februari s.d. 31 Maret 2015. Apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
  4. Ditlitabmas tidak menerima proposal dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Selain sejumlah informasi tersebut, mahasiswa juga perlu segera menghubungi dosen pembimbing. Hal itu karena dosen pembimbing turut berperan dalam kelancaran pengiriman proposal PKMKT.

Berikut jadwal dan prosedur PKM-KT

10386824_10204776938518832_6822127527962278170_n

Pencarian Terkait:

Tags: #Karya Tulis #Pendanaan 2015 #PKM AI 2015 #PKMGT 2015 #PKMKT 2015 #Proposal

Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Inilah Penentu Kelulusan SNMPTN 2016
Meski masih memasuki proses pendaftaran, para siswa
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Praktik baik dalam Pelaksanaan MOS / OSPEK di SMPN 12 Jakarta
Senin 27 Juli 2015 Merupakan hari pertama
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah Berencana Tingkatkan Daya Tampung Sekolah
Pemerintah berencana meningkatkan daya tampung sekolah secara

Leave a reply "Uji Karya Tulismu Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKMKT) Tahun 2015"

Must read×

Top