Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian

Bagi pelajar, ujian selalu ada tiap semester, mulai dari ujian mid semester, ujian tengah semester, sampai ujian nasional. Inilah beberapa tips belajar yang efektif dalam menghadapi ujian agar mendapat hasil yang maksimal :

  1. Kenali motivasi belajar. Tujuan apa yang kita harapkan dari belajar ini? Apakah jangka pendek atau jangka panjang? Dengan kita memiliki goal atau sasaran tertentu di masa depan yang ingin dicapai, hal ini dapat memotivasi kita untuk belajar, sehingga usaha yang kita keluarkan akan cukup tinggi.
  2. Kenali kelebihan dan kelemahan kita. Kenali pada bidang studi apa minat kita cukup besar; pemahaman pada bidang studi apa yang membuat kita cepat menangkap; dan prestasi belajar pada bidang studi tersebut yang cukup baik. Saat kita mengetahui kelebihan kita, kita mampu memacu diri untuk lebih meningkatkan belajar, dan saat mengetahui kelemahan kita mengetahui batas kemampuan sekaligus berusaha mengejar ketinggalan kita.
  3. Kenali bagaimana gaya belajar dari pengalaman-pengalaman kita sebelumnya, beberapa orang akan lebih nyaman saat melihat atau isyarat-isyarat yang sifatnya visual (membaca tulisan, melihat gambar), orang lain lebih nyaman dengan suara atau auditori (mendengarkan lagu, mendengarkan orang lain berbicara), gerakan atau kinestatis (menari, senam). Dengan memahami cara yang membuat kita nyaman, kita mampu membuat strategi dalam belajar
  4. Pahami bahwa belajar secara regular setiap harinya tentunya akan lebih efektif daripada belajar kebut semalam.
  5. Membaca dengan menghafal saja, kurang efektif dibandingkan dengan memahami, mengkaitkan dengan kondisi sehari-hari atau malahan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Orang tertentu lebih nyaman saat belajar sendiri dalam kondisi sepi, nyaman, sedangkan orang lainnya lebih nyaman saat belajar berkelompok. Coba temukan situasi belajar yang cocok bagi diri anda
  7. Pahami bahwa situasi psikologis tertentu di mana kecemasan, kesedihan, kekhawatiran sangat dominan mempengaruhi emosional anda, maka hal ini akan mempengaruhi fokus anda dalam belajar, meskipun hal ini kurang dapat disadari.
  8. Lakukan relaksasi, olahraga, pola makan yang sehat, dan tidur yang teratur
  9. berinteraksi dengan sahabat-sahabat, keluarga, dan pasangan, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan psikologis, dan meningkatkan konsentrasi kita dalam belajar.

Selamat menerapkan, semoga sukses! :-)

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #efektif

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian"

Must read×

Top