Ternyata Kuliah di Jerman Gratis !

Jerman merupakan salah satu negara maju di eropa. jerman memegang peranan penting dalam politik dan ekonomi di uni eropa. Negara dengan jumlah penduduk 81 juta jiwa ini sangat maju dalam bidang teknologi terutama dalam bidang otomotif, BMW dan Marcedes Benz merupakan perusahaan otomotif terbesar di dunia. selain itu jerman juga menjadi tempat musisi musisi hebat seperti Beethoven,Mozart dan Bach.

Uhrturm_Fahnen_flach

Kemajuan suatu negara tidak lepas dari faktor pendidikan (baca:Fakta Pendidikan Jepang ) sehingga pendidikan menjadi salah satu perhatian besar bagi pemerintah jerman. Pemerintah jerman mengaloksikan dana besar untuk sektor pendidikan sehingga pendidikan di jerman rata rata memiliki kualitas setara di semua wilayah.

Pengalokasian dana yang besar juga menjadikan kuliah dijerman umumnya gratis.Kuliah di Jerman untuk kampus negeri semuanya relatif gratis. Apalagi untuk perkuliahan dalam Bahasa Jerman maka hampir semuanya gratis baik dari S1 sampai dengan S3. Untuk yang kuliahnya dalam Bahasa Inggris untuk level S1 hampir semuanya gratis.Tersedia program dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Jerman di berbagai jenjang studi dan berbagai jurusan. Tentu saja jurusan Bahasa Jerman jauh lebih banyak penawaran dari pada program internasional. Hanya saja untuk Program S3 biasanya menggunakan B Inggris.

aachennews

Biasanya, mahasiswa hanya dibebani iuran semester untuk dapat menggunakan fasilitas seperti perpustakaan, kantin, hingga angkutan umum di negara bagian tempat perguruan tinggi itu berada, atau untuk keanggotaan klub perpustakaan atau olah raga, yang dengan ongkos relatif murah, fasilitasnya bisa dimanfaatkan mahasiswa.Iuran semester sekitar 230 Euro atau tiga juta rupiah Paling mahal 500 euro. pada website salah satu universitas teknik terbaik di jerman yaitu Universitas Teknik Munchen dicantumkan bahwa siswa dibebaskan dari biaya perkuliahan (Tuition Fee) dan hanya membayar biaya Studion Union (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Tiket Semester untuk digunakan pemabayaran fasilitas transportasi publik seperti kereta dan bis, dan semua itu hanya berjumlah 113 euro saja.

gratis

 

http://www.tum.de/en/studies/fees-and-financial-aid/

bandingkan dengan biaya kuliah di indonesia yang sekarang memakai sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang berkisar rata rata 5 – 10 juta per semester.

http://news.okezone.com/read/2013/07/03/373/831199/daftar-biaya-kuliah-di-fakultas-unggulan-ptn

Jadi apakah anda berminat kuliah di jerman ?

Pencarian Terkait:

Tags: #gratis #jerman #kuliah

Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia Beserta Artinya
Logo Koperasi Indonesia merupakan salah satu materi
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang Koperasi Lama dan Baru Beserta Artinya
Lambang koperasi sampai saat ini telah mengalami
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Inilah Beberapa Tips dan Teknik Membaca Cepat
Teknik membaca cepat mungkin menjadi hal yang
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Cara Mudah Membuat Proposal Usaha
Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda

Leave a reply "Ternyata Kuliah di Jerman Gratis !"

Must read×

Top