Pengertian Tentang Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia

setiap makhluk yang hidup di bumi bernafas untuk bisa hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Bahkan, sel yang terkecil pun perlu bernafas. berbeda dengan makhluk lainnya, sistem pernapasan/respirasi pada manusia lebih kompleks dan rumit. pasalnya, alat yang digunakan untuk bernafas tak hanya satu atau dua organ tubuh saja. sistem pernafasan manusia melibatkan banyak komponen yang saling berkaitan satu sama lain.

sistem pernapasan/respirasi pada manusia

Ketika Anda bernafas, pernahkah berpikir bagaimana proses pernafasan itu sendiri? Jika kembali ke masa-masa sekolah, hal ini tentu sudah dipelajari dengan jelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bukan? Berikut ini akan diulas secara lengkap dan juga jelas terkait dengan sistem pernafasan manusia.

Sistem Pernapasan/Respirasi Pada Manusia dan Prosesnya

Sistem pernapasan/respirasi pada manusia merupakan sistem organ yang berfungsi untuk  menghirup oksigen yang berasal dari udara dan kemudian dikeluarkan menjadi karbon dioksida serta uap air. Di dalam proses ini, zat yang menjadi kebutuhan utama manusia untuk bernafas adalah oksigen. Tanpa adanya oksigen, manusia tidak akan bisa bernafas.

sistem pernapasan/respirasi pada manusia

Alat pernafasan berguna untuk memasukan oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida serta air. Pada dasarnya, proses pernafasan dilakukan untuk menghasilkan oleh energi yang kemudian akan dimanfaatkan organ tubuh lain untuk bisa bekerja sebagai mana mestinya. Oksigen ini jugalah yang nantinya akan dijadikan sel-sel dalam tubuh untuk melakukan reaksi biokimia atau yang juga dikenal dengan sebutan oksidasi biologi.

Proses ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan energi yang dibentuk menjadi Adenosin Tri Phosphat atau ATP. Pada reaksi pernafasan tersebut, akan dihasilkan zat-zat sisa berupa CO2 atau Karbondioksida serta H2O atau uap air ketika dihembuskan keluar. Pada intinya, proses respirasi berguna untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP yang kemudian digunakan untuk semua aktivitas tubuh.paradoxical-breathing

Sistem pernapasan/respirasi pada manusia jika dilihat dari tempat terjadinya, dibedakan menjadi dua macam. Pertama adalah pernafasan eksternal yakni pertukaran Oksigen yang ada di dalam alveolus dengan Karbondioksida dalam darah. Kedua adalah pernafasan internal, yakni pertukaran Oksigen dengan Karbondioksida dari aliran darah namun dengan sel-sel tubuh. Sekedar informasi, manusia memiliki dua cara pernafasan, diantaranya adalah pernafasan perut dan pernafasan dada.

Pernapasan dada

Sistem pernapasan/respirasi pada manusia menggunakan pernafasan dada, organ yang digunakan adalah otot antar rusuk atau intercostae, paru-paru dan tulang rusuk. Pernafasan dada ini bisa dilihat dari proses inspirasi dan ekspirasinya.

sistem pernapasan manusia

Pada proses inspirasi, otot antar tulang rusuk akan berkontraksi sehingga membuat tulang rusuk terangkat. Setelah itu, volume yang ada di dalam rongga dada akan semakin membesar sehingga tekanan udara yang terdapat di dalamnya menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara yang ada diluar.

Dengan begitu, udara dapat masuk ke paru-paru. Sementara proses ekspirasi akan terjadi ketika otot antar tulang rusuk mulai relaksasi. Sehingga posisi tulang rusuk berubah semakin menurun. Dan akibatnya volume dalam rongga dada akan semakin mengecil dan menyebabkan tekanan udara membesar. terakhir, udara akan terdorong dari paru-paru ke luar.

Pernafasan perut

Lain halnya dengan penafasan dada, pernafasan perut menggunakan otot perut, paru-paru dan juga diafragma. Proses inspirasi akan dimulai ketika otot diafragma berkontraksi sehingga menyebabkan posisi diafragma berubah menjadi datar. Akibat adanya kontraksi tersebut, volume rongga dada akan semakin bertambah besar sementara tekanan mengecil dan membuat udara masuk ke dalam paru-paru.

sistem pernapasan manusia

Sementara proses ekspirasi adalah ketika otot diafragma relaksasi dan membuat posisi diafragma naik atau melengkung. Setelah proses relaksasi tersebut, rongga dada akan mengecil sedangkan tekanan membesar dan mengakibatkan udara dari dalam terdorong keluar. Selain melibatkan diafragma dan otot antar tulang rusuk, ekspirasi juga menggunakan kontraksi otot yang ada pada dinding perut.

Organ-organ yang berperan sangat penting dalam sistem pernapasan/respirasi pada manusia diantaranya adalah hidung, farink, larink, trakhea, bronkhus, bronkhiolus, dan alveolus. Dalam mekanismenya, gerakan pernafasan sebenarnya diatur oleh medulla oblongata atau pusat pernafasan yang terletak di otak.

Sementara rangsangan yang berasal dari konsentrasi Karbondioksida yang ada di dalam darahlah yang merangsang manusia untuk selalu ingin bernafas. Misalnya saja ketika Anda menahan nafas selama beberapa saat, dorongan untuk segera mengambil nafas tentunya sangat besar sehingga mengharuskan manusia untuk selalu bernafas.

Hal ini terjadi dikarenakan kadar Karbondioksida dalam darah yang semakin meningkat. Kondisi ini yang kemudian memacu pusat pernafasan pada otak agar organ yang dilibatkan dalam proses ini mulai bergerak.

Proses sistem pernapasan/respirasi pada manusia dimulai ketika manusia menghirup oksigen. Selanjutnya, oksigen akan bergerak ke arah alveolus paru-paru untuk kemudian diikat lalu diangkut ole darah ke seluruh jaringan dalam tubuh.

sistem pernapasan manusia

Oksigen yang masuk sekitar dalam darah umumnya berkisar 97% dan akan diangkut oleh eritrosit atau hemoglobin. Sementara sisanya berkisar 2 hingga 3 % akan larut kemudian dibawa oleh plasma darah. O2 yang terikat dan dibawa oleh Hemoglobin disebut dengan oksihemoglobin. Oksigen inilah yang selanjutnya akan digunakan oleh sel-sel dalam tubuh untuk beraktivitas.

Sistem pernapasan/respirasi pada manusia dari alveolus paru-paru kemudian ke darah dan ke jaringan tubuh terjadi dikarenakan adanya perbedaan antara tekanan parsial oksigen. Tekanan parsial Oksigen adalah 150 mmHg, sementara tekanan udaranya 760 mmHg.

Tekanan parsial Oksigen yang ada di dalam jaringan tubuh berkisar antara 0 hingga 40 mmHg. Sedangkan tekanan parsial oksigen dalam kapiler darah sebesar 100 mmHg. Kondisi inilah yang membuat oksigen dapat berdifusi masuk ke darah kemudian ke jaringan.

Lain halnya dengan proses perpindahan CO2. Dimana tekanan parsial Karbondioksida yang paling tinggi adalah yang terdapat pada jaringan tubuh. Hasil dari proses oksidasi biologi yang ada dalam sel dan juga jaringan adalah zat-zat sisa seperti Karbondioksida dan Uap Air.

CO2 dan H2O ini merupakan zat yang dikeluarkan dalam proses sistem pernapasan/respirasi pada manusia. Karbondioksida dibawa oleh paru-paru menjadi tiga bentuk yakni Bikarbonat yang dibawa oleh plasma darah 60% hingga 70%, karbominohemoglobin yang diikat oleh hemoglobin dan Asam Karbonat yang diangkut plasma darah sebanyak 6% hingga 10%.

Berapa kali Sistem pernapasan/respirasi pada manusia mulai bekerja?

Sebenarnya, berapa kali Sistem pernapasan/respirasi pada manusia mulai bekerja? Secara umum, manusia mampu bernafas sebanyak 15 hingga 18 kali dalam semenit. Ada banyak faktor yang menyebabkan cepat dan lambatnya manusia dalam bernafas.

sistem pernapasan manusia

Salah satunya adalah jenis kelamin. Pada dasarnya, laki-laki bergerak lebih banyak dibandingkan dengan wanita sehingga secara otomatis energi yang dibutuhkan juga semakin banyak. Hal inilah yang membuat laki-laki bernafas lebih banyak daripada wanita. Tak hanya jenis kelamin, faktor yang mempengaruhi durasi bernafas lainnya adalah usia, kegiatan dan suhu tubuh.

Dengan penjelasan di atas, tentunya Anda sudah sangat paham dengan sistem respirasi bukan? Demikian ulasan mengenai sistem pernapasan/respirasi pada manusia. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Pencarian Terkait:

Tags: #belajar #mata pelajaran #oksigen #paru paru #SMA #SMP

Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia
Proses pencernaan makanan pada manusia tentunya berhubungan
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Pentingnya Mengetahui Sistem Organ Pencernaan Manusia
Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ tubuh.
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Anatomi Sistem Pencernaan Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang anatomi sistem pencernaan pada
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Proses Kerja Saluran Pencernaan pada Manusia
Saluran pencernaan atau dalam nama ilmiah disebut

Comments are closed.

Must read×

Top