Inilah Penjelasan Lengkap Terkait Saluran Pernapasan Manusia

Saluran pernapasan manusia yang juga dikenal dengan sebutan tractus respiratorius merupakan bagian dari tubuh manusia yang memiliki kegunaan sebagai tempat pertukaran gas dan lintasan yang diperlukan dalam sistem pernapasan. Adanya saluran sistem pernapasan ini bermula dari pangkal hidung atau mulut kemudian berakhir di organ paru-paru. Sistem pernapasan manusia merupakan sistem yang melakukan pertukaran gas. Dimana Oksigen yang berasal dari luar dihirup kemudian dikeluarkan kembali dalam bentuk Karbondioksida dan uap air.

Proses pernapasan pada dasarnya meliputi dua proses yakni menarik napas (inspirasi) dan mengeluarkan napas (ekespirasi). Pada proses pernafasan, Oksigen adalah komponen utama. Tanpa adanya Oksigen maka manusia tidak akan bisa bernafas.

Alat-alat pernapasan memiliki fungsi untuk memasukkan udara dari luar tubuh yang mengandung oksigen kemudian mengeluarkan udara yang sudah diproses menjadi karbon dioksida serta uap air. Pada intinya, tujuan adanya proses pernapasan adalah untuk mendapatkan energi. Sebab pada proses pernafasan, energi akan dilepas.

Inilah Saluran Pernapasan Manusia

Saluran pernapasan manusia dimulai dari udara yang masuk melalui hidung. Setelah udara dihisap ketika manusia menarik nafas maka proses bernapas akan dilanjutkan ke organ pernapasan lainnya. Ketika menarik napas, ada kontraksi yang terjadi pada otot diafragma. Awalnya, diafragma dalam keadaan melengkung keatas namun setelah adanya kontraksi berubah menjadi lurus dan menyebabkan rongga dada semakin mengembang.

sistem pernapasan manusia

Kondisi ini disebut dengan istilah pernapasan perut. Sama halnya dengan kontraksi yang terjadi pada otot diafragma, kontraksi juga dialami otot-otot tulang rusuk sehingga membuat rongga dada mengembang. Kondisi ini disebut dengan istilah pernapasan dada.

Mengembangkannya rongga dada mengakibatkan tekanan yang ada di dalam rongga dada berkurang. Dengan begitu, udara dari luar yang masuk melalui hidung dan melewati  saluran pernapasan pada akhirnya akan masuk ke paru-paru dan menyebabkan paru-paru mengembang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah saluran yang dilalui udara hingga mencapai paru-paru.

Hidung (Cavum Nasalis)

alat pernapasanpada manusia

Saluran pernapasan manusia yang pertama akan dilalui udara adalah hidung. Di hidung, udara yang masuk akan tersaring terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang ada pada udara. Pada  rongga hidung juga terjadi penyesuaian suhu serta kelembapan udara. Dengan begitu, udara yang akan masuk ke dalam paru-paru tidak begitu lembab maupun kering. Hidung juga berfungsi sebagai indra penciuman. Adanya kemampuan tersebut tentu melindungi manusia agar bisa menghindar dari menghirup gas-gas beracun dan kotor.

Tekak (Faring)

Saluran pernapasan manusia selanjutnya adalah tekak atau faring. Faring pada dasarnya berfungsi sebagai saluran dalam sistem pencernaan yang mengangkut makanan yang ada di rongga mulut ke Esofagus. Meskipun demikian, adanya faring ini cukup penting dalam proses pernafasan karena memungkinkan untuk manusia melakukan pernapasan melalui mulut. Tekak merupakan kerongkongan atau tenggorokan yang menjadi bagian dari sistem pernapasan dan juga sistem pencernaan.

alat pernapasan manusia

sumber : hadijah-arsyad.blogspot.co.id

Faring ini terletak di depan tulang leher dan terhubung secara langsung ke rongga hidung, laring dan telinga tengah. Berdasarkan fungsinya, faring dibedakan menjadi 3 bagian yaitu Faring Nasal, Oral dan Laryngeal. Faring Nasal berkaitan langsung dengan rongga hidung. Sementara Faring oral dengan rongga paru-paru dan Faring Laryngeal berkaitan dengan epiglottis dan Esofagus.

Laring

Saluran pernapasan manusia selanjutnya adalah laring. Laring terletak diantara faring dengan tenggorokan. Laring ini merupakan saluran yang akan dilalui udara untuk bisa ke paru-paru. Tak hanya sebagai saluran pernafasan, laring adalah tempat terdapatnya pita suara. Ketika Anda berbicara maka pitas suara akan mengendor atau bisa juga mengencang. Suara dapat dikeluarkan jika ada udara yang bergerak melalui pita suara kemudian menyebabkan adanya getaran. Pita suara perempuan lebih pendek dibandingkan dengan pita suara laki-laki.

Tenggorokan (Trakea)

Tenggorokan atau trakea merupakan tulang berbentuk taabung yang menghubungkan antara hidung serta mulut menuju paru-paru. Trakea memiliki peranan yang sangat penting sebagai saluran pernapasan manusia. Pada dasarnya, trakea memiliki tiga lapis dinding. Pada lapisan terluar terdiri dari jaringan ikat. Sementara lapisan tengah adalah cincin tulang rawan dan otot polos dan lapisan terdalam meliputi jaringan epitelium besilia.

anatomi pencernaan manusia

Secara anatomi tubuh, trakea merupakan bagian dari leher yang mana di dalamnya terdapat faring dan laring. Selaput otot bernama epiglottis yang dimiliki tenggorokan berguna untuk memisahkan esofagus dan trakea. Tak hanya itu, selaput ini juga mencegah masuknya makanan atau minuman ke dalam saluran pernafasan.

Cabang Tenggorokan (Bronkus)

alat pernapasan manusia

anatomyzone.com

Saluran pernapasan manusia selanjutnya adalah bronkus. Bronkus adalah percabangan trakea yang dilalui udara menuju paru-paru. Bronkus dibagi menjadi dua bagian yakni bronkus yang menuju ke paru-paru sebelah kanan dan bronkus yang ke paru-paru kiri. Bronkus kiri memiliki dua cabang bronkiolus. Sedangkan bronkus kanan memiliki 2 bronkiolus. Setiap cabangnya akan berakhir di gelembung paru-paru (Alveolus).

Bronkiolus

Fungsi dari Bronkiolus adalah sebagai saluran yang menghubungkan gas oksigen yang dihirup untuk bisa mencapai paru-paru. Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Pada bagian ujung bronkiolus, ada banyak sekumpulan gelembung kecil menyerupai anggur yang disebut dengan alveolus.

Alveolus

Saluran pernapasan manusia setelah bronkiolus adalah alveolus. Sebenarnya alveolus merupakan saluran udara buntuk yang kemudian membentuk gelembung-gelembung udara. Alveolus memiliki dinding yang sangat tipis dan menempel dengan kapiler darah. Alveolus memiliki fungsi utama sebagai permukaan respirasi.

Paru – Paru

Organ terakhir yang menjadi tujuan saluran pernapasan adalah paru-paru. Organ ini ada di dalam bagian rongga dada. Diafragma terletak antara rongga dada dengan rongga perut. Selain menjadi pembatas, diafragma memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pernapasan. Paru-paru memiliki cabang-cabang yang di dalam salurannya terdapat gelembung-gelembung. Gelembung inilah yang dikenal dengan sebutan alveoli. Organ paru-paru dibagi menjadi dua bagian yakni paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kiri memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru sebelah kanan.

anatomy-117148_640

Ringkasnya, saluran pernapasan manusia dimulai dari masuknya udara melalui hidung. Setelah itu melewati nasofaring, oral faring kemudian ke glotis dan masuk ke dalam trakea atau tenggorokan. Selanjutnya, udara akan masuk ke dalam percabangan trakea yang dikenal dengan istilah bronkus. Jika sudah masuk ke bronkus, udara akan melalui cabang-cabang bronkus yang disebut dengan nama bronnkiolus. Pada akhir ujung bronkus, akan ada gelembung bernama alveolus yang akan memproses oksigen agar bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Umumnya, volume tidal atau banyaknya udara yang dapat masuk dan keluar dari paru-paru selama proses pernafasan adalah 500 ml (normal). Besar sedikitnya volume tersebut tergantung dari jenis kelamin seseorang, berat badan, kondisi fisik dan usia. Adanya masalah dalam saluran atau organ pernapasan dapat menyebabkan masalah yang serius, salah satunya adalah sesak napas. Demikian ulasan terkait penjelasan mengenai saluran pernapasan manusia. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Pencarian Terkait:

Tags: #kedokteran #kesehatan #sehat #udara

Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Inilah Penjelasan Lengkap Metagenesis Tumbuhan Paku
Tumbuhan paku-pakuan bukanlah jenis tanaman yang asing
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Inilah Klasifikasi Tumbuhan Paku yang Perlu Kamu Tahu !
Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
6 Manfaat Tumbuhan Paku yang Wajib Kamu Ketahui
Nama tumbuhan paku mungkin sering Anda dengar.
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Inilah Ulasan lengkap Ciri ciri Tumbuhan Paku
Disini Anda akan mendapatkan informasi mengenai cirri-ciri

Comments are closed.

Must read×

Top